Saat momen Knightmare muncul untuk pertama kali di film Batman v Superman, para fans dibuat bingung dan penasaran apa sebenarnya yang terjadi pada momen tersebut. Tapi, beruntung di film Zack Snyder’s Justice League kita mendapatkan penjelasan yang cukup lengkap mengenai apa yang terjadi dalam momen Knightmare. Darkseid berhasil menguasai bumi!

Para fans sempat bertanya-tanya saat melihat adegan ini, apakah ini semacam peringatan tentang apa yang terjadi di masa depan? Apakah ini sesuatu yang diciptakan oleh Batman? Atau apakah hal itu merupakan sebuah momen yang harus dicegah oleh Batman dan anggota Justice League lainnya? Meskipun Justice League Snyder masih memberikan ruang terhadap pertanyaan tersebut, setidaknya sudah ada sedikit penjelasan tentang apa yang terjadi. Lalu, apa sebenarnya Knightmare?

Hiro Studios

Kematian Para Justice League

Geeks mungkin melihat di trailernya bagaimana Darkseid diperlihatkan berhasil membunuh hampir semua Justice League. Namun, semuanya diperlihatkan lebih jelas saat Cyborg terkoneksi dengan Mother Box. Aquaman diperlihatkan tewas akibat Omega Beams dari Darkseid. Superman dibuat tak berdaya dengan dibunuhnya Lois Lane.

CBR.com

Meskipun kematian dari Wonder Woman tidak begitu jelas diperlihatkan, namun Darkseid terlihat muncul di pemakamannya. Mereka semua diperlihatkan gagal untuk mencegah Darkseid, dan momen kegagalan para Justice League inilah yang kemudian menjadi awal mula momen Knightmare muncul, seperti yang diperlihatkan di Batman v Superman.

Zack Snyder sendiri mengakui bahwa ada perubahan yang terjadi dari rencana awal filmnya, namun ide dasarnya sendiri tetap sama. Setelah Steppenwolf berhasil dikalahkan, Darkseid kemudian muncul dan menghancurkan para pahlawan terhebat di bumi.

Kerja Sama Joker dan Batman

Setelah cerita utama dari Justice League ditutup, para penonton kembali mendapatkan fakta yang mencengangkan yaitu para pahlawan kenyataannya tidak berhasil mencegah masa depan yang gelap dan mengerikan. Apa yang dilihat oleh Cyborg merupakan sebuah pertanda yang sangat jelas. Sayangnya, filmnya tidak menjelasan mengapa Mother Box  bisa memberikan penglihatan tentang masa depan.

The Wrap.com

Setelah para pahlawan tewas, dan Superman tidak bisa lagi diandalkan, Batman akhirnya merekrut Mera, Deathstroke, Flash, dan Cyborg untuk menjadi benteng terakhir. Dan yang paling menarik adalah bergabungnya Joker dalam tim Batman. Zack Snyder sendiri kemudian menghadirkan sebuah adegan yang menyatukan dua momen dari cerita di Batman v Superman dan Justice League. Adegan tambahan tersebut menjadi penting, karena menjelaskan mengapa kemudian ada kartu Joker sebagai Easter Egg dalam film Batman v Superman.

Perjalanan Waktu The Flash

Meskipun Justice League tidak mengkonfirmasi kapan waktu ketika Barry Allen dari momen Knightmare melakukan perjalanan waktu, apakah sebelum atau sesudah knightmare terjadi, dialog dalam adegannya memberikan kurang lebih petunjuk untuk ditarik kesimpulan. Seperti yang banyak diingat oleh para fans, momen Knightmare di film Bvs dikejutkan oleh kemunculan The Flash yang mencoba memberikan peringatan kepada Bruce melalui ruang dan waktu.

Looper.com

Peringatan dari The Flash tersebut masih terus menghantui Bruce, bahkan sampai film Justice League, dengan sebuah pesan tersembunyi yang mengatakan bahwa “Lois Lane adalah kuncinya.” Meskipun pesannya singkat, namun jelas bahwa Batman harus membuat rencana untuk menghentikan kemunculan Darkseid, yang mana akan melahirkan momen Knightmare yang dia mimpikan.

Rencana tersebut sebenarnya sempat beberapa kali dibocorkan oleh Zack, baik melalui Vero, pertanyaan para fans, dan sebagainya. Setelah Flash diperlihatkan mampu menebus ruang dan waktu, Bruce akan membuat kostum Knightmarenya, dan juga cosmic treadmill untuk mengirim Barry kembali ke masa lalu dan mengirimkan pesan. Pesan tersebut adalah apa yang kita lihat di film Batman v Superman, saat Bruce bermimpi.

Kematian Batman (Dan Seluruh Dunia)

Dalam film Batman v Superman, para penonton banyak yang berasumsi bahwa ketika sosok Superman jahat dari Knightmare mengatakan bahwa, “Dia adalah duniaku, dan kau mengambilnya dariku,” Superman sebenarnya mereferensikan sosok ibunya, Martha. Namun, ada juga yang berasumsi bahwa sebenarnya sosok yang dimaksud Superman adalah Lois Liane.

image source: screenrant.com

Tapi, yang pasti adalah Superman berhasil membalaskan dendamnya kepada Bruce. Dia berhasil melepas topengnya dan melayangkan pukulannya ke arah Bruce. Superman akhirnya membunuh ancaman terakhirnya. Namun, dalam Knightmare versi Justice League Snyder Cut menghadirkan adegan yang berbeda. Meskipun begitu, ketika Superman terbang di atas reruntuhan Hall of Justice, diperlihatkan bahwa dia sedang memegang topeng Batman.

Berdasarkan hal tersebut bisa disimpulkan bahwa Batman sudah tewas. Dan dengan tewasnya Bruce Wayne, maka semua harapan dari dunia tersebut juga tewas. Hal ini dikarenakan tidak ada lagi sosok yang bisa memperjuangkan bumi. Pertanyaannya kemudian apakah semua yang terjadi di lini masa tersebut bisa diulang kembali? Tentunya ada harapan bagi pihak Warner Bros dan DC Film untuk membuat film sekuelnya demi menjawab hal tersebut. Atau mungkin setidaknya jawabannya bisa muncul sekilas di film The Flash yang akan segera diproduksi. (Featured Image: screenrant.com)

Hiro Studios