Terkadang menjadi musuh, namun terkadang juga menjadi rekan dalam memecahkan sebuah kasus. Itulah gambaran dari sosok Kaitou Kid, salah satu karakter utama yang muncul dalam cerit Detective Conan. Sosok Kaitou Kid memiliki karismanya sendiri sebagai salah satu rival dari Conan dalam ceritanya. Namun, mungkin banyak dari para Geeks semua yang belum mengetahui tentang sosok misterius ini.

Siapa sebenarnya sosok dibalik kacamata tersebut? Mengapa mereka menyebutnya dengan “Kid?” Ternyata pertanyaan tersebut baru awalan dari berbagai misteri yang menyelimuti karakter ini. Identitas asli dari Kid sendiri adalah Kaito Kuroba, anak dari seorang pesulap populer dunia yang sudah meninggal, Toichi Kuroba. Kaito bukan hanya mewarisi bakat dan juga rasa cinta terhadap sulap sang ayah, dia juga mewarisi bakat mencurinya.

Salah satu alasan mengapa Kid sangat digemari dan diidolakan – bahkan Sonoko menjadi salah satu penggemarnya – adalah karena berbagai tindakan kriminal yang dia lakukan “tidak berbahaya.” Kid melakukan apa yang tidak pernah dilakukan oleh para kriminal lainnya di luar sana – misalnya dia mengembalikan barang hasil curiannya, dan selalu memastikan bahwa tidak ada korban jiwa saat dia melakukan aksinya.

Plazajapan.com

Bahkan, Kaito sering kali membantu dan menolong yang membutuhkannya jika diminta, seperti yang diperlihatkan di Volume 65 manga Detective Conan. Dalam chapter 675 dan 676, kita diperlihatkan Kaito berusaha menolong paman dari Sonoko yang tidak sengaja mengunci anjing kesayangannya di dalam sebuah brangkas dan dia membutuhkan bantuan Kaito untuk menyelamatkan anjingnya.

Lalu, mengapa kemudian Kaito Kid melakukan dua hal-hal seperti itu? Ini ada kaitannya dengan pakaian yang dia kenakan yaitu jas dan jubah setelah berwarna putih. Sebelumnya, sang ayahlah yang mengenakan pakaian ini dan mendapatkan julukan Kid. Namun, sang ayah harus tewas dibunuh pada siang hari melalui sebuah “kecelakaan” sulap.

Kaito kemudian menyelidiki apa yang terjadi, termasuk menyelidiki markas tempat ayahnya dulu bernaung. Dia juga kemudian mengetahui fakta sebenarnya mengenai asisten lama sang ayah. Setelah mengantongi semua informasi, Kaito kemudian menyamar menjadi Kid untuk memancing pembunuhnya keluar – dan rencana ini berhasil.

CBR.com

Kaito kemudian mengetahui bahwa mereka semua merupakan bagian dari sebuah organisasi yang mencari Pandora, sebuah perhiasan yang menyala merah ketika berada di bawah sinar bulan dan di bawah komet tertentu perhiasan ini akan muncul “air mata” yang membuat siapapun yang meminumnya akan kekal abadi. Ayah Kaito dibunuh karena menolak untuk membantu mereka mencuri perhiasan tersebut.

Mengetahui hal ini, Kaito bersumpah akan menemukan perhiasan tersebut dan menghancurkannya. Itulah alasannya mengapa kaito selalu mengembalikan perhiasan yang memang bukan Pandora. Bisa dibilang Kaito Kid sebenarnya adalah sosok anti-hero atau vigilante dibandingkan seorang pencuri. Bahkan, sebenarnya sang ayah, Toitchi memiliki sifat yang sama dengan Kaito. Dia berusaha untuk mencuri perhiasan limelight dari istrinya yang juga seorang pencuri, Chikage the Phantom Lady, sehingga dia bisa pensiun dari apa yang dia lakukan.

Bagiamana dengan nama “Kid” yang menjadi bagian dari identitasnya? Pada awalnya, sosok Kaito sendiri diberikan nomor 1412 oleh pihak Interpol. Salah seorang jurnalis kemudian tidak sengaja menulis angka tersebut sehingga berbentuk seperti sebuah tulisan alam bahasa Inggris yang berbunyi “kid” bagi Yusaku Kudo, ayah dari Shinichi Kudo. Yusakulah kemudian yang mempopulerkan nama tersebut.

Sampai saat ini, baru sedikit cerita masa lalu dari Kaito Kid yang dihadirkan kepada para fans. Hal ini dikarenakan Aoyama Gosho yang sangat sibuk dengan proyek utamanya yaitu seri manga Detective Conan. Mungkin, kedepannya Aoyama Gosho bisa membuat kejutan dengan menghadirkan sebuah spinoff atau seri atau film khusus dari Kaito Kid.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.