Ketika berbicara mengenai bajak laut, One Piece mungkin adalah sebuah seri yang banyak mengangkat sejarah tentang bajak laut mulau dari deskripsi tentang bajak laut, berbagai “warisan” mereka, dan mencoba membangkitkan kembali masa dimana bajak laut ada hal yang umum dan lumrah di masa tersebut. Meskipun begitu, stereotip mengenai penampilan bajak laut tidak diperlihatkan di seri One Piece.

Eiichiro Oda, selaku kreator serinya, memang banyak menghadirkan karakter yang banyak terinspirasi dari sosok bajak laut di dunia nyata. Dan Oda Sensei sendiri mencoba memberikan atensi lebih tentang bagaimana mereka berpakaian di dalam ceritanya, mulai dari eksesoris sampai ke hal lainnya, agar karakternya benar-benar terasa “hidup.” Seberapa besar detail tersebut dan apa artinya?

Hiro Studios

Fashion atau gaya berpakaian adalah sesuatu yang tidak terlalu kaku dalam cerita One Piece. Semuanya akan berubah tergantung arc yang sedang dijalani, misalnya di arc Wanokuni seperti sekarang. Atau juga perubahan gaya pakaian diberikan sebagai tanda perbedaan waktu atau masa yang dilewati, misalnya pakaian Luffy yang sedikit berubah setelah time-skip selama dua tahun.

History.com

Hal ini berbeda dengan seri Shonen yang lain, dimana biasanya mereka jarang sekali berganti kostum atau pakaian yang digunakan. Oda Sensei juga tidak lupa menghadirkan “ciri khas” dari bajak laut dalam karakternya, seperti tangan kait, kaki kayu, jubah panjang khas abad ke 18, dan penutup mata. Misalnya di sosok Zeff atau Crocodile, yang terkenal akan tangan kaitnya.

Oda mencoba menghadirkan semua ciri khas dari bajak laut tersebut tidak di satu karakter, melainkan di berbagai karakter. Ini merupakan sebuah strategi yang sangat baik dan cerdas. Hal ini tidak akan membuat ceritanya berfokus pada satu karakter saja. Namun, Oda tidak seluruhnya menghadirkan gaya berpakaian bajak laut. Dia juga memadukannya dengan gaya berpakaian lain.

Zedge.net

Misalnya untuk Crocodile, Oda memadukannya dengan jubah panjang berbulu, rambut disisir rapih ke belakang, dan juga merokok cerutu. Crocodile mungkin terlihat lebih seperti bos mafia dibandingkan bajak laut, kecuali untuk kaitan berwarna emasnya. Buat Geeks yang sudah sejak lama mengikuti cerita One Piece, tentunya menyadari bahwa tidak ada yang memakai penutup mata di karakter yang muncul di ceritanya.

Hal itu sepertinya memang sengaja dilakukan oleh Oda Sensei. Pada 2007, dalam perayaan 10 tahun One Piece, Oda pernah menuliskan sebuah pesan yang isinya menyebutkan bahwa dia ingin membangun citra bajak laut yang bisa diterima oleh semua orang. Bukan berarti dia membenci penutup mata, yang sudah menjadi ciri khas bajak laut.

Dalam pesannya juga Oda menyampaikan bahwa ada kemungkinan bahwa di akhir ceritanya nanti, akan muncul sosok bajak laut yang mengenakan penutup mata. Kira-kira siapa sosok karakter tersebut? apakah sosok karakter yang sudah diperkenalkan sebelumnya? Atau sosok yang dimaksud adalah sosok Joy Boy? Atau ada karakter baru yang diperkenalkan? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks! (Featured Image: Pinterest.com)

Hiro Studios