Seri manga dari Attack on Titan hanya tinggal selangkah lagi sebelum menutup semua ceritanya. Meskipun begitu, Hajime Isayama sepertinya masih bisa mencari cara untuk terus mempermainkan emosi dari para fans dengan menghadirkan berbagai twist tidak terduga menjelang akhir chapternya. Dengan momen Rumbling yang berhasil dihentikan di chapter 137, para fans tentunya berharap bahwa itu semua memang benar-benar selesai.

Namun, pada kenyataanya hal itu tidaklah benar. Bukan hanya Eren dalam form Founding Titannya masih hidup, tapi juga makhluk bertulang belakang yang bersinar masih tetap hidup dan selamat dari ledakan Colossal Titan Armin. Seperti diperlihatkan di chapter sebelumnya, makhluk aneh berbentuk parasit ini merupakan sumber dari semua kekuatan Titan selama ini.

Makhluk tersebut juga yang memberikan Ymir kekuatan Titan. Dan makhluk tersebut sepertinya juga memiliki tujuannya sendiri dan tidak akan menyerah. Di chapter 138, kita melihat bagaimana Eren, dengan kekuatan Founding Titannya, masih memiliki satu kekuatan terakhir yang dia simpan untuk benar-benar mewujudkan mimpinya, yang mana hal itu mejadi mimpi buruk bagi semua orang.

CBR.com

Ketika Reiner dan Armin melihat Eren yang kembali bangkit setelah terkena ledakan Colossal Titan, mereka berdua dan juga para pasukan aliansi tersisa menyadari bahwa inilah pertarungan puncak yang sebenarnya. Disaat Armin bertarung melawan Eren, Reiner mencoba menghalangi makhluk parasit tersebut untuk kembali menyatu dengan Eren. Tapi, kejutan besar kemudian muncul tanpa diduga.

Makhluk tersebut mengeluarkan gas yang menyelimuti benteng Salta. Connie kemudian menyadari bahwa gas tersebut adalah gas yang sama yang digunakan oleh Zeke dulu saat dia mengubah penduduk desa Ragako menjadi Titan. Sayangnya, hal itu sudah terlambat. Levi kemudian memerintahkan Pieck, Mikasa, dan yang lainnya untuk pergi dari sana.

Menurut Levi, hanya keluarga Ackerman, Titan Shifter, dan yang bukan Subyek Ymir yang bisa bertahan dari gas Titan tersebut. Connie, Jean dan Gabi tidak bisa berbuat banyak karena mereka tahu itulah akhir dari riwayat mereka. Kemudian kita melihat ketiganya berubah menjadi Pure Titan akibat dari gas tersebut. Reiner hanya bisa tertegun melihat momen tersebut.

CBR.com

Untuk saat ini, bisa dipastikan bahwa Connie, Jean, dan Gabi sudah tewas. Namun, harapan sendiri masih tetap ada. Seperti yang kita ketahui, seorang Pure Titan bisa kembali ke wujud manusianya jika mereka memakan pemilik kekuatan Titan. Atau harapan lainnya adalah membunuh makhluk parasit yang bersinar tersebut. Meskipun belum diketahui kebenarannya, namun mungkin saja dengan tewasnya makhluk parasit tersebut semua kekuatan Titan akan hilang.

Mereka yang menjadi Pure Titan akan kembali ke wujud manusianya. Namun, semuanya kembali ke tangan Hajime Isayama. Apakah kemudian dia mau melakukan hal tersebut atau tetap pada “ciri khasnya” dimana Isayama selalu menghadirkan cerita yang gelap. Kita nantikan saja ya Geeks apa yang akan dihadirkan oleh Isayama di akhir cerita seri Attack on Titan. (Featured Image: summary.org)

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.