Selalu menarik jika membahas mengenai salah satu bajak laut terkuat dalam cerita One Piece yaitu Shanks si rambut merah. Meskipun dia adalah salah satu karakter yang pertama kali diperkenalkan di serinya, namun Eiichiro Oda sepertinya masih banyak menyembunyikan misteri tentang Shanks. Para fans juga tidak pernah berhenti untuk memperdebatkan sosok Shanks.

Apakah Shanks jauh lebih kuat dari Mihawk? Seberapa kuat sebenarnya Shanks? Siapa sebenarnya nama asli dari Shnaks? Bagaimana kemudian dia berhasil menghentikan sebuah perang besar? Bagaimana kemudian dia bisa mengenal para Gorosei dan kemudian meminta bantuan mereka, seakan mereka adalah rekan yang sudah lama saling berhubungan? Itulah mungkin beberapa pertanyaan yang muncul di kalangan para fans.

Oda Sensei sepertinya memang sengaja membuat karakter Shanks dipenuhi misteri, karena jawaban dari berbagai misteri tersebut akan menjadi titik penting bagi keseluruhan cerita di One Piece. Ada juga fakta menarik mengenai sosok Shanks. Pertama dia memiliki pengaruh terhadap Gorosei. Shanks memiliki sebuah keuntungan/kelebihan yang tidak bisa dimiliki oleh semua bajak laut, bertemu dengan para Gorosei dan disambut dengan sangat baik pada sat Reverie.

Pinterest.com

Banyak yang berspekulasi bahwa semua itu berkat titel penguasa samudera atau Yonko yang dia miliki. Namun, apakah hal yang sama akan terjadi jika sosok yang datang adalah Big Mom, kaido, atau bahkan Whitebeard? Karena hal inilah, banyak fans kemudian memunculkan sebuah spekulasi ataupun teori lainnya tentang hal ini, yang menyebutkan bahwa Shanks sebenarnya memiliki status sebagai salah satu dari kaum naga langit.

Fakta kedua adalah Shanks tidak memiliki nama lengkap. Mengapa Pemerintah Dunia atau angkatan laut tidak menggunakan nama asli dari Shanks, saat merilis poster buruan untuk Shanks? Ada sebuah spekulasi menarik di kalangan para fans yang menyebutkan tentang masa lalu Shanks. Menurut spekulasi tersebut ada kemungkinan bahwa Shanks merupakan anak dari bajak laut legendaris, Rocks D. Xebec.

Rocks merupakan bajak laut yang keberadaannya coba dihapus dari sejarah dan ingatan banyak orang. Dan sejauh ini, usaha dari mereka bisa dibilang berhasil dengan tidak banyaknya orang yang mengetahui tentang sosoknya. Karena Rocks adalah sosok yang harus dihapus dari sejarah, artinya semua yang berkaitan dengan Rocks juga harus “dihapus” dari sejarah, termasuk Shanks, yang dispekulasikan sebagai anaknya.

Hal tersebut membuat Shanks dianggap tidak memiliki nama keluarga, karena itulah nama yang populer dan banyak digunakan adalah Shanks atau “si rambut merah.” Seperti halnya Ace dan juga Luffy, dunia pasti akan terkejut jika kemudian mereka mengetahui bahwa Rocks memiliki keturunan yaitu Shanks. Dulu, orang-orang juga terkejut saat mengetahui bahwa Ace adalah keturunan dari Roger dan Luffy adalah keturunan dari Dragon.

Yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah mengapa kemudian Pemerintah Dunia melakukan hal itu? Apakah itu merupakan rencana mereka sedari awal? Apakah mereka memiliki sebuah rencana besar dan jangka panjang? Hal itu masih harus kita tunggu jawaban pastinya dari Oda Sensei. Kita nantikan saja ya Geeks apakah nama asli dari Shanks kemudian akan diungkapkan sebelum ceritanya selesai. (Featured Image: Youtube)

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.