Karakter Agatha Harkness di serial WandaVision diketahui memiliki kendali sihir yang besar, terutama atas dark magic. Lantas, kita juga mengetahui bahwa Agatha pernah dihukum oleh penyihir Salem. Lalu, apa artinya semua itu? Sekarang sangat jelas bahwa hubungan Agatha yang tampaknya bersahabat dengan Wanda adalah sebuah kebohongan, dan ia mengatur banyak kejadian aneh di kota Westview. Tetapi masih banyak misteri tentang karakter Agatha Harkness sendiri.

Meskipun Agatha Harkness menjadi villain dalam serial WandaVision, tetapi kekuatannya masih belum sempurna. Harkness jelas-jelas ingin menggunakan Wanda untuk mempelajari bagaimana cara membuat realitas alternatif Westview. Hal itu Harkness lakukan sepertinya untuk menambahkan kekuatannya sendiri. Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana Agatha memperoleh dan melatih kekuatan sihir hitamnya? Di episode kedelapan, kita diperlihatkan saat Agatha Harkness dihukum karena mempraktikkan dark magic, dan inilah penjelasannya Geeks!

Hiro Studios

Dark Magic

Alasan utama Agatha Harkness dihadirkan sebagai antagonis utama di WandaVision adalah ia merupakan seorang penyihir yang terlatih. Agatha terlihat sangat menguasai teori-teori mengenai kekuatan sihir. Setelah mempelajari ilmu sihir selama bertahun-tahun, kemampuan Agatha untuk mengendalikan sihir sangatlah hebat. Di WandaVision, kemampuan sihir Agatha juga diperlihatkan secara gamblang. Agatha mampu terbang, mengendalikan pikiran, dan yang paling mengerikan adalah menyerap sihir seseorang hingga akhirnya mereka mati.

image source: polygon.com

Agatha pun terlihat mampu merubah hal yang terjadi di realitas alternatif Westview, yang tidak disadari oleh Wanda. Menariknya, Agatha juga mampu menghilangkan kemampuan sihir Wanda di ruang bawah tanahnya, dengan menempatkan rune pelindung disekitar ruangan, sehingga hanya ialah yang mampu menggunakan sihir di tempat tersebut. Batas kemampuan Agatha pun sepertinya belum diperlihatkan dalam serial WandaVision, karena di menit-menit terakhir, dia bisa memanipulasi energi sihir untuk membuat Billy dan Tommy terkekang. Kemungkinan besar dark magic milik Agatha jauh melampaui sihir Wanda.

Asal-usul Salem

Di Episode 8, kita diperlihatkan saat Agatha diadili oleh sesama penyihir lainnya karena berlatih dark magic. Agatha terlihat terikat di tiang untuk diadili. Juga disebutkan bahwa ada persidangan penyihir Salem yang terjadi untuk membahas kejahatan yang dilakukan Agatha. Sebenarnya dalam komik, persidangan penyihir Salem dimaksudkan untuk mengetahui apakah seseorang adalah penyihir atau bukan, tetapi di WandaVision, persidangan tersebut digunakan oleh penyihir untuk membahas kejahatan seseorang.

image source: screenrant.com

Dalam komik, Agatha juga dijebloskan ke pengadilan penyihir Salem, meskipun dengan cara yang lebih kejam dari serialnya. Dalam komik, Agatha membunuh rekan-rekannya, dan percaya bahwa apa yang ia lakukan adalah seleksi alam, dan ia membiarkan para penyihir lemah dibunuh untuk memastikan bahwa komunitas penyihir tubuh lebih kuat lagi. Tentu saja apa yang Agatha lakukan tidaklah benar, sehingga Agatha diadili di New Salem selama bertahu-tahun.

Sejauh ini, sepertinya MCU akan mengubah sedikit cerita tentang Agatha dan persidangan penyihir Salem. Jika di komik Agatha adalah pengasuh di keluarga Reeds Richard, maka itu tidak mungkin terjadi di MCU karena Reed Richards belum diperkenalkan di MCU. Jadi sepertinya Agatha berada di realitas Wanda untuk bersembunyi dari siapapun yang berusaha menangkapnya. Dari apa yang diperlihatkan, Agatha di serial WandaVision sepertinya akan mirip dengan yang di komik, di mana Agatha adalah sosok yang haus kekuasaan dan bersedia melakukan apa saja untuk terus mengembangkan kemampuannya. (Featured Image: dkoding.in)

Hiro Studios

Restu is a general trouble maker of Greenscene.co.id, he's operate on movie review and original content with some reporting job. He think that he is Tony Stark, with semi-bald head.