Episode terakhir serial WandaVision telah dirilis. Episode tersebut memperlihatkan berbagai hal menarik, dari mulai pertarungan Vision melawan White Vision, Wanda melawan Agatha Harkness, hingga akhir yang mengharukan. Tapi sama seperti kebanyakan proyek Marvel, ending WandaVision masih dibiarkan menggantung, dan menyisakan beberapa misteri yang tersisa. Nah berikut ini adalah penjelasan akhir serial WandaVision, beserta dengan adegan credit scene-nya.

Kekuatan dan Rencana Agatha Harkness

Nah sebenarnya, semua anomali Westview diciptakan oleh Wanda. Tetapi Agatha hanya datang dan memasukkan dirinya ke dalam tempat tersebut untuk mengawasi Wanda. Episode terakhir menegaskan bahwa kekuatan Agatha adalah menyerap sihir orang lain. Kekuatan itu sudah ia tunjukkan sebelumnya saat menyerap kemampuan dari para penyihir lama. Agatha lantas mengakui bahwa bagaimana cara Wanda membuat Westview adalah sesuatu hal yang luar biasa, dan Agatha menginginkan kekuatan tersebut dari Wanda.

Hiro Studios

image source: tvinsider.com

Agatha menunjukkan kepada Wanda betapa rusaknya Westview dan berjanji untuk menstabilkannya, dengan syarat Wanda harus memberikan kekuatan sihirnya kepada Agatha. Untuk menegaskan maksudnya, Agatha melepaskan penduduk Westview. Norm, Herb, Dotty, dan yang lainnya lantas disadarkan dan hal itu membuat Wanda merasa bersalah karena telah menghilangkan pikiran mereka. Sadar akan kesalahannya, Wanda pun mulai menghilangkan Hex Westview, namun Agatha mengingatkan Wanda bahwa jika tidak ada Hex, berarti keluarganya akan mati. Agatha pun kembali ke rencana awalnya untuk menyerap kekuatan Wanda dengan paksa.

Mengapa Hayward Menciptakan White Vision

image source: cbr.com

Agatha bukan satu-satunya villain di WandaVision. Direktur SWORD, Hayward juga adalah villain kecil. Episode terakhir menampilkan saat Hayward menjelaskan niatnya kepada Jimmy Woo. Hayward ingin White Vision membunuh Wanda. Hayward juga akan menggunakan White Vision sebagai alatnya, dan menceritakan kepada dunia bahwa Wanda lah yang menciptakan White Vision. Taktik yang digunakan Hayward sangat picik, sehingga namanya akan tetap bersih dan dapat menggunakan Vision untuk tujuan pribadinya.

Identitas Asli Pietro

image source: tvinsider.com

Kemunculan Evan Peters sebagai Quicksilver alias Pietro telah mengejutkan banyak penggemar Marvel. Sosok Pietro tersebut jelas bukanlah ciptaan Wanda, dan sebenarnya ia diciptakan oleh Agatha Harkness. Nah di episode terakhir, Monica menemukan fakta bahwa Pietro sebenarnya adalah penduduk Westview yang dikenal bernama asli Ralph Bohner. Karena kemampuan sihir Agatha terbatas, maka dia menggunakan kalung ajaib yang membuat Ralph Bohner dapat terus dikendalikan, yang pada akhirnya membuat Ralph Bohner menyamar sebagai Pietro Maximoff. Agatha Harkness juga memberikan Ralph Bohner kekuatan seperti layaknya Quicksilver, sehingga ia dapat bergerak cepat. Untungnya berkat Monica Rambeau, ia bisa menghancurkan kalung ajaib tersebut dan melepaskan Bohner. Jadi dapat dipastikan jika Pietro atau Quicksilver bukan versi alternatif dari semesta lain.

Westview Dibebaskan & Wanda Menjadi Villain

image source: jakpusnews.pikiran-rakyat.com

Wanda sempat dihadapkan pada pilihan yang sulit, yaitu membebaskan Westview, atau menyelamatkan keluarganya. Momen ini pada dasarnya adalah inti dari serial WandaVision. Wanda akhirnya mengalah dan Westview dikembalikan ke keadaan semula. Tapi masalahnya baru dimulai untuk Wanda. Episode terakhir WandaVision menegaskan bahwa orang-orang di Westview mengingat segalanya, dan mereka menganggap Wanda sebagai villain. Berita tentang insiden Westview tentunya akan menyebar ke seluruh dunia, dan sepertinya ini akan menjadi pemicu dari kembalinya perjanjian Sokovia Accords. Ini bisa mengubah posisi Wanda di MCU secara drastis. Meskipun penonton tahu Wanda bukan villain, tetapi Wanda pernah merampas kebebasan dan kehidupan warga Westview. Wanda rupanya juga merefleksikan rasa sakit dan kesedihannya sendiri pada para penduduk Westvew saat tidur.

Vision Dilahirkan Kembali di MCU

image source: polygon.com

Di saat terakhir Wanda dan Vision bertemu, Vision bertanya kepada Wanda tentang siapa dirinya sebenarnya. Wanda menjawab dengan mengungkapkan bahwa suaminya yang terlahir kembali dari kabel, darah dan tulang, tetapi kekuatan Mind Stone di dalam Wanda yang menghidupkan kembali Vision di dalam Hex Westview. Ketika Hex tersebut hilang, Vision pun menghilang, dan kemungkinan besar menghilang untuk selamanya. Untung saja, pengganti Vision sudah ditemukan di luar sana. Selama pertarungan Vision melawan White Vision, Vision berhasil membuka memori White Vision. Di saat itu, Vision terlihat berhasil mentransfer dirinya sendiri ke tubuh White Vision. Synthezoid yang terlahir kembali tersebut lantas mengatakan “I am Vision” dan terbang menuju dunia luar.

Agatha Masih Hidup dan Mentor Potensial Wanda

image source: hitc.com

Di akhir WandaVision, Wanda berhasil mengalahkan Agatha berkat Rune yang ia buat. Wanda sendiri tidak memilih untuk membunuh lawannya ini. Sebaliknya, Agatha harus kembali memerankan Agnes sepanjang umurnya. Nah menariknya ini membuka jalan bagi Agatha Harkness untuk menjadi mentor bagi Wanda. Agatha sendiri sebelumnya memperingatkan kepada Wanda bahwa kemampuan sihirnya akan dibutuhkan di masa depan. Jika Wanda kembali memanggil Agatha di masa depan, maka Agatha bisa saja mengajarkan ilmu sihir kepada Wanda. Di komik pun, Agatha Harkness adalaah mentor Wanda Maximoff, dan hubungan mereka jauh lebih bersahabat. Mungkin di masa depan MCU, jika Wanda memiliki pertanyaan tentang sihir atau membutuhkan aliansi penyihir, Wanda bisa merekrut Agatha.

Penjelasan Masa Depan Wanda

image source: denofgeek.com

Di akhir WandaVision, kita diperlihatkan saat Wanda tengah bersembunyi di sebuah kabin kecil yang sangat terpencil. Adegan tersebut menunjukkan bahwa fisik Wanda tengah membuat teh di depan kabin tersebut, tetapi proyeksi astral Wanda tampak tengah membolak-balikan buku Darkhold. Besar kemungkinan jika Wanda memperlajari tentang Chaos Magic. Sepertinya inilah yang akan menjadi jembatan pertempuan antara Wanda dan Doctor Strange di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness mendatang.

Kemunculan Skrull di Mid-Credit Scene

image source: screenrant.com

Monica Rambeau tidak menjadi karakter vital di episode terakhir WandaVision. Momen besar Rambeau hanya saat menahan empat peluru yang diarahkan kepada Billy dan Tommy. Momen besar Monica juga terjadi di mid-credit scene, di mana Skrull meminta kehadiran Monica di langit. Agent Skrull tersebut kemungkinan besar bekerja untuk Nick Fury dan Talos, karena keduanya memiliki organisasi seperti SWORD, yang telah mulai diperlihatkan di film Spider-Man: Far From Home. Monica mungkin akhirnya mendapatkan undangan untuk bergabung dengan SWORD yang asli. (Featured Image: Deviantart.com)

Hiro Studios

Restu is a general trouble maker of Greenscene.co.id, he's operate on movie review and original content with some reporting job. He think that he is Tony Stark, with semi-bald head.