Dalam seri The Falcon and The Winter Soldier, John Walker alias U.S. Agent akan berperan sebagai pengganti Captain America versi pemerintah. Di atas kertas, Walker memang memiliki potensi yang sangat besar untuk bisa seperti pendahulunya, namun karakter tersebut mungkin memiliki sebuah rahasia kelam yang secara potensi mengaitkannya dengan salah satu villain di Phase 1 MCU, Abomination.

Dalam cerita komiknya, Walker menjadi Captain America setelah Steve Rogers memutuskan untuk meninggalkan identitasnnya tersebut. Namun, yang menjadi perbedaan terbesar dari keduanya adalah tugas mereka sebagai pahlawan. Walker tidak mendapatkan serum Super Soldier. Akibatnya, Walker menjadi sosok yang kurang bisa mengendalikan emosinya.

Hiro Studios

Bisa dibilang walker adalah versi brutal dari Captain America. Dalam satu kasus, Walker pernah membunuh seorang ilmuwan karena emosinya yang tidak terkendali. Karena hal ini, Walker kemudian diberhentikan menjadi Captain America dan kemudian menggunakan identitas baru, U.S. Agent. Dengan sikap dan perilakunya, Walker sering kali diberikan tugas yang lebih beresiko dan lebih mengundang kekerasan.

Aminoapps.com

Captain America dan Hulk tidak memiliki persamaan di MCU. Tapi, satu hal yang mengaitkan mereka berdua adalah “asal usul” mereka. Keduanya terhubung dengan serum Super Soldier. Dikembangkan oleh Dr. Abraham Eskine, serumnya didesain untuk meningkatkan kemampuan fisik seseorang dan memperkuat karakter mereka. Dalam kasus Steve Rogers, sosok yang sudah baik semakin bertambah baik.

Sebaliknya, sosok jahat, seperti Red Skull, semakin bertambah jahat. Sosok Bucky Barnes juga medapatkan versi “tiruan” dari serum tersebut, namun efek yang ditimbulkan tidak sama dengan serum yang berada di tubuh Steve. Beberapa pihak berusaha untuk membuat tiruan dari serum tersebut, dan selain Bucky Barnes sosok yang juga pernah mencoba menggunakan serum tersebut adalah Emil Blonsky.

Blosky adalah sosok karakter yang muncul di film The Incredible Hulk yang dirilis pada 2008. Meskipun serumnya bekerja, namun serum tersebut hanya bekerja pada level kekuatan fisiknya saja. Parahnya, serum tersebut justru membuat Emil Blonsky sangat berhasrat untuk terus menjadi lebih kuat. Hal inilah yang kemudian merubahnya menjadi sosok Abomination, sosok mengerikan dari Blonsky yang menjadi lawan dari Hulk.

CBR.com

Karena pihak pemerintah tidak pernah secara resmi membatalkan program Super Soldier, ada kemungkinan bahwa Walker juga mengalami fase yang sama, namun tentunya dengan prosedur yang lebih sempurna. Tujuannya tentu saja untuk menandingi sosok Steve Rogers. Yang menjadi masalah besarnya adalah dia memiliki kelemahan dalam hal pengendalian emosi.

Bukan tidak mungkin bahwa Walker akan semakin bertambah jahat dan brutal setelah dia disuntikan serum Super Soldier. Dalam cerita komik, Walker pernah mencoba untuk menjadi sosok yang lebih baik. Namun, sayangnya dia tidak memiliki rasa empati yang dibutuhkan untuk menjadi pemilik selanjutnya dari tameng Captain America. Berdasarkan hal tersebut, Walker versi MCU kemungkinan akan memiliki kesamaan dengan Abomination meskipun tujuan utamanya baik. (Featured Image: deviantart.com)

Hiro Studios