Chapter terbaru dari manga Boruto memberikan berbagai fakta terbaru mengenai apa yang terjadi di dunia nyata, terutama mengenai villain dari seriesnya. Dengan naruto yang harus kehilangan Kurama dan mata Rinnegan sasuke yang hilang, situasi kini mulai berbeda. Isshiki sendiri memang sudah tewas, namun dia sudah meninggalkan tanda miliknya di dunia shinobi.

Dalam chapter 55 kemarin kita melihat bagaimana Isshiki mengaktifkan Karma berwarna putih yang ada di dalam diri Code. Meskipun Code beranggapan bahwa itu adalah tanda yang gagal, pada kenyatanya segel Karma tersebut merupakan “warisan” dari Isshiki itu sendiri. Dengan hal tersebut Isshiki berharap bahwa Code bisa melanjutkan misi dari Kara, dan juga misi utamanya yaitu menangkap Boruto dan Kawaki.

Dengan tidak adanya Isshiki, yang kemudian menjadi pertanyaan adalah apa selanjutnya? Apa yang selanjutnya akan dilakukan oleh Code dan apa yang akan selanjutnya terjadi dengan kara? Code sendiri sekarang hanya memiliki satu misi utama dalam hidupnya yaitu menangkap Boruto dan Kawaki dan memberikannya kepada Jyuubi untuk dikorbankan.

Aminoapps.com

Di sisi lain, dia juga mendapatkan misi untuk membunuh Amado, Naruto, dan Sasuke. Isshiki berpesan kepada Code untuk memanen buah chakra dan memakannya, dan terus melakukannya di planet lain agar dia bisa menjadi sosok dewa baru sosok, sosok Otsutsuki yang baru. Namun, yang menjadi pertanyaan kemudian apakah dia bisa melakukannya sendiri.

Kara merupakan organisasi yang penuh dengan pengkhianat seperti halnya kAshin Koji dan Amado. Jika kemudian Code bisa meyakinkan Delta atau Boro untuk bertarung, maka dia memiliki kekuatan yang dia butuhkan – itupun kemungkinan Code harus mencari lagi tenaga tambahan. Kita tidak tahu siapa lagi yang “berpihak” kepada Isshiki atau siapa lagi yang memiliki tanda yang sama dengan Code.

Pertanyaannya selanjutnya adalah apakah Code mampu memimpin mereka semua, apalagi mengingat Code memiliki masalah dalam hal egonya. Namun, hal itu mungkin bisa saja diatasi oleh dirinya demi mewujudkan keinginan dari sang pimpinan. Yang dia butuhkan saat ini adalah loyalitas dan rasa kebersamaan. Bisakah Code mewujudkan itu semua? Masih harus kita nantikan.

Kara Menjadi Divisi Riset Amado Sepenuhnya

Ketika Naruto dan yang lain kembali ke konoha, Amado nampaknya tidak terlalu menunjukan kegembiraanya. Bahkan, dia terlihat sedikit mencurigakan. Dengan semua orang yang saat ini lengah dan Konoha sedikit terdistraksi, amado mungkin bisa mengambil alih kara. Amado memiliki data intelejen mengenai siapa saja pasukan Kara yang tersisa,berapa jumlah subyek uji coba dan berbagai data operasi lainnya.

Shikamaru dan Boruto sendiri sebenarnya tidak pernah mempercayai amado sedari awal. Berpura-pura menjadi sosok yang setia, mungkin menjadi salah satu strategi Amado seperti yang dia lakukan sekarang. Amado berpotensi menjadikan Kara menjadi Akatsuki baru, apalagi saat ini Amado berada di wilayah Konoha yang artinya dia memiliki potensi untuk mencuri data-data rahasia Konoha.

Amado selalu terobsesi dengan ilmu pengetahuan, sehingga dia bisa saja merubah Kara menjadi sesuatu yang lebih progresif. iSshiki tidak akan pernah memberikan Amado kekuatannya, dan Amado yang selalu berusaha untuk membunuh kawaki memberikan sinyal keras bahwa sebenarnya Amado merupakan sosok yang patut untuk terus diwaspadai dan diawasi.

Aminoapps.com

Mengingat Kawaki masih hidup dan masih berpotensi untuk menjadi senjata pemusnah massal, serta Boruto yang memiliki Momoshiki di dalam tubuhnya, membuat Amado pasti akan membentuk sebuah tim reaksi cepat. Dia selalu merahasiakan semua rencananya, sehingga dia tidak bisa diprediksi. Lalu, bagaimana dengan kashin Koji?

Kashin Koji masih belum diketahui nasibnya, apakah dia masih hidup atau tidak. Dia sepertinya hanyalah seorang pasukan yang ingin sebuah kedamaian, dan setelah bertarung melawan Isshiki, dan bertahan hidup, Koji bisa membantu membentuk kembali Kara. Jika Kashin Koji berhasil bertahan hidup, dia bisa menjadi sosok terdepan yang menghadang langkah Code.

Mengingat Kashin Koji adalah kloning dari Jiraiya, dan Code berusaha untuk menjadikan Kara sebagai Akatsuki baru, rasanya masuk akal jika Kashin Koji kemudian menjadi lawan bagi Code. Kashin Koji mungkin bisa menjadi sekutu yang sebenarnya bagi Konoha, dan merubah Kara menjadi “organisasi hitam” Konoha yang akan melakukan “pekerjaan kotor” Konoha.

Menarik tentunya untuk melihat apa yang akan terjadi kepada Kara dan para anggota yang lain setelah Isshiki tiada. Apakah Kara akan menjadi Akatsuki yang baru? Apakah Kara akan menjadi sebuah organisasi yang berbeda dengan pemimpin yang baru? Siapa yang kemudian akan menjadi pengganti Isshiki? Kita tunggu saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.