Momoshiki merupakan salah satu Otsutsuki yang dikirim ke bumi, ketika Kaguya dianggap gagal untuk menyelesaikan misinya. Sayangnya, sama seperti Kaguya, nasib mereka tidak jauh berbeda yaitu mereka kalah di tangan para shinobi. Namun, yang menariknya adalah salah satu dari mereka, Momoshiki, justru sekarang berada di dalam tubuh Boruto.

Momoshiki sengaja “memilih” Boruto karena dia merasa Boruto adalah karakter yang menarik, terutama dengan doujutsu Jogan miliknya. Sebelum Momoshiki benar-benar menghilang, dia sempat mengatakan bahwa mata tersebut akan membawa kesengsaraan dan kehancuran bagi dia dan seluruh orang. Sampai saat ini, masih belum diketahui apa maksud dari Momoshiki tersebut.

Hiro Studios

Sejauh ini, memang Jougan sangat jarang untuk diperlihatkan dalam cerita. Jougan hanya muncul ketika Boruto berada dalam kondisi terdesak atau dalam kondisi yang berbahaya, contohnya ketika pertarungan melawan Momoshiki ataupun Urashiki. Boruto sendiri belum mampu mengendalikankannya secara penuh. Karena itulah kekuatan asli Jougan masih sangat misterius, dan menjadi pertanyaan para fans.

CBR.com

Kekuatan Jougan juga merupakan salah satu Doujutsu asli dari klan Otsutsuki. Toneri Otsutsuki adalah sosok yang diketahui memiliki kekuatan ini. Masih belum diketahui secara pasti bagaimana Boruto bisa mendapatkan Jougan. Namun, banyak yang berspekulasi bahwa hal ini dikarenakan Toneri ketika dia menculik Hinata, seperti diperlihatkan dalam The Last: Naruto the Movie.

Lalu, apa sebenarnya fungsi dari Jougan? Untuk fungsi secara pasti sendiri masih belum kita ketahui, karena Masashi Kishimoto sendiri masih belum memberikan penjelasan rinci mengenai hal ini. Namun, ada kemungkinan seperti halnya doujutsu pada umumnya, ini akan menjadi salah satu sumber kekuatan Boruto selain segel Karma yang ada dalam dirinya.

Comicvine.gamespot.com

Hal ini bisa kita lihat dalam pertarungan Kawaki dan Boruto di episode awal serinya, dimana Boruto berhasil mengaktifkan Karma miliknya dan juga Jougan. Hal tersebut berhasil membuat Boruto superior melawan Kawaki. Jadi, besar kemungkinan bahwa Jougan merupakan “pelengkap” dari kekuatan Boruto. Dia menjadi “pelengkap” dari kekuatan Karma dalam tubuh Boruto.

Meskipun begitu Toneri sendiri dulu pernah menyatakan bahwa Boruto memiliki tanggung jawab yang besar dengan mata tersebut. Toneri mengatakan bahwa masa depan dunia bisa berubah menjadi indah dengan Boruto dan kekuatan Jougan. Artinya, Boruto memang ditakdirkan untuk menjadi penjaga perdamaian dunia dengan adanya Jougan tersebut.

Toneri berharap dengan adanya Jougan, Boruto bisa membawa perubahan besar terhadap dunia. Saat ini memang perjalanan hidup Boruto masih sangat panjang, dengan usianya yang masih muda. Masih harus kita tunggu bagaimana perkembangan kekuatan dari Boruto selanjutnya. Apakah dia akan menjadi jauh lebih kuat dari apa yang diperlihatkan di adegan flash forward? Kita tunggu saja ya Geeks kelanjutan ceritanya. (Featured Image: animestarwall.com)

Hiro Studios