Seri One Piece karya Eiichiro Oda hampir sering menampilkan plot twist yang menarik. Plot twist ini berlaku juga para karakter yang muncul dalam cerita, terutama para villain. Ada sebagian dari mereka yang pernah bertarung melawan Luffy, namun akhirnya berubah setelah mereka berhasil dikalahkan oleh Luffy. Para villain ini tidak lagi berbuat jahat, namun mereka justru beraliansi dengan Luffy. Lalu, siapa saja para villain tersebut?

Enel

Enel dulunya adalah penguasa wilayah pulau langit alias Skypiea. Dia memerintah dengan sangat kejam, bahkan penduduk pulau langit pun banyak yang menderita. Tidak jarang, gerakan-gerakan perlawanan para penduduk muncul untuk mencoba mengalahkan Enel tapi tentunya selalu gagal. Para penduduk Skypiea tersebut dipaksa untuk menjadi budak dalam membangun kapal emas miliknya.

Namun, kejutan muncul ketika kelompok Topi Jerami muncul, yang mana kemudian Luffy berhasil mengalahkan Enel dan akhirnya Enel pun pergi dari pulau langit dengan kapal emasnya. Enel kemudian tiba di bulan, dan disana ternyata dia mampu untuk membantu ras alien berbentuk robot untuk mengalahkan musuh mereka, yaitu kelompok bajak laut luar angkasa. Dan akhirnya Enel pun menjadi pahlawan bagi kelompok tersebut.

Nico Robin

Sebenarnya, masih adalah keraguan apakah Nico Robin benar-benar penjahat atau bukan. Karena, keberadaan Robin di Baroque Works sendiri merupakan salah satu cara untuknya bertahan hidup. Tapi, dalam arc Alabasta Robin memang sempat memberikan kesulitan kepada Luffy. Tugasnya sendiri adalah menjadi pengawas bagi para agen Baroque Works yang lain. Dan tentunya meneliti Poneglyphs yang ada di Alabasta.

Namun, situasi kemudian berubah ketika Robin membantu Luffy dan Luffy membantu Robin. Luffy berhasil mengalahkan Crocodile dan kemudian menyelamatkan Robin ke Ennies Lobby. Pada akhirnya, Robin pun meminta Luffy untuk menerimanya menjadi kru Topi Jerami dan akhirnya Robin bergabung. Pada saat momen sebelum timeskip, Robin sendiri mengatakan bahwa dia belum pernah berubah menjadi kuat demi seseorang.

Hachi

Hachi dulunya merupakan bagian dari kelompok bajak laut Arlong, yang pernah menyebarkan terror dan ketakutan kepada penduduk di wilayah Nami. Bahkan, Nami sendiri sampai harus terkena imbasnya, dimana dia dan saudaranya menjadi budak bagi kelompok tersebut. Nami bahkan harus berjuang untuk menyelamatkan desanya dari ancaman Arlong. Hachi adalah salah satu yang pernah bertarung menghadapi Luffy dan Zoro yang hendak menyelamatkan Nami.

Namun, Hachi kini sudah berubah. Dia ingin membayar kesalahannya yang dulu pernah dia lakukan kepada orang-orang. Dalam arc Sabaody, bahkan Hachi rela mengorbankan dirinya demi menolong Luffy, yang saat itu mencoba bertarung melawan kaum naga langit. Nami sendiri memahami kondisi Hahchi dan dia bahkan sudah memaafkannya. Hachi juga bahkan kini sudah dianggap menjadi teman bagi kelompok Topi Jerami.

Bon Clay

Mr. 2 alias Bon Clay, adalah mantan agen Baroque Works yang dipimpin oleh Crocodile. Meskipun dia dulunya adalah musuh besar Luffy dalam arc Alabasta, tapi kemudian hubungan mereka berdua mulai berubah. Mereka sudah menjadi teman yang sangat dekat, bahkan Bon rela mengorbankan nyawanya demi menyelamatkan Luffy, seperti yang dia perlihatkan di Impel Down.

Bon sendiri terakhir terlihat masih di Impel Down, mengorbankan dirinya untuk berubah menjadi Hanyabal dan membukakan pintu gerbang penjara tersebut. Tapi, saat ini dia menjadi ratu bagi para Okama di level 5.5, tempat tersembunyi yang sengaja dibangun oleh Emprio Ivankov. Selain Bon Clay, Luffy juga kini beraliansi dengan Mr. 3 seperti yang diperlihatkan ketika dia melindungi Ace dari serangan Sengoku.

Helmeppo

Salah satu contoh terbesar dari perubahan karakter villain menjadi pahlawan dalam seri One Piece, Helemppo dulunya adalah anak yang sangat nakal dan sombong. Dia adalah anak dari salah saeorang anggota angkatan laut yang juga jahat, “Axe Hand” Morgan. Helmeppo adalah orang yang bertanggung jawab atas tertangkapnya Zoro di awal serinya, dan membuat dia kelaparan.

Namun, bersama dengan Coby, Helmeppo berubah menjdi sosok gagah. Dia kini menjadi seorang angkatan laut di bawah pengawasan Garp. Dan berkat latihan ini, Coby dan Helmeppo kini menjadi sosok yang bisa diandalakan, apalagi keduanya bekerja di bawah pengawasan langsung Garp. Diantara semua karakter dalam daftar, mungkin yang paling kontras perubahannya adalah Helmeppo.

Writer for Greenscene.co.id, i'd love every genre of movies but specially, i'm nolan fans.