Diskusi mengenai sosok Kozuki Oden sepertinya masih belum habis untuk menjadi bahan perbincangan para fans di minggu ini. Hal tersebut memang wajar mengingat kemunculan Kozuki Oden ini dirasa mirip seperti ketika kemunculan Yamato, yang ternyata bukanlah anak laki-laki seperti yang selama ini diucapkan oleh Kaido. Apa sebenarnya tujuan Oden kembali muncul?

Eiichiro Oda memang dikenal sering menghadirkan plot twist yang membuat para fans terkejut. Meskipun ini bukan yang pertama kali, namun kemunculan kembali Oden ini adalah salah satu plot twist yang cukup banyak menghadirkan perdebatan di kalangan para fans dan merupakan salah satu plot twist paling besar juga. Kozuki Oden sendiri diyakini sudah tewas 20 tahun lalu, dalam proses eksekusi.

Inilah yang kemudian membuat para fans terheran-heran mengapa kemudian dia bisa kembali hidup dan muncul di chapter 1007 kemarin atau bagaimana caranya dia kembali. Berdasarkan hal tersebut, ada banyak sekali teori dan spekulasi yang mencoba membahas mengenai hal tersebut. Ada beberapa skenario dalam sebuah teori yang mencoba menjawab alasan mengapa Oden kembali.

libre295.wordpress.com

Sebelumnya, ada beberapa petunjuk yang perlu diperhatikan. Pertama, di chapter 920 Toki menyebutkan bahwa buah iblis miliknya hanya bisa mengirim dirinya dan orang lain ke masa depan, bukan ke masa lalu. Namun, kita masih belum tahu apakah Toki mengatakan hal yang sebenarnya. Karena, bisa saja dia sebenarnya bisa kembali ke masa lalu.

Kemudian yang kedua, sebelum Oden dieksekusi, banyak orang-orang yang menangisi kepergiannya. Mereka yakin Oden akan mati. Namun, entah mengapa hanya Toki yang mengatakan bahwa dia tidak akan mati. Apakah sebenarnya Toki memang sudah memiliki rencana untuk membawa Oden ke masa depan untuk menghindari kematiannya? Masih belum diketahui.

Ketiga, ada sosok bayangan yang menciba menolong Red Scabbards. Di akhir chapter 1004, Bao Huang mengatakan bahwa dia melihat bayangan yang sedang mencoba menolong Red Scabbards.  Dari bentuk tubuhnya, dia lebih kecil dari Kinemon dan memiliki bentuk yang cenderung feminim. Inilah yang memunculkan kemungkinan bahwa sosok tersebut adalah Kozuki Toki.

Keempat, Oden memiliki dua pedang di pinggangnya. Di chapter 1007 kemarin, saat Oden kembali muncul, kita melihat Oden memiliki dua pedang. Padahal, Enma dan Ame no Habakiri sudah diwariskan kepada anak-anaknya. Enma sendiri ada di tangan Zoro, sedangkan Ame no Habakiri ada di tangan Tenguyama. Ada kemungkinan bahwa itu merupakan pedang yang berbeda.

Kelima, tidak ada bekas luka atau apapun. Dia terlihat segar dan sama sekali tidak terluka. Padahal, seharusnya Oden memiliki banyak bekas luka akibat tertembak dan digoreng hidup-hidup. Yang menarik juga adalah Oden masih memiliki janggut. Berdasarkan hal tersebut ada dua skenario yang mungkin terjadi, yang menjadi alasan mengapa Kozuki Oden kembali.

  • Oden Selamat Dari Proses Eksekusi Dan Kembali Untuk Membantu Red Scabbards

Meskipun kemungkinannya sangatlah kecil, bukan tidak mungkin bahwa Oden diceritakan selamat dari proses eksekusi. Tidak konsistennya Oda dalam hal bekas luka dan usia para karakter, menjadi salah satu alasan dari hal ini. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah jika dia selama ini ada di Onigashima, mengapa harus menunggu sampai momen tersebut muncul? Mengapa Bao Huang tidak pernah mendeteksi keberadaanya?

Twitter.com

Meskipun Oden bukanlah sosok yang gemar dengan hingar bingar, namun dia juga bukanlah sosok yang selalu muncul secara diam-diam. Pertanyaan besar lainnya adalah jika memang Oden dalam keadaan sehat dan tidak terluka sama sekali, mengapa dia tidak menyerang Kaido? Mengapa dia tidak menghancurkan Flying Six yang ada di dalam istana? Untuk skenario ini memang ada banyak sekali pertanyaan dan juga kekurangan.

  • Oden Dikirim Ke 20 Tahun Yang Akan Datang

Sama seperti skenario pertama, ada banyak peluang plothole dan juga kekurangan untuk skenario kedua ini. Bisa jadi Toki sebenarnya sudah mengirim Oden ke masa depan saat proses eksekusi berlangsung. Namun, Toki tidak mengatakan hal tersebut kepada siapapun. Ada alasan khusus mengapa dia melakukan hal tersebut. Salah satunya adalah Toki tidak tahu apakah Oden akan selamat atau tidak.

Twitter.com

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa Hiyori tidak pernah dikirim ke masa depan. Toki sengaja “menyimpan” Hiyori sebagai sosok yang bisa membantu Momonosuke di masa yang akan datang, jika dia ditangkap. Dan Hiyori masih bisa melanjutkan warisan keluarga Kozuki jika Momo dibunuh. Itu artinya Toki tidak mengetahui nasib dari orang yang dia lemparkan ke masa depan. Perlu diingat juga bahwa Oden yang memprediksi tentang kekuatan besar yang akan muncul 20 tahun lagi. Dia memperkirakan waktu tersebut berdasarkan apa yang dia temukan di Laugh Tale.

  • Jiwa Oden

Seperti yang disebutkan di artikel sebelumnya, dalam artikel tersebut dibahas bahwa ada kemungkinan itu adalah hantu atau arwah dari Oden yang tersimpan di dalam pohon besar yang dihancurkan Big Mom di Onigashima. Pohon tersebut menyimpan arwah orang-orang, dan arwah tersebut mungkin akan muncul sebagai sosok yang sangat dibutuhkan atau dirindukan oleh orang-orang.

Pinterest.com

Meskipun dalam cerita One Piece sejauh ini konsep hantu atau arwah belum pernah diperlihatkan atau diperkenalkan, namun bukan tidak mungkin Oda akan memulai hal tersebut. Akan sangat menarik jika kemudian sosok Oden yang muncul tersebut adalah arwah atau sosok yang ada di bayangan Red Scabbards saja. Setidaknya itu akan menambah motivasi mereka. (Featured Image: kabarlumajang.pikiran-rakyat.com)

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.