Haki memiliki kaitan dengan kekuatan yang ada dalam diri setiap orang dalam cerita One Piece. Hanya sedikit orang yang berhasil membangkitkan kemampuan haki dalam dirinya. Simpelnya, Haki membuat para penggunanya bisa mengendalikan semangat mereka untuk berbagai macam hal seperti merasakan energi orang lain, dan membentuknya sebagai pelindung atau armor.

Dua Haki yang paling umum digunakan dalam cerita adalah Observation Haki dan Armament Haki. Conqueror Haki merupakan tipe Haki yang paling langka, karena dari sekian banyak orang di dalam cerita One Piece hanya orang-orang tertentu – yang disebutkan memiliki kualitas seorang raja atau pemimpin – yang memiliki kemampuan tersebut.

Conqueror Haki memang tidak bisa digunakan sebagai senjata atau apapun, tapi dengan semangat yang luar biasa dari penggunanya dia bisa memanipulasi, mengintimidasi, dan membuat orang lain tunduk akan keinginan dari si pengguna. Mereka yang lemah atau tidak terbiasa dengan hawa semangat yang besar, akan jatuh pingsan dan tidak sadarkan diri.

12dimension.wordpress.com

Meskipun Conqueror Haki sangat jarang dimiliki, namun ada beberapa orang yang sudah diketahui memiliki kemampuan tersebut contohnya adalah Monkey D. Luffy, yang berasal dari kelompok bajak laut Topi Jerami. Sejauh ini, kelompok bajak laut Roger menjadi kelompok yang “terkonfirmasi” memiliki kru dengan kemampuan Conqueror Haki terbanyak. Selain Roger sendiri, Shanks, Rayleigh, dan Kozuki Oden pun memiliki kemampuannya.

Kelompok bajak laut legendaris, Rocks D. Xebec, diketahui memiliki tiga orang yang sudah “terkonfirmasi” memiliki kemampuan Conqueror Haki. Mereka adalah Charlotte Linlin alias Big Mom, Kaido, dan Whitebeard. Meskipun belum ada konfirmasi, namun bisa kita asumsikan bahwa Shiki dan juga Rocks memiliki kemampuan ini, sehingga total ada lima orang yang memiliki kemampuan tersebut di kelompok Rocks.

Jika sosok Douglas Bullet adalah karakter canon, maka kelompok Rocks dan Roger memiliki jumlah kru dengan pemilik Conqueror Haki yang sama yaitu lima orang. Diantara para Yonko, kelompok Big Mom memiliki dua orang pemilik kekuatan ini: Katakuri dan Big Mom sendiri. Di kelompok Whitebeard, ada Whitebeard sendiri, Kozuki Oden, dan juga Portgas D. Ace. Masih belum diketahui apakah Marco memiliki kemampuan ini.

Pinterest.com

Bagaimana dengan Yonko lainnya? Kelompok Shanks memang dikenal seluruh krunya memiliki kemampuan Haki, namun tidak diketahui apakah selain Shanks ada lagi kru yang memiliki Conqueror Haki. Sama halnya dengan kelompok Kaido, dimana sejauh ini hanya Kaido saja yang diketahui memiliki kemampuan tersebut. Sementara untuk Blackbeard masih belum diketahui apakah ada yang memiliki kemampuan tersebut.

Bagaimana dengan kelompok Luffy? Kelompok Topi Jerami sejauh ini baru memiliki satu orang pemilik kekuatan Conqueror Haki. Meskipun begitu, banyak rumor di kalangan para fans bahwa Zoro akan membangkitkan kemampuan Conqueror Haki miliknya, yang mana jika kemudian hal tersebut benar maka kelompok Topi Jerami akan memiliki dua orang kru yang memiliki kemampuan ini.

Kesimpulannya, kelompok Roger menjadi kelompok bajak laut yang memiliki kru dengan kemampuan Conqueror Haki terbanyak, yang kemudian disusul oleh kelompok Rocks. Para fans sendiri menantikan apakah Luffy akan “menyalip” kedua kelompok tersebut di kemudian hari. Kita nantikan saja ya Geeks apakah akan ada perubahan besar yang akan terjadi di kelompok Topi Jerami. (Featured Image: opfanpage.com)

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.