Buat Geeks penggemar franchise Naruto, pastinya sudah mengenal siapa sosok Minato Namikaze. Sang cahaya kuning dari Konoha ini merupakan seorang shinobi yang kuat, dan juga berbahaya. Bahkan, berkat kekuatan dan kemampuan yang dia miliki, Minato sangat ditakuti oleh shinobi dari desa lainnya. Menurut Jiraiya, dia merupakan Shinobi yang hanya muncul sekali dalam satu generasi.

Seperti yang kita ketahui, Minato Namikaze merupakan sosok ayah bagi Uzumaki Naruto dan juga kakek bagi Himawari dan Boruto. Selain menjadi ayah, Minato juga merupakan seorang Hokage, tepatnya dia merupakan Hokage keempat di Konoha. Minato dipilih menjadi Hokage setelah perang besar ninja ketiga. Kemampuan Minato dalam mengalahkan musuh diakui oleh para petinggi desa Konoha.

Mengingat kehebatan yang dia miliki, akhirnya Minato pun ditunjuk sebagai pemimpin baru Konoha. Sayangnya, Minato tidak lama menjabat sebagai Hokage sampai kemudian Obito melepaskan serangan Kurama ke Konoha yang kemudian membuat dia dan Kushina harus tewas. Namun, ada sebuah fakta menarik yang mungkin belum Geeks ketahui mengenai Hokage keempat.

http://animecomic111.blogspot.com/

Meskipun Minato yang pada akhirnya dipilih menjadi sosok Hokage, sebenarnya ada juga nama lain yang menjadi “kandidat” bagi Hokage keempat. Hal ini diketahui dari novel Itachi Shinden, dimana terdapat sebuah percakapan singkat antara Uchiha Yashiro dan Uchiha Fugaku, ayah dari Itachi dan juga Sasuke. Keduanya berbincang mengenai dipilihnya Minato sebagai Hokage keempat.

Dalam percakapan tersebut diketahui bahwa sebenarnya selain Minato ada juga kandidat lain yang bisa menjadi Hokage keempat, salah satunya adalah Fugaku. Fugaku saat itu memegang jabatan kepala shinobi militer Konoha, yang artinya dia mengendalikan para shinobi untuk menjaga Konoha. Yang menarik adalah menurut Yashiro tidak ada seorang pun yang merekomendasikan Fugaku dalam pemilihan Hokage tersebut.

Padahal, selain Minato, Fugaku juga bisa dibilang memiliki jabatan dan pantas untuk masuk kandidat Hokage bersamaan dengan Orochimaru – pada saat itu. Yashiro dan Fugaku sendiri tidak bisa menerima tentang hal ini. Yashiro kemudian sedikit membeberkan alasan mengapa Fugaku tidak memiliki kesempatan untuk menjadi Hokage. Salah satu faktornya adalah karena dia merupakan bagian dari klan Uchiha.

Comicvine.gamespot.com

Yashiro kemudian menjelaskan bahwa para petinggi desa Konoha memang sepertinya sengaja tidak ingin klan Uchiha menjadi perhatian publik. Mereka tidak pernah memberi tahu apa saja “jasa” yang dilakukan oleh Fugaku dan para klan Uchiha lainnya selama perang besar ninja. Mereka lebih senang memfokuskan perhatian pada Minato, Sannin, dan juga Kakashi – yang dianggap bukan bagian dari Uchiha meskipun memiliki Sharingan.

Namun, ketika yashiro hendak melanjutkan perbincangannya, Fugaku menyudahi hal tersebut dengan beralasan Itachi mendengarkan percakapan tersebut. Apa yang terjadi dalam novelnya memang menjadi fakta dalam versi canonnya. Seperti yang kita ketahui, klan Uchiha selalu dipojokan dan dijauhi oleh para penduduk Konoha dan juga petinggi Konoha.

Inilah yang kemudian membuat Fugaku dan klan Uchiha lainnya sempat merencanakan kudeta terhadap Hokage. Namun, rencana tersebut berhasil dihentikan dengan Itachi menghabisi semua anggota keluarganya. Selama ini, memang klan Uchiha tidak pernah diberikan kesempatan untuk muncul di depan penduduk Konoha atau mendapatkan kesempatan agar menjadi salah satu kandidat Hokage.

Mungkin, di masa yang akan datang, kita pada akhirnya akan melihat mimpi besar tersebut terwujud dengan dipilihnya Uchiha Sarada sebagai Hokage. Sarada banyak diprediksikan akan menjadi Hokage selanjutnya, di masa yang akan datang dengan sebuah catatan besar yaitu Konoha dan dunia shinobi masih ada. Seperti yang diperlihatkan di awal seri Boruto: Naruto Next Generation, dunia shinobi hancur oleh sosok Kawaki. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.