Sistem pertarungan dari seri Attack on Titan bisa dikatakan sangat unik dibandingkan seri anime yang lain. Dalam ceritanya kita melihat pasukan manusia menggunakan pedang yang sangat tajam, dilengkapi dengan ODM gear, bertarung melawan Titan yang ukurannya sangat besar yang mana Titan ini hanya mampu diserang di bagian lemah mereka yaitu pada bagian punuk atau leher belakang.

Eren Yeager merupakan sosok Titan Shifter yang pertama kali diperlihatkan dalam ceritanya. Eren berubah menjadi sosok Attack Titan di musim pertama demi melindungi teman-temannya dan pulau Paradis dari serangan Titan lain. kemudian kita diperkenalkan dengan Titan Shifter lainnya mulai dari Annie Leonhart sampai Pieck Fingers. Yang menarik dari kekuatan Titan ini adalah adanya koneksi dengan penggunanya, khususnya pada bagian wajah atau penampilan mereka. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Ada beberapa teori yang mungkin bisa menjelaskan hal ini.

Titan Shifter Akan Meninggalkan Penampilan Manusia Mereka

Beberapa dari Titan Shifter mungkin memiliki penampilan yang mirip antara bentuk manusia mereka dan bentuk Titan mereka, sementara yang lainnya tidak. Annie Leonhart, salah satu dari pasukan Warrior dari kerajaan Marley, adalah salah satu dari Titan Shifter yang memiliki kemiripan antara bentuk Titan dan wajah aslinya. Hal ini bisa dilihat dari bentuk tubuh, ekspresi wajah, sampai ke warna rambutnya.

Sama halnya dengan sosok Reiner Braun, dimana bentuk Titannya memiliki rambut pendek berwara pirang, dan tubuhnya juga sangat maskulin. Namun, tidak untuk Eren Yeager. Bentuk Attack Titan miliknya memiliki bentuk tubuh seorang pria, namun pada bagian daun telinganya mirip seperti seorang elf dengan bentuknya yang runcing, serta rambutnya yang berwarna coklat.

Aot Eren Pure Titan Form - Novocom.top
Novocom.top

Kebanyakan dari Pure Titans juga memiliki kemiripan dengan bentuk manusianya dulu. Pieck Finger adalah contoh dari karakter yang mana bentuk Titannya tidak mirip dengan bentuk aslinya. Pieck adalah sosok wanita bertubuh kecil dengan rambut panjang berwarna hitam, namun yang unik adalah form Chart Titan miliknya memiliki tubuh seorang pria dengan bentuk kepala yang mirip seperti kuda.

Kemudian War Hammer Titan milik Lara Tybur juga sama sekali tidak ada kemiripan dengan sosok Lara, yang mana hal ini cukup banyak mengejutkan para fans saat Eren melakukan penyerangan ke Libero. Pertanyaannya kemudian bagaimana Annie bisa terlihat mirip dengan sosok aslinya ketika mengakses form Titan miliknya, namun tidak untuk Lara dan juga Pieck?

Banyak Faktor Mempengaruhi

Beberapa teori dari para fans mencoba untuk menjelaskan hal tersebut. Jaw Titan menjadi awal yang baik untuk contoh penjelasannya. Seperti yang kita ketahui, ada empat orang yang pernah menguasai kekuatan ini yaitu Porco, Marcell, Falco dan Ymir. Secara garis besar pemilik Jaw Titan akan memililiki keunggulan di bagian rahangnya, ketika mengakses kekuatan titan tersebut.

Tapi, dari keempat pemilik Jaw Titan, hanya Ymir saja yang terlihat sangat tidak mirip dengan sosok aslinya. Spekulasi menyebutkan bahwa ini ada kaitannya dengan masa lalu Ymir. Seperti yang kita ketahui, Ymir dulunya adalah Pure Titan di pulau Paradis selama 60 tahun sebelum kemdian dia berhasil memakan Marcel Galliard, dan mendapatkan kekuatan Jaw Titan. Tidak hanya itu, dia juga kembali ke wujud manusianya.

Ketika mengakses form Jaw Titan, penampilan Jaw Titan Ymir lebih mirip dengan penampilan Pure Titannya dulu dibandingkan dengan form Jaw Titan milik dari Falco ataupun Porco. Bisa jadi, Ymir sudah terbiasa dengan kekuatan Pure Titan miliknya, sehingga bisa diasumsikan bahwa tubuh atau diri Ymir merasa “kaget” dengan kekuatan baru. Sedangkan untuk pengguna Jaw Titan lainnya tidak mengalami masalah yang sama.

Gamek.vn

Yang juga tidak kalah unik adalah bentuk dari Cart Titan, yang mana Titan tersebut bergerak dengan keempat bagian lengan dan kakinya sambil membawa benda di punggungnya. Hampir tidak ada yang mirip dengan bentuk dari Pieck manusia saat dia mengakses kekuatan Titannya. Pieck kemungkinan tidak memiliki pilihan selain menerima form tersebut. Hal ini kemungkinan sama dengan nasib Armin Arlert yang mendapatkan kekuatan Colossal Titan dari Bertolt Hoover.

Bagaimana dengan Titan yang mirip dengan pemiliknya seperti Female Titan Annie atau Armored Titan milik Reiner. Menurut banyak spekulasi yang beredar, kemungkinan bentuk untuk beberapa Titan bisa berubah atau menyesuaikan. Ada juga spekulasi yang menyebutkan bahwa genetik sedikit mempengaruhi penampilan dari Titannya. Misalnya, Eren, Grisha, dan Zeke sama-sama memiliki bentuk daun telinga yang runcing.

Itu artinya gen dari Yeager memang sangat kuat, sampai mempengaruhi penampilan Titannya. Meskipun begitu, kekuatan mereka tetap tidak berubah. Sejauh ini, para fans hanya bisa menduga-duga dan berspekulasi karena Hasjime Isayama masih belum menjelaskan tentang hal ini, padahal ceritanya sendiri hanya tinggal satu chapter lagi. Mudah-mudahan saja Hajime Isayama bisa memberikan penjelasan mengenai hal ini. (Featured Image:

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.