Dalam episode kedelapan serial WandaVision, kita diperlihatkan dengan masa lalu Wanda yang sangat menyedihkan. Ia telah kehilangan banyak orang yang ia sayangi, mulai dari keluarganya, hingga kekasihnya, Vision. Semua itulah yang akhirnya membuat Wanda menciptakan realitas alternatif Westview. Dalam realitas tersebut, orang-orang yang Wanda cintai kembali hidup, seperti yang terjadi pada Vision. Namun karena tercipta di realitas ciptaan Wanda, Vision tidak dapat meninggalkan Westview.

Terungkap juga bahwa ternyata Wanda tidak mencuri tubuh Vision dari markas SWORD. Walau Wanda memang mendatangi fasilitas SWORD, dan melihat jasad Vision, tetapi Wanda tidak mampu melihat semua yang terjadi. Direktur SWORD, Hayward pun terlihat tengah membongkar Vision untuk menelitinya. Setelah kejadian tersebut, Wanda pun pergi dan melakukan perjalanannya ke Westview, di mana tempat tersebut merupakan tempat impian Wanda dan Vision semasa hidupnya.

Hiro Studios

Lantas yang menjadi pertanyaan, apa yang terjadi dengan jasad Vision? Dalam adegan post credit scene, ada kejutan yang terjadi di mana Vision dibangkitkan kembali. Namun, terlihat tubuh Vision berbeda dari Vision yang kita kenal selama ini. Direktur Hayward dan timnya tampak menggunakan kekuatan murni dari Hex untuk mengaktifkan mayat Vision. Tubuh Vision yang sekarang berwarna putih, dengan tatapan yang lebih tajam. Lantas siapakah sosok Vision tersebut?

Asal-usul White Vision di Komik

Dalam komik, Ultron sendiri dibuat oleh Ultron dengan menggunakan pola dari Simon Williams alias Wonder Man, untuk melawan Avengers. Namun rencana Ultron tersebut menjadi bumerang, dan Vision memilih berpihak pada Avengers dalam pertarungan melawan Ultron. Tubuh Vision di komik pun digambarkan memiliki warna merah, dan itulah versi yang diadaptasi di MCU.

image source: screenrant.com

Nah di komik, Vision pernah dibongkar dan dibangun kembali dalam bentuk baru yaitu White Vision. White Vision sendiri adalah sosok Vision yang tidak memiliki rasa emosional. White Vision sepenuhnya dapat dikendalikan dan tidak memiliki hati nuraninya sendiri. Dia secara teknis hidup, tetapi seperti layaknya komputer. Keterikatan emosionalnya pun hilang, dan White Vision tidak pernah ingat bahwa ia pernah jatuh cinta dengan Wanda atau tidak tahu artinya jatuh cinta.

Apa Rencana Hayward di WandaVision?

Sementara itu dalam serial WandaVision, masih belum diketahui apa rencana Hayward untuk White Vision. Berdasarkan apa yang diketahui tentang SWORD, ditambah dengan apa yang Hayward katakan sejauh ini, bisa jadi White Vision akan mereka persenjatai dan mereka kontrol. Di MCU phase 4, cerita akan berfokus tentang bagaimana pemerintah dan organisasi lain mengontrol Avengers dan superhero lainnya. Hal tersebut juga akan diceritakan dalam serial Falcon and Winter Soldier, di mana pemerintah Amerika menolak Sam untuk menjadi Captain America baru menggantikan Steve Rogers. Pemerintah malah menunjuk U.S. Agent untuk menjadi Captain America baru.

image source: thedirect.com

Jadi phase 4 MCU akan tetap menghadirkan Sokovia Accords, yang menjadi masalah serius di film Captain America: Civil War. Sokovia Accords sendiri sebenarnya masih ada hingga saat ini. Namun dalam film Avengers: Infinity War dan Avengers: Endgame, pemerintah dan para superhero mengesampingkan semua perbedaan pendapat tentang Sokovia Accords dan mereka bekerja sama untuk mengalahkan Thanos. Bisa jadi sosok villain di phase 4 nantinya datang dari pemerintah itu sendiri, yang masih mencoba untuk mengontrol para superhero di MCU. White Vision sepertinya akan menjadi versi jahat dari Vision, dan akan pemerintah dan SWORD gunakan untuk melawan superhero yang menentang kebijakan mereka. (Featured Image: Screenrant.com)

Hiro Studios

Restu is a general trouble maker of Greenscene.co.id, he's operate on movie review and original content with some reporting job. He think that he is Tony Stark, with semi-bald head.