Minato

Minato adalah hokage keempat Konoha dan ayah kandung dari Naruto. Tak perlu diragukan lagi bahwa ia adalah karakter yang memiliki pengendalian chakra terbaik. Tetapi yang membuatnya istimewa adalah ia adalah pengguna Sage Mode sempurna, yang berarti ia adalah sosok yang dapat mengendalikan chakranya dengan sangat baik. Yang membuat Minato lebih istimewa adalah fakta bahwa ia dapat menciptakan Rasengan, yang merupakan teknik yang digambarkan sebagai lambang pengendalian chakra dalam seri Naruto.

Tsunade

Tsunade adalah hokage kelima Konoha, dan ia adalah salah satu Kunoichi terkuat di seluruh seri Naruto. Tsunade adalah pengguna chakra yang luar biasa karena ia adalah seorang ninja medis yang membutuhkan pengendalian chakra yang sangat baik. Selain itu, Tsunade mampu mempelajari jutsu Byakugou, yang hanya bisa didapat secara perlahan dengan terus menerus menyimpan sejumlah chakra pada titik tertentu selama bertahun-tahun. Itulah yang menjadi bukti bahwa Tsunade memiliki pengendalian chakra yang baik.

 

Naruto

Naruto Uzumaki dulunya tidak dapat mengendalikan chakranya. Hal itu terjadi karena dia menjadi Jinchuriki ekor sembilan. Namun seiring waktu, Naruto dapat mengontrol chakranya dengan sangat baik. Bahkan Naruto berhasil mempelajari Sage Mode dan menyempurnakan Rasengan. Terlebih lagi, Naruto bisa membagikan chakranya yang besar ke orang lain. Itu berarti Naruto dapat mengendalikan kekuatan chakranya dengan sangat baik. Pada akhir seri, kendali Naruto atas chakra menjadi salah satu kemampuan terbaiknya.

Sasuke

Dalam hal pengendalian chakra, Sasuke tampaknya sedikit lebih baik dari Naruto. Tentu saja Sasuke juga melatih pengendalian chakra selama bertahun-tahun lamanya. Prestasi terbesarnya dalam mengendalikan chakra adalah dengan menyerap chakra dari semua monster Ekor Sembilan dalam pertarungan terakhirnya melawan Naruto. Menurut Kurama sendiri, kemampuan tersebut mirip dengan Hagoromo Otsutsuki. Oleh sebab itu kemampuan pengendalian chakra Sasuke lebih baik diatas Naruto.

Kaguya Otsutsuki

Kaguya Otsutsuki adalah makhluk pertama di Bumi yang mendapatkan chakra, dan ia mendapatkan chakra tersebut setelah ia memakan buah chakra yang ditanam di Bumi. Dia kemudian membagikan chakranya pada anak-anaknya, Hagoromo Otsutsuki dan Hamura Otsutsuki. Kaguya adalah pemilik asli dari chakra, sehingga cukup mudah untuk menyebut siapa pengendali kekuatan chakra terbaik.

1
2