Sebelumnya, banyak fans yang mengeluh tentang bagaimana Raid Suit memberi Sanji terlalu banyak kekuatan. Oda dianggap memberikan kekuatan “instant” untuk Sanji karena Sanji sebelumnya terlalu lemah. Namun dibalik itu semua, sepertinya Oda memiliki alasan mengapa ia selalu ingin memberikan senjata atau kekuatan kepada Sanji sejak awal. Bahkan sepertinya, Oda sudah berencana untuk memberikan Sanji senjata atau kekuatan yang tepat sebelum timeskip terjadi.

Hal tersebut memang terbukti. Pasalnya, setiap anggota Topi Jerami memiliki kemampuan atau senjata khusus yang didapat setelah mereka menjalani arc mereka sendiri. Misalnya Nami yang berhasil memiliki Clima Tact setelah memasuki arc Arlong Park, dan Usopp yang memiliki Kabuto setelah memasuki arc Enies Lobby. Sanji pun mengikuti pola serupa seperti Nami dan Usopp, di mana Sanji memiliki Raid Suit setelah ia memasuki arc Wano.

Hiro Studios

Sanji pun selalu mendapatkan peningkatan kekuatan setelah ia melawan musuh yang memiliki kemampuan bela diri hebat. Setiap menjalani pertarungan tersebut, Sanji selalui mengakui kehebatan teknik musuhnya. Itu adalah pola yang selalu ditunjukkan berkali-kali dan contoh pertamanya adalah saat Sanji berhadapan dengan Pearl. Pearl sendiri bisa membakar dirinya sendiri dengan menggosok perisainya. Setelah pertarungan Sanji dan Pearl usai, Sanji pun menirukan kehebatan Pearl, di mana Sanji dapat menggesekan kakinya ke tanah dan menciptakan panas api di kakinya, yang dapat melukai musuh-musuhnya. Teknik tersebut bernama Diable Jambe.

Dalam arc Arlong Park pun, pola tersebut juga terlihat. Saat Kuroobi dan Sanji melakukan pertarungan di bawah air, Sanji berhasil mendapatkan kemampuan Blue Walk, di mana dengan kemampuan tersebut, Sanji menjadi semakin cepat. Pola tersebut masih terus berlanjut, dan itu membuktikan bahwa apa yang diberikan Oda kepada Sanji bukanlah sesuatu yang instant. Itu berarti Oda sudah menyiapkan semuanya, bahkan sebelum arc Sabaody dimulai 13 tahun lalu. Tentunya dengan senjata dan kemampuan tersebut, Sanji dapat mengimbangi karakter hebat lainnya di Topi Jerami, seperti Zoro dan Luffy.

Hiro Studios

Writer for Greenscene.co.id, i'd love every genre of movies but specially, i'm nolan fans.