Seri manga Attack on Titan adalah seri yang dikenal tidak ragu untuk membunuh para karakter utamanya. Meskipun ada banyak dari mereka yang bertarung baik melawan musuh ataupun para Titan, dan memutuskan untuk terus bertahan hidup, ada juga sebagian dari mereka yang memutuskan untuk mengorbankan diri mereka sebagai salah satu pilihan yang mereka ambil.

Beberapa dari mereka mengorbankan diri mereka untuk seseorang yang sangat mereka pedulikan, sementara sebagian lainnya mengorbankan diri demi bisa mencapai tujuan awal mereka. Meskipun ada sebagian pengorbanan dianggap sia-sia, namun ada juga beberapa pengorbanan yang sangat berpengaruh terhadap semuanya. Apa saja?

Kematian Eren Krueger

Eren Krueger, atau yang biasa dikenal sebagai “The Owl,” merupakan salah satu perwira Marley yang membantu oran-orang yang ingin kembali membangun kerajaan Eldian, atau para Eldian Restorationist. Sayangnya, hal ini ilegal dan kemudian diketahui oleh pihak Marley. Mereka yang terlibat akhirnya diasingkan ke pulau Paradis dimana sebagian diantaranya berubah menjadi Titan.

Namun, Eren Krueger kemudian membelot terhadap pihak Marley dan kemudian mengungkapkan fakta sebenarnya bahwa dia adalah salah satu pewaris kekuatan Titan yaitu Attack Titan. Sebagai pemilik dari Attack Titan, Eren sudah bisa melihat ke masa depan. Dia kemudian memutuskan untuk mewariskan kekuatannya kepada Grisha dan memintanya untuk terus menyelesaikan misi ini. Dia berkorban demi sebagian besar para penduduk Paradis.

Kematian Erwin Smith

Sosok Erwin Smith begitu disanjung dan dipuja, bukan hanya oleh para anggota Survey Corps namun juga oleh para fans Attack on Titan. Erwin dianggap sebagai salah satu komandan terbaik dan juga pemimpin yang hebat dengan berbagai keputusannya. Dan salah satu hal yang juga dipuji dan dipuja adalah bagaimana pengorbanannya demi masa depan.

CBR.com

Ketika Pasukan Survey bertarung melawan Beast Titan, banyak dari mereka yang terluka dan harus tewas demi melindungi Paradis. Zeke melemparkan banyak bebatuan ke arah mereka. Floch menemukan Erwin dalam kondisi sekarat sementara Armin mengalami luka bakar hebat. Levi hanya bisa memilih salah satu dari mereka, yang mana Erwin memutuskan untuk mengorbankan dirinya dan memilih Armin untuk diselamatkan. Dan pengorbanan yang dia lakukan bisa dilihat hasilnya di chapter terbaru manganya.

Kematian Hange Zoe

Aminoapps.com

Selain Erwin, salah satu komandan yang juga memiliki kematian yang berarti adalah Hange Zoe. Hange merupakan pemimpin Survey Corps yang ditunjuk setelah Erwin. Hange kemudian memutuskan untuk mengorbankan dirinya demi bertarung melawan para Titan pada saat momen Rumbling. Hal itu dia lakukan agar para pasukan aliansi bisa menyelesaikan misi mereka. Jika hal tersebut tidak dilakukan, kemungkinan besar mereka semua yang akan mati akibat Rumbling.

Kematian Keith Shadis

Keith merupakan pemimpin pasukan Survey Corps, sebelum Erwin menduduki jabatan tersebut. Setelah dia memutuskan pensiun dari salah satu cabang militer tersebut, dia kemudian memutuskan untuk menjadi kepala instruktur bagi para pasukan 104th Cadet Corps. Keith merupakan pelatih bagi para karakter utama yang muncul saat ini.

Cultture.com

Ketika Eren memulai peristiwa Rumbling dan juga para Yeagerist mengambil alih situasi, Keith menyadari bagaimana dunia sudah banyak berubah dan dia sangat ingin membantu murid-murid yan gsangat dia pedulikan. Untuk melakukannya, dia kemudian bertarung melawan para Yeagerist dan mencegah mereka untuk menyentuh Hange, Armin, Reiner, Annie, dan yang lain. Keith mengorbankan dirinya bersama Theo Magath, yang juga merupakan instruktur bagi para pasukan Warrior.

Kematian Carla Yeager

Di awal seri Attack on Titan, Colossal Titan membuat para penduduk di distrik Shiganshina harus merasakan kengerian untuk pertama kalinya ketika mereka diserangan oleh para Titan. Pasalnya, akibat serangan tersebut tembok yang menjadi pelindung mereka harus rusak dan hancur. Serpihan dari tembok tersebut membuat rumah dari Yeager harus hancur.

Youtube.com

Carla, ibu dari Eren, berada di dalam rumah saat itu. Ketika Eren dan Mikasa berusaha untuk menyelamatkannya, Hannes kemudian muncul dan Carla memintanya untuk membawa keduanya. Hannes melakukan hal tersebut, yang mana membuat Carla akhirnya harus tewas akibat dimakan oleh “Smiling Titan.” Karena pengorbanan Carla, kedua anaknya selamat, dan bahkan sekarang menajdi dua karakter paling hebat di sepanjang serinyanya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.