Sanji menjadi bahan perbincangan para fans One Piece dalam beberapa waktu belakangan ini. Semuanya berkat aksi yang dia lakukan di arc Wanokuni ini. Di chapter sebelumnya diperlihatkan bagaimana Sanji harus terkena perangkap Black Maria di lantai 3. Meskipun sempat melawan – khususnya kepada para pasukan Beasts yang pria – pada akhirnya Sanji harus menyerah kepada Black Maria.

Sanji tetap memegang teguh prinsipnya untuk tidak melukai wanita, meskipun kemudidan dia harus menerima berbagai pukulan. Black Maria kemudian meminta Sanji memanggil Robin dan mengajaknya ke lantai 3. Meskipun belum diketahui tujuannya, namun Kaido sepertinya berusaha untuk membuat Nico Robin membacakan Poneglyph yang akan menuntunnya menuju Laugh Tale.

Berbicara mengenai Sanji, salah satu hal yang menjadi sorotan dan perbincangan para fans dalam beberapa waktu belakangan adalah bagaimana sikap Sanji terhadap Robin. Sanji mempercayakan semua hal yang berkaitan dengan Black Maria kepada Robin – dan juga Brook. Banyak fans yang memuji perubahan sikap Sanji, dimana dia mulai percaya terhadap rekannya yaitu Robin.

Twitter.com

Dalam momen tersebut, Sanji bukan hanya rela membuang semua rasa bangga dan harga dirinya – bahkan Hawkins beranggapan apa yang dilakukan oleh Sanji sebagai sesuatu yang menyedihkan – tapi dia benar-benar mulai rela menggantungkan nasibnya terhadap temannya, seorang wanita, untuk menyelamatkan nyawanya.  Sanji benar-benar mulai mempercayakan kekuatan temannya dan juga kemampuan temannya – yang notabene adalah perempuan – untuk menghadapi sesuatu yang tidak bisa dia hadapi sendiri.

Di Enies Lobby, Sanji mengatakan kepada Usopp bahwa di kru Topi Jerami, mereka semua melakukan apa yang tidak bisa dilakukan oleh yang lain. Dan di chapter 1005 kemarin, Sanji benar-benar “mewujudkan” perkataan tersebut. Yang menarik kemudian para fans mencoba membandingkan hal tersebut dengan Zoro. Apakah Zoro akan melakukan hal yang sama dengan Sanji. Apakah Zoro akan percaya terhadap Robin?

Banyak yang berargumen bahwa Zoro tidak akan berada di posisi Sanji sejak awal. Zoro mungkin bodoh, tapi dia adalah sosok yang selalu waspada. Dia tidak akan terjebak oleh rayuan Black Maria. Zoro juga mungkin tidak akan pernah ragu untuk menghajar wanita, karena Zoro memiliki prinsip yang berbeda dengan Zoro. Jika Sanji merasa wanita adalah sosok yang harus dilindungi, Zoro beranggapan bahwa wanita adalah sosok yang sama kuatnya seperti pria.

Reddit.com

Hal ini berkaitan dengan masa lalu Zoro, dimana Zoro tumbuh besar bersama rekannya bernama Kuina. Meskipun dia adalah perempuan, namun dia adalah petarung yang handal. Kita juga pernah melihat bagaimana Zoro bertarung melawan perempuan, contohnya ketika pertarungan melawan Monet. Zoro tidak ragu untuk menghadapi Monet, dimana dia menggunakan sebagian besar kemampuannya.

Lalu, apa yang akan terjadi kepada Zoro jika kemudian dia ada berada di posisi Sanji? Yang pasti adalah Zoro tidak akan banyak basa basi. Zoro akan bertarung melawan Black Maria dan menolak perintahnya. Pertarungan sudah sedari awal akan terjadi. Apakah artinya Zoro tidak percaya terhadap Robin? Kemungkinan besar jawabannya adalah ya.

Namun, yang menjadi poin penting adalah Zoro meyakini bahwa dia bisa melakukannya sendiri tanpa perlu melibatkan rekannya yang mana justru bisa membahayakan nyawanya. Zoro memang percaya bahwa pria atau wanita sama kuatnya, namun dengan “meminta bantuan” kepada rekannya yang lain, bagi sosok seperti Zoro, mungkin bisa dianggap sebuah “penghinaan.”

Kita bisa melihat dalam kasus Monet dimana salah satu komandan Shichibukai tersebut tidak membuat Zoro gentar. Dan kita juga bisa melihat apa yang terjadi sekarang, dimana dia tidak ragu berhadapan dengan Kaido dan juga Big Mom. Artinya, untuk selevel Black Maria, bukan akan menjadi masalah besar bagi sosok Zoro. Sehingga Zoro mungkin beranggapan tidak perlu melibatkan sosok Robin dalam pertarungannya melawan Black Maria.

Jadi, kesimpulannya Roronoa Zoro kemungkinan tidak akan melakukan hal yang sama seperti halnya Sanji. Meskipun secara sekilas Zoro seperti tidak percaya terhadap kemampuan rekannya, namun sebenarnya dalam hal ini Zoro lebih sedikit “cair” dibandingkan Sanji, dimana dia tidak ragu untuk menyerang wanita. Sehingga, pertarungan antara Zoro dan Black Maria mungkin sudah terjadi sedari awal jika Zoro berada di posisi Sanji. (Featured Image: zedge.net)

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.