Para Titan semakin menjadi perbincangan banyak orang dengan semakin populernya seri Attack on Titan. Saat ini, serinya sendiri sudah memasuki musim terakhir dengan versi manganya hanya tinggal menyisak beberapa chapter saja sebelum kemudian menyelesaikan serinya. Sesuai dengan namanya, Titan menjadi salah satu daya tarik utama dalam seri ini karena menjadi elemen utama juga dalam ceritanya.

Titan sendiri nyatanya memiliki beberapa jenis. Namun, yang paling populer di seri ini tentunya adalah para Titan Shifter atau mereka yang mewarisi kekuatan para Titan. Sebenarnya ada beberapa jenis lainnya yang mungkin tidak diketahui atau tidak disadari oleh para fans. Lalu, apa saja jenis Titan yang ada di dalam seri Attack on Titan? Berikut adalah penjelasannya.

Hiro Studios

Pure Titan

Sesuai namanya, Pure Titan adalah bangsa Eldian atau mereka yang berubah menjadi monster tersebut dengan menyuntikan cairan tulang belakang Titan ke sistem tubuh mereka. Ketika serumnya mulai bekerja, tubuh mereka akan berubah menjadi sosok monster Titan, dengan bentuk fisik yang beragam. Namun, sebagian besar para Pure Titan masih menghadirkan sosok wajah dari manusia.

Tinggi dari para Pure Titan ini beragam, mulai dari yang paling kecil sekitar 16 kaki, sampai yang paling tinggi sekitar 50 kaki. Dan ketika mereka berubah menjadi Pure Titan, mereka juga harus kehilangan semua rasa kemanusiaan dan juga kecerdasan yang mereka miliki. Mereka benar-benar menjadi sosok makhluk buas tanpa akal. Yang hanya ada dalam pikirannya adalah memakan manusia.

CBR.com

Semua Titan, termasuk Pure Titan, memiliki daya tahan yang luar biasa dan juga mampu sembuh secara cepat dari hampir semua luka yang ada. Namun, sama halnya seperti para Titan lain, jika bagian punuk atau leher belakang mereka diserang, mereka akan tewas. Inilah alasan mengapa para Pure Titan sering dengan sengaja berada dalam situasi yang berbahaya. Para Pure Titan juga tidak bertambah tua.

Hal ini bisa dilihat kepada sosok Ymir, yang terus berjalan-jalan di sekitar Paradis sebagai Pure Titan selama kurang lebih 60 tahun sebelum kemudian dia memakan Marcel Galliard. Ketika dia tersadar, Ymir masih tetap sama seperti sebelum dirinya berubah menjadi Pure Titan. Pure Titan juga tidak memerlukan kebutuhan dasar seperti makan dan minum.

Abnormal Titan

Meskipun secara keseluruhan Abnormal Titan terlihat sama dengan Pure Titan, namun ada beberapa perbedaan besar diantara keduanya. Salah satunya adalah tingkah laku mereka yang tidak bisa diprediksi ketika sedang berburu. Ketika Pure Titan akan mengejar manusia yang berada di dekatnya, Abnormal Titan akan mengabaikan manusia yang ada di sekitarnya, demi mencari kelompok manusia yang lebih besar.

Beberapa Abnormal Titan memiliki ukuran yang lebih besar, seperti Titan milik Rod Reiss yang ukurannya bahkan dua kali lebih besar dari Colossal Titan. Dan karena hal itulah dia tidak bisa berjalan lurus. Hal yang sama juga terjadi kepada ibu dari Connie, yang dirubah oleh Zeke menjadi Abnormal Titan. Bagian dadanya terlalu besar sedangan lengannya terlalu kecil sehingga menyulitkan untuk bergerak.

Aminoapps.com

Cara bergerak Abnormal Titan juga sangat bervariasi, dengan beberapa diantara mereka ada yang berlari, berjalan dengan keempat lengan dan kaki, dan sebagainya.  Abnormal Titan juga terbukti mampu bergerak lebih cepat dan mampu menghindar dengan lebih baik. Dalam hal kecerdasan, dibanding Pure Titan, Abnormal Titan lebih sedikit unggul dalam hal kecerdasan. Contohnya mereka lebih sering menunggu mangsanya dibandingkan menyerang secara langsung.

Dalam beberapa kasus, beberapa Abnormal Titan masih menyimpan kenangan miliknya dulu dan memiliki kemampuan untuk berbicara, seperti ibu dari Connie yang mengatakan kepada anaknya, “selamat datang kembali.” Namun, insting Titan mereka jauh lebih besar dibandingkan ras amanusia dalam diri mereka.

Titan Shifter

Tentu diantara yang lain, Titan Shifter jauh lebing unggul. Mereka terlalu unggul dibandingkan keduanya. Cara membuat seseorang berubah menjadi Titan Shifter adalah merubah mereka menjadi Pure Titan terlebih dahulu sebelum kemudian dia mengkonsumsi pemilik kemampuan Titan. Inilah yang terjadi kepada Eren Yeager dulu dan juga Ymir.

Sebagai seorang Titan Shifter, mereka bisa berubah menjadi manusia dan juga menjadi Titan. Namun, mereka tidak memiliki hasrat untuk memakan manusia lain. Ada sembilan Titan Shifter yang diketahui sejauh ini: Founding Titan, Female Titan, Beast Titan, Jaw Titan, War Hammer Titan, Cart Titan, Attack Titan, Colossal Titan, dan juga Colossal Titan.

Comicbook.com

Yang menarik adalah masing-masing Titan memiliki kemampuan dan juga kelemahan masing-masing. Contohnya untuk Colossal Titan, dia bisa menghancurkan apapun dalam radius tertentu berkat ledakan dan juga uap panas yang dikeluarkan. Namun, di sisi lain Colossal Titan merupakan sosok yang rentan untuk diserang. Ada juga Titan yang memiliki kemampuan sama, seperti kemampuan pengerasan yang dimiliki Female dan War Hammer Titan.

Dari segi bentuk, Titan Shifter memiliki bentuk yang lebih “sempurna” dimana Titan mereka jauh lebih baik dibandingkan dua jenis sebelumnya. Hal ini juga didukung oleh kecerdasan, manuver, dan berbagai hal lainnya, dimana para pemilik kekuatan bisa mengendalikan semuanya. Berbeda dengan dua jenis di atas, dimana semuanya dikendalikan oleh Titan dalam dirinya karena akal mereka sudah mati.

Salah satu hal yang menjadi kelemahan dari Titan Shifter adalah “kutukan” yang harus mereka terima, yaitu jatah hidup mereka hanya 13 tahun setelah mendapatkan kekuatannya. Jadi, jika Eren mendapatkan kekuatan Attack Titan di usia 10 tahun, maka jatah hidup usia Eren hanya sampai 23 tahun. Setelah masa mereka habis, mereka bisa mewariskan kekuatannya kepada orang lain atau jika tidak maka kekuatannya akan memilih salah satu bangsa Eldian.

Hiro Studios