Sosok Rocks D. Xebec dan juga kelompok bajak lautnya adalah sebuah misteri besar dalam cerita One Piece. Kru bajak laut Rocks berisikan wajah-wajah yang pastinya sudah banyak dikenali, seperti Whitebeard, Kaido, dan Big Mom. Kapten dari kelompok Rocks, Rocks D. Xebec, adalah seseorang yang kejam dan tanpa ampun.

Bagi Rocks, mampu mengumpulkan para kru hebat tersebut menjadi sebuah prestasi tersendiri. Hal ini menunjukan bagaimana kemampuannya sebagai sebuah karakter, yang mampu mengumpulkan orang-orang mengerikan seperti ketiga Yonko tersebut. Namun, memang masih belum diketahui apa sebenarnya motivasi mereka bergabung dengan kelompok Rocks.

Hiro Studios

Sebagian besar fans mungkin bertanya-tanya bagaimana kemudian para karakter tersebut bisa bergabung dengan Rocks. Dalam chapter 957, Sengoku menyebutkan bahwa kelompok bajak laut Rocks dibentuk bukan karena pertemanan, rekan, dan sejenisnya. Mereka bergabung karena demi sebuah keuntungan besar. Itulah yang kemudian membuat Kaido, Big Mom, Whitebeard masuk dalam kelompok tersebut. Tapi, apa keuntungan besar yang dimaksud?

Twitter.com

Ada beberapa kemungkinan yang bisa saja terjadi dalam hal ini. Pertama adalah sesuatu yang sangat luar biasa. Sulit untuk dideskripsikan apa yang dimaksud dengan “sesuatu yang luar biasa” tersebut, namun bisa saja kita tarik kesimpulan secara garis besar bahwa hal tersebut adalah kekuasaan, kekayaan, dan hal sejenisnya. Bukan tanpa alasan memang mereka mengincar hal tersebut.

Mereka adalah kelompok bajak laut yang dikenal kejam, apalagi Rocks sangat ditakuti oleh banyak bajak laut. Kekayaan dan kekuasaan serta hal sejenisnya bisa saja mereka dapatkan dengan mudah. Itulah kemudian alasan mengapa para monster tersebut bergabung, karena mereka tahu mereka ada di pihak yang “tepat” dalam mewujudkan keinginan atau hasrat mereka.

Lagipula, sosok seperti Whitebeard membutuhkan harta atau kekayaan tersebut untuk membangun kembali desa atau kampung halamannya di pulau Sphinx. Kemungkinan kedua adalah adanya ilmu pengetahuan yang dia janjikan akan dibagikan kepada para krunya. Rocks mungkin memang adalah sosok monster yang mengerikan, bajak laut yang dahsyat. Tapi, mungkin, yang membuatnya lebih berbahaya lagi adalah pengetahuan yang dia miliki tentang sesuatu.

Twitter.com

Salah satu contohnya adalah dia mengetahui rahasia dunia ini, sesuatu yang dianggap tabu oleh banyak orang. Kabarnya Rocks memiliki berbagai informasi yang sangat dilarang oleh Pemerintah Dunia. Dan hal yang dimaksud kemungkinan besar adalah Poneglyph. Rocks mungkin sudah mengetahui apa arti dari sebagian Poneglyph, sedikit kurangnya membuat dia mengetahui tentang apa rahasia besar dunia yang selama ini disembunyikan.

Menjadi kru bajak laut Rocks, bisa jadi adalah alasan utama bagi Kaido dan Big Mom demi mengetahui tentang Road Poneglyph dan pentingnya benda tersebut. Berbicara mengenai Rocks tentunya tidak lepas dari peristiwa bersejarah yang terjadi 38 tahun yang lalu, yaitu insiden God Valley. Menurut penuturan Sengoku, Rocks sengaja datang ke pulau tersebut untuk menghancurkan para kaum naga langit yang berkumpul atau ada di pulau tersebut.

Dan pasca kejadian tersebut, God Valley pun kemudian dihapus dari sejarah. Namun, ada kemungkinan jika sebenarnya God Valley memang sudah lama disembunyikan bahkan sebelum ada insiden bersejarah tersebut. Pulau God Valley baru kemudian dihancurkan pasca insiden itu. Mengapa mereka melakukan hal itu?  Selain untuk menutupi jejak Rocks, kemungkinan di pulau itu ada telur naga terakhir.

Aminoapps.com

Selain telur naga terakhir, ada juga spekulasi menarik bahwa ada pohon buah iblis di God Valley. Itulah yang kemudian dijanjikan oleh Rocks kepada para kru lainnya, yaitu mereka bisa mengambil buah iblis tersebut sesuka hati. Mengingat dulu mereka hanyalah bajak laut muda biasa – yang memiliki kemampuan luar biasa – tentunya mendengar hal tersebut membuat mereka tertarik dan akhirnya bergabung.

Menarik memang mencari tahu alasan mengapa kemudian para karakter kuat mau bergabung dengan Rocks. Menarik untuk mencari tahu keuntungan besar apa yang dimaksud oleh Sengoku dalam ucapannya tersebut. Mudah-mudahan saja sebelum cerita One Piece berakhir Oda akan memberikan penjelasan mengenai hal ini. (Featured Image: comicvine.gamespot.com)

Hiro Studios