Musim terakhir dari seri anime Attack on Titan mulai membangun sebuah cerita yang sangat besar – meskipun masih belum diketahui secara pasti peristiwa apa. Namun, ada satu hal yang sekarang sudah menjadi semakin jelas. Di episode 12 kemarin yang berjudul “Guides,” Yelena terlihat tidak seperti biasanya. Pada awalnya, Yelena terlihat seperti sebuah karakter pendukung yang tidak terlalu banyak memiliki motivasi pribadi.

Namun, di episode terbaru ini, mungkin kita akhirnya mengetahui bahwa Yelena memiliki sesuatu yang memotivasinya. Dan bukan hanya itu, dia juga berusaha untuk meraihnya. Apakah yang kemudian membuat Yelena berbahaya dan apa yang kemungkinan sedang Yelena rencanakan saat ini? Petunjuk besar pertama yang diperlihatkan adalah fakta bahwa dia pernah bertemu dengan Eren, sebelum serangan besar Eren ke Marley.

Pertemuan tersebut dilakukan tanpa sepengetahuan pihak Pemerintah ataupun para Pasukan Survey. Yelena hanya memberikan informasi tersebut kepada Dot Pyxis, karena misi besar di marley sudah selesai. Pilihan Yelena ini justru membuat dia dan para relawan lainnya sekarang berada dalam resiko, karena mereka dicurigai memiliki misi tersembunyi. Mereka juga dicurigai memiliki koneksi dengan rencana besar Marley.

Reddit.com

Meskipun begitu, Yelena sepertinya sudah memperhitungkan resiko ini. Dia sepertinya tidak keberatan dengan semua tuduhan dan kecurigaan tersebut. di episode ini juga diperlihatkan bagaimana Hange curiga terhadap Yelena yang sudah menempatkan para relawan di berbagai tempat-tempat strategis, seperti restoran. Hange sangat meragukan tujuan mereka berada di Marley, dan memang bisa dipahami.

Pasca pengeboman di markas komandan militer Paradis, siapa yang tahu ada tempat lainnya yang menjadi sasaran dari Yelena dalam para relawan. Sangat sulit rasanya untuk tidak mengaitkan peristiwa pengeboman dengan keberadaan Yelena saat ini di wilayah Paradis.  Apakah mereka berencana untuk melakukan hal yang sama di tempat publik, dan mendapatkan korban yang lebih banyak?

Perlu menjadi catatan juga bagaimana Yelena sudah mengakui bagaimana dia begitu terobsesi terhadap kejeniusan sosok Zeke Yeager. Kekagumannya terhadap sosok Zeke sendiri merupakan sebuah hal yang perlu diwaspadai. Jika para Yeagerist memiliki satu pandangan utama; loyal terhadap Eren sebagai penyelamat Paradis dan eldia, maka Yelena melihat Zeke sebagai sosok dewa dan bahkan menganggapnya sebagai sosok yang luar biasa.

Twitter.com

Obsesi yang besar bisa membuat orang berubah, seperti halnya Yelena, yang mau dan rela melakukan sesuatu dimana biasanya orang-orang enggan melakukannya, terlepas dari tingkat rasional yang ditampilkan. Komandan Pyxis juga curiga terhadap Yelena, terutama setelah dia mengetahui bahwa Yelena dan Eren pernah bertemu secara rahasia  dan merencanakan penyerangan ke Marley.

Pyxis sadar bahwa Yelena masih menyimpan rahasia darinya, dan tidak ada cara terbaik selain menunggu dan melihat bagaimana rencana tersebut dijalankan – kecuali jika ada salah satu dari pihak Paradis bisa membaca rencana besar ini. Yelena sendiri tidak memiliki sesuatu yang membuatnya terbebani (nothing to lose) dalam situasi ini, yang mana kemudian bisa jadi itulah alasan mengapa dia menjadi relawan untuk bergabung dengan pihak paradis.

Para pasukan Survey tentunya perlu memberikan perhatian lebih terhadap Yelena, terutama saat ini dialah yang mengatur seluruh relawan untuk bekerja atau menempatkan diri mereka ke berbagai posisi yang strategis di semua distrik. Yelena sendiri sepertinya tidak memiliki keterkaitan dengan Yeagerist dan terbentuknya kelompok tersebut. Hal ini dibuktikan dengan absennya Yelena dalam pertemuan dengan Eren di atas bukit bersama Floch dan Yeagerist lain.

Yang kita ketahui saat ini, Yelena mungkin memiliki motivasi yang sama dengan Zeke, dan dia juga bisa menjadi sosok yang berbahaya, khususnya bagi Zeke, mengingat dia begitu memuja sosok Zeke. Apakah Yelena merupakan sosok jahat? Apa rencana besar yang dipersiapkan oleh Yelena? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya di episode yang akan datang. (Featured Image: kaorinusantara.or.id)

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.