Film Justice League Snyder Cut memang menghadirkan perubahan drastis bagi sosok Steppenwolf. Dalam film tersebut, Steppenwolf memiliki waktu kemunculan yang lebih panjang, dan kita diperlihatkan motivasi Steppenwolf untuk menyerang Bumi. Selain itu, terungkap bahwa sebenarnya Steppenwolf pernah mengkhianati Darkseid, dan sebagai hukumannya, Steppenwolf harus diusir dari Apokolips oleh Darkseid.

Karena itulah Steppenwolf sangat ingin menyatukan Mother Boxes dan menciptakan Unity. Jika ia berhasil menyatukan Mother Boxes, maka Steppenwolf akan diizikan pulang ke Apokolips. Steppenwolf sendiri masih memiliki hutang 50.000 lagi planet yang harus ia taklukan atas nama Darkseid. Semua hal tersebut terungkap saat Steppenwolf berbicara dengan DeSaad, yang juga merupakan anak buah Darkseid. Lantas yang masih menjadi pertanyaan adalah pengkhianatan apa yang dilakukan oleh Steppenwolf kepada Apokolips dan Darkseid?

Hiro Studios

image source: screenrant.com

Nah pengkhianatan tersebut sebenarnya pernah diceritakan dalam komik DC. Dalam komik DC, Steppenwolf adalah salah satu dari New God yang hidup di Apokolips. Saudara Steppenwolf adalah penguasa pertama dari planet tersebut. Saudaranya tersebut bernama Yuga Khan, dan Yuga Khan memiliki putra bernama Uxas. Karena bernafsu untuk menguasai Apokolips, Uxas bertempur melawan ayahnya sendiri dan membunuhnya. Steppenwolf dan New Gods lainnya sempat melawan namun Uxas berhasil menang dan mengklaim Apokolips di bawah kepemimpinannya. Uxas pun lantas mengganti namanya menjadi Darkseid.

Nah menariknya nih Geeks di Justice League Snyder Cut, DeSaad menyebut bahwa Steppenwolf adalah keponakan Darkseid, bukan pamannya. Berarti ada sedikit perbedaan antara pengkhianatan di komik dan filmnya. Di DCEU, sepertinya Steppenwolf menentang hak Darkseid untuk memerintah Apokolips, dan penentangan itulah yang mengakibatkan pengusiran Steppenwolf dari Apokolips.

Steppenwolf mengklaim bahwa ia sudah menyadari kesalahannya setelah membantai mereka yang menjadi pengikut Darkseid. Itu berarti Steppenwolf pernah menentang Darkseid dan memilih jalannya sendiri. Backstory ini mirip dengan Steppenwolf di komik New Gods, karena Steppenwolf dan Yuga Khan melawan Uxas sebelum Uxas menjadi Darkseid. Di Justice League Snyder Cut, DeSaad sempat mengingatkan Steppenwolf bahwa Steppenwolf bisa saja duduk bersama dengan mereka di Apokolips jika Steppenwolf tidak menantang Darkseid. Jelas bahwa Steppenwolf gagal menunjukkan kesetiannya sehingga mengakibatkan dia terusir selama ribuan tahun.

Hiro Studios

Restu is a general trouble maker of Greenscene.co.id, he's operate on movie review and original content with some reporting job. He think that he is Tony Stark, with semi-bald head.