Film Zach Snyder’s Justice League akhirnya resmi dirilis 18 Maret kemarin, setelah sekian lama dinantikan oleh para fans. Filmnya memperlihatkan versi lengkap dari film Justice League versi Zach Snyder, yang mana akhirnya kita mendapatkan penjelasan dari beberapa pertanyaan besar yang dulu sempat muncul saat menonton sebelumnya. Salah satunya adalah tentang sosok The Flash.

Sosok The Flash menjadi salah satu karakter penting dalam cerita di filmnya. Film ini menjadi pengenalan The Flash di DCEU secara penuh, setelah sebelumnya dia muncul secara singkat di film Batman v Superman: Dawn of Justice. Di film BvS, Barry Allen muncul di mimpi Bruce Wayne yang mana di mimpi tersebut diperlihatkan dunia dalam keadaan hancur. Momen tersebut lebih dikenal sebagai Knightmare.

Hiro Studios

Pada saat itu, para fans dibuat bingung dan penasaran apa sebenarnya yang terjadi pada momen tersebut. Apakah ini semacam peringatan tentang apa yang terjadi di masa depan? Apakah ini sesuatu yang diciptakan oleh Batman? Atau apakah hal itu merupakan sebuah momen yang harus dicegah oleh Batman dan anggota Justice League lainnya?

HBOMax

Sayangnya, di film tersebut kita tidak mendapatkan jawaban untuk hal tersebut. Baru di film Zach Snyder’s Justice League akhirnya jawaban tersebut muncul. Salah satunya adalah pertanyaan tentang apa yang sebenarnya terjadi kepada The Flash, dan apa yang dilakukan oleh The Flash. Seperti dijelaskan di filmnya, Barry datang dari masa depan untuk memperingatkan Bruce tentang sesuatu yang akan terjadi. Dan Lois Lane adalah kuncinya.

Dalam film Zach Snyder’s Justice League memang diperlihatkan bahwa Justice League berhasil dalam mengalahkan Steppenwolf, yang berusaha untuk menyatukan ketiga Mother Box. Dan pada momen dimana mereka berhasil mengalahkan Steppenwolf, mereka dilihat oleh DeSaad serta Darkseid sendiri dari Apokalips. Darkseid akhirnya menggunakan cara lama untuk menghancurkan bumi.

Momen tersebut sebenarnya terkait dengan apa yang terjadi Knightmare. Seperti diperlihatkan di Epilog, bumi akhirnya berubah menjadi neraka, menjadi tempat yang mengerikan setelah Parademon dan juga Darkseid muncul di bumi. Ternyata, Batman adalah “penyebab” dari semua itu seperti yang dijelaskan oleh Joker. Hal itu dikarenakan Superman harus kehilangan sosok yang dia sayangi, Lois Lane.

Looper.com

Seperti yang diperlihatkan di cerita filmnya, dan juga apa yang dilihat oleh Cyborg saat dia mengakses kekuatan Motherbox, Darkseid diperlihatkan berhasil membunuh Wonder Woman – yang diperlihatkan dimana Hippolyta dan semua penduduk Amazon berduka – kemudian dia juga membunuh Aquaman dengan Omega Beam serta membunuh sosok Batman. Hampir semua Justice League diperlihatkan tewas oleh sosok Superman yang sudah dipengaruhi oleh Darkseid.

Bagaimana caranya Darkseid merubah Superman? Darkseid diceritakan berhasil mendapatkan Anti-Equation Life yang ternyata ada di bumi. Dan senjata tersebut pada akhirnya menjadi senjata andalan Darkseid untuk merubah Superman menjadi jahat. Darkseid juga diperlihatkan berhasil membunuh sosok yang dia cintai, yaitu Lois Lane dengan merubahnya menjadi abu.

Inilah yang kemudian menjadi awal mula bumi hancur dan menjadi neraka, momen Knightmare yang ada di mimpi Bruce Wayne. Ada momen dimana Joker kemudian bertanya, bagaimana kemudian Batman mencegah semuanya agar tidak terjadi, bagaimana agar Darkseid tidak jadi datang ke bumi dan membuat Superman menjadi sosok jahat?

Batman meminta Barry untuk kembali ke masa lalu, dan menyampaikan pesan kepada dirinya di masa lalu. Dan pesannya sendiri adalah apa yang kita lihat di film BvS, yaitu Lois Lane adalah kunci dari semuanya. Bagaimana kemudian The Flash kembali ke masa lalu? Zack sendiri sebenarnya pernah menjelaskan hal ini melalui Vero ketika mencoba menjawab pertanyaan salah satu fan.

Menurut Zack, setelah Flash diperlihatkan mampu menebus ruang dan waktu, Bruce akan membuat kostum khusus – yang kita lihat di epilog – dan juga cosmic treadmill untuk mengirim Barry kembali ke masa lalu dan mengirimkan pesan kepada Bruce – yang mana menurut Barry dia terlalu “cepat.” Sayangnya, memang momen tersebut tidak diperlihatkan di film ini. Dan masih belum diketahui juga kapan Barry mengirim pesan tersebut, apakah sebelum Batman tewas atau setelah Batman tewas.

Hiro Studios