Dalam seri Avatar: The Last Airbender, hampir tidak ada satupun hal yang tidak bisa dilakukan oleh seorang pengendali alam jika memang mereka mau melakukannya dengan kreatif. Dengan meperkenalkan cabang kemampuan (sub-skills) seperti pengendalian darah dan juga pengendalian besi, serinya terus memperluas cerita dan pengetahuan apa yang bisa dilakukan oleh seorang pengendali elemen.

Dalam The Legend of Korra, para fans kemudian diperkenalkan oleh sub-skills yang lainnya yaitu pengendalian lahar. Kemampuan ini bisa dibilang merupakan salah satu kemampuan yang paling misterius, namun untungnya dalam volume terbaru komik Toph Beifong’s Metalbending Academy, para fans akhirnya mendapatkan sedikit gambaran tentang sejarah pengendalian lahar.

Hiro Studios

Ceritanya sendiri menghadirkan kesuksesan Toph setelah cerita di seri orisinalnya. Akademi pengendalian besi milik Toph penuh dengan para murid yang memang berlatih untuk menjadi pengendali besi generasi selanjutnya. Merasa bosan dengan pencapaiannya selama ini, Toph kemudian menggali lagi apa yang bisa dia lakukan sebagai pengendali bumi. Toph kemudian memulai petualangannya.

Dalam petualangannya dia kemudian pergi ke sebuah arena pertarungan di bawah tanah, mirip seperti Earth Rumbles yang dia menangkan sebagai Blind Bandit. Dan dalam arena pertarungan tersebut, Toph kemudian menemukan seseorang yang menarik, seseorang yang memiliki kemampuan pengendalian unik, yang belum pernah dia temukan sebelumnya, yaitu pengendalian lahar.

CBR.com

Sosok tersebut bernama Sun. Sun merupakan pengendali yang mampu mengendalikan lahar yang ada di bawah tanah atau di tempat yang menjadi pijakannya. Dan tentunya efek dari pengendalian lahar ini benar-benar sangat luar biasa, bukan hanya Toph yang terpesona melainkan juga para fans. Pengendalian lahar merupakan salah satu pengendalian baru yang dieskplor dalam dunia Avatar.

Meskipun baru dieksplor, sebenarnya pengendalian lahar pertama kali diperkenalkan di Book Three The Legend of Korra, dimana anggota dari Red Lotus, Ghazan, diperlihatkan memiliki kemampuan ini. Bolin juga diketahui merupakan karakter yang memiliki kemampuan pengendalian lahar setelah dirinya gagal untuk bisa menjadi pengendali besi.

Cerita di buku tersebut tidak pernah menjelaskan secara rinci bagaimana pengendalian tersebut bekerja, apa yang menyebabkan mereka bisa melakukannya, apakah pengendali lain bisa mempelajarinya, atau apakah pengendalian lahar sama halnya seperti pengendalian besi. Para Avatar sendiri sangat jarang memperlihatkan kemampuannya dalam pengendalian lahar.

Avatar Szeto, Roku, dan Kyoshi yang sudah pernah diperlihatkan mampu mengendalikan lahar di seri pertamanya. Dalam ceritanya, pengendalian lahar diperlihatkan bisa dilakukan berkat kombinasi pengendalian bumi, api dan juga api. Namun, melihat ada seseorang selain Avatar bisa menggunakannya, membuka banyak kemungkinan yang muncul di dalam ceritanya.

CBR.com

Metalbending Academy tetap mempertahankan beberapa hal yang masih menjadi misteri tentang pengendalian lahar, namun ada juga hal lainnya yang dijelaskan. Toph mengatakan bahwa Sun mungkin bukanlah pencipta pengendalian lahar, tapi pengendalian lahar adalah sesuatu yang spesial dan jarang. Sedangkan Toph sendiri menyebut dirinya sebagai pengendali pertama untuk sesuatu yang baru.

Logika tersebut terbukti cukup membingungkan bagi para fans – jika Toph memang yang pertama dalam menciptakan berbagai pengendalian baru, maka mengapa Toph kaget melihat pengendalian lahar? Mungkin apa yang diungkapkan Toph sedikit berlebihan. Namun, Toph mungkin memiliki alasan mengapa dia mengatakan hal tersebut. Pengendalian darah atau petir, seperti yang kita ketahui, memiliki sejarah dibaliknya. Sehingga Toph sendiri meyakini bahwa pengendalian lahar pun sama.

Mungkin, di cerita berikutnya di masa yang akan datang kita akan melihat secara penuh sejarah bagaimana pengendalian lahar bisa ditemukan dan siapa sosok yang menemukannya. Ceritanya sendiri kemudian berakhir dengan Toph yang mengundang Sun untuk bergabung dengan Metalbending Academy. Hal ini membuka kesempatan untuk mengungkapkan jawaban apakah pengendali lahar bisa mempelajari pengendalian besi. (Featured image: pinterest.com)

Hiro Studios