Yuji Itadori adalah sosok anak SMA yang sangat luar biasa, dimana dia memiliki kemampuan fisik yang sangat dahsyat. Dia mampu berlari sangat cepat dibandingkan murid lain di sekolahnya. Itadori juga memiliki kekuatan yang dahsyat. Dia merupakan bagian dari ekstrakulikuler aktivitas berhantu, yang mana ekskul ini kurang begitu diminati oleh para murid-murid lain.

Itadori kemudian terpilih menjadi pahlawan dalam cerita utama Jujutsu kaisen, sebuah seri manga dengan genre dark-fantasy yang ditulis oleh Gege akutami. Setelah sukses dengan manganya, MAPPA kemudian membuat versi animenya yang sudah mulai tayang sejak akhir 2020 kemarin dengan 24 episode. Seri ini merupakan seri yang banyak diperbincangkan oleh orang. Berikut adalah panduan lengkap buat Geeks yang ingin menonton serinya.

Cerita

Meskipun diberkahi dengan kemampuan atletik yang luar biasa, Yuji Itadori yang berusia 15 tahun tersebut menolak untuk bergabung dengan tim lari sekolahnya. Dia lebih memilih untuk bergabung dengan klub yang berkaitan tentang aktifitas paranormal. Dunianya berubah ketika sebuah benda kutukan dalam bentuk jari, ditemukan di sekolahnya. Dan ternyata jari tersebut membawa petaka.

animeschords.com

Monster mengerikan muncul di sekolahnya yang membuat teman-temannya terluka. Demi melindungi rekan-rekannya, Itadori kemudian memakan jari tersebut, yang mana ternyata jari itu adalah milik “raja kutukan” Ryomen Sukuna. Karena memakan jarinya, Sukuna pun ada di dalam tubuh Itadori. Meskipun ini artinya Itadori harus dihukum mati, berkat bantuan dari Satori Gojo akhirnya ada solusi lain untuk masalah ini: memakan semua sisa jarinya dan menghancurkan Sukuna untuk selamanya.

Setting

Manusia tidak melulu merasakan perasaan positif dalam hidupnya, namun juga ada emosi atau perasaan negatif seperti kesedihan, penyesalan, atau malu. Dalam seri Jujutsu kaisen, semua emosi negatif tersebut menjadi sumber tenaga bagi energi kutukan, yang man energi kutukan tersebut bertransformasi menjadi sosok monster kutukan yang membawa kehancuran bagi dunia.

Wattpad.com

Ketika manusia normal tidak bisa mengendalikan atau melawan para kutukan tersebut, para penyihir Jujutsulah yang bisa melakukannya. Mereka memanfaatkan energi kutukan yang digunakan sebagai senjata untuk melawan energi kutukan lainnya. Dengan kekuatan dan kemampuan yang mereka miliki, para penyihir Jujutsu tersebut secara rahasia melindungi manusia dari kutukan dan juga ancaman yang ada.

Karakter

SMK Jujutsu

  • Yuji Itadori : seorang murid berusia 15 tahun dengan kemampuan atletik yang dahsyat. Itadori selalu memiliki sifat yang baik untuk menolong orang-orang di sekitarnya. Dia memakan jari Sukuna, yang membuatnya menjadi wadah bagi Sukuna. Setelah kemunculan Gojo Satoru, kehidupan Itadori berubah. Dia mengajari Itadori bagaimana menjadi seorang penyihir Jujutsu yang baik.
  • Megumi Fushiguro: Megumi adalah penyihir Jujutsu yang pertama kali ditemui oleh Itadori, saat sosok monster muncul di SMA Itadori. Dia melihat bagaimana pengorbanan Itadori demi menyelamatkannya dari sosok monster tersebut. Fushiguro adalah sosok yang misterius dan penuh perhitungan. Fushiguro adalah murid kelas 1 di SMK Jujutsu, dan dia kembali bertemu dengan Itadori saat dia bergabung dengan SMK Jujutsu. Kekuatan dari Fushiguro adalah Shikigami (kemampuan yang hampir mirip seperti Sai dalam cerita Naruto).
  • Nobara Kugisaki : Sama seperti Itadori dan Fushiguro, Nobara adalah murid kelas 1 SMK Jujutsu. Dia bukan berasal dari Tokyo, melainkan dari sebuah desa. Sebagai murid dari Gojo, Nobara sering kali satu tim dengan Itadori dan Fushiguro dalam berbagai misi. Nobara Kugisaki adalah sosok yang penuh percaya diri dan mampu mengungkapkan pikirannya. Dia juga sangat membanggakan kemampuan, identitas, dan penampilannya. Nobara Kugisaki memiliki kemampuan yang khas dengan palu dan paku yang dialiri energi kutukan.
  • Maki Zen’in: Maki adalah murid kelas 2 dari SMK Jujutsu kaisen, yang mana dia adalah kakak kelas dari Itadori, Nobara, dan Fushiguro. Meskipun dia terlahir di sebuah keluarga yang merupakan penyihir Jujutsu hebat, Maki tidak memiliki kemampuan untuk mengendalikan energi kutukan atau bahkan melihat kutukan. Tapi, dibalik semua kelemahannya dia memiliki kelebihan dalam hal fisiknya dan juga talenta dengan berbagai alat kutukan.
  • Toge Inumaki: Murid kelas 2 dari SMK Jujutsu Tokyo. Inumaki adalah sosok yang sangat unik, dimana dia tidak pernah bisa berbicara dengan normal. Yang selalu dia gumamkan adalah nama makanan yang biasanya ada di sushi seperti ikan tuna, telur salmon, dan sebagainya. Hal itu ternyata ada alasannya. Suaranya mampu mempengaruhi orang lain – karena terdapat energi kutukan di dalamnya. Karena itulah dia sengaja melakukan hal itu agar tidak mempengaruhi orang-orang di sekitarnya.
  • Panda: rekan satu kelas dari Inumaki dan Maki. Meskipun secara penampilan dia adalah seekor panda, namun dia bisa berpikir dan berbicara seperti halnya manusia. Selain itu, yang juga spesial adalah dia merupakan salah satu penyihir Jujutsu terhebat

Para Petinggi SMK Jujutsu

  • Gojo Satoru: seorang penyihir Jujutsu yang luar biasa kuat. Dia adalah guru sekaligus mentor bagi Yuji Itadori, Nobara, dan Fushiguro. Setelah Yuji diketahui harus tewas karena memakan jari Sukuna, Gojo memutuskan untuk membujuk para petinggi Jujutsu agar Itadori tidak dihukum mati, setidaknya sampai semua jari Sukuna terkumpul dan dimakan oleh Itadori. Hal itu bisa menghancurkan Sukuna untuk selamanya. Gojo dikenal karena kemampuan bertarungan dan kekuatan sihirnya yang luar biasa. Bisa dibilang dia adalah penyihir Jujutsu terkuat saat ini.
  • Masamichi Saga: Dia adalah kepala sekolah dari SMK Jujutsu, yang mana juga dia dulu adalah mentor bagi Gojo Satoru. Kemampuan terhebatnya adalah dia mampu mengisi benda mati dengan jiwa-jiwa kutukan yang ada, membuat benda mati tersebut menjadi hidup. Contohnya adalah boneka yang selalu dia buat.

Anatogonis

  • Ryomen Sukuna: Raja kutukan yang sekarang berada di dalam tubuh Yuji Itadori. Sukuna memiliki kekuatan untuk bisa menahan semua ritual atau prosesi pengusiran kekuatan kutukan. Dia adalah sosok yang ditakuti oleh para penyihir Jujutsu berabad-abad yang lalu, yang memaksa mereka untuk memotong dan menyembunyikan 20 jarinya demi bisa menyegel seluruh kekuatannya. Menariknya adalah Ryomen Sukuna sebenarnya adalah sosok mitologi yang ada di Jepang. Diketahui sosok ini memiliki dua wajah, delapan tangan, dan delapan kaki.
  • Suguru Geto: seorang penyihir Jujutsu spesial, dimana dia mampu mengubah dunia menjadi sebuah “surga” yang hanya bisa dihuni oleh para penyihir Jujutsu. Geto adalah rival dari Gojo Satoru. Dia juga dianggap pengkhianat, karena sebagai seorang penyihir Jujutsu, dia justru berada di pihak yang bersebrangan.
  • Jogo: Monster kutukan yang lahir karena rasa takut para manusia. dia percaya bahwa sosoknya merupakan bentuk sebenarnya dari manusia, karena monster kutukan lahir dari emosi yang murni, berbeda dengan manusia dan juga emosi palsu mereka. Jogo berusaha untuk menghancurkan manusia, dengan bekerja sama dengan Suguru Geto.
  • Hanami: Monster kutukan yang lahir dari rasa takut dari hutan. Hanami juga membenci manusia dan berharap bahwa para manusia bisa menghilang agar mereka bisa berenti menyakiti lingkungan.

Kata Kunci

Dalam serinya Geeks akan bertemu dengan beberapa kata yang banyak disebutkan dalam dialognya. Contohnya adalah ‘kutukan’ atau ‘arwah kutukan.’ Mereka adalah sosok monster yang terbentuk dari energi kutukan. Mereka biasanya ada di tempat-tempat umum seperti rumah sakit atau sekolah. Mereka dianggap sebagai penyebab banyaknya kasus kematian misterius dalam kehidupan sehari-hari, karena manusia tidak bisa melihat mereka.

hoganreviews.co.uk

Kutukan sendiri terbagi menjadi empat level dimana level empat adalah yang paling rendah. Ada juga monster kutukan yang termasuk dalam kategori spesial karena dianggap sangat kuat. Mereka biasa dikurung di dalam sebuah benda, yang mana benda tersebut masih bisa mengeluarkan energi kutukan. Energi kutukan sendiri adalah sebuah bentuk energi yang muncul dari emosi negatif manusia. Manusia biasa tidak bisa mengendalikannya, tapi para penyihir Jujutsu bisa. (Featured Image: jujutsu-kaisen.fandom.com)