Rasanya para fans dari franchise Naruto sudah mengenal klan Otsutsuki. Klan alien ini diperkenalkan di seri Naruto Shippuden, dan bahkan di akhir serinya kita juga melihat salah satu anggota klan Otsutsuki menjadi villain terakhir yang dihadapi oleh para shinobi di seluruh dunia. Klan Otsutsuki semakin populer dengan kemunculannya di film layar lebar dan sekuelnya, Boruto: Naruto Next Generation.

Di seri Boruto kita bahkan lebih banyak diperkenalkan dengan berbagai Otsutsuki lainnya, seperti Momoshiki dan yang paling baru adalah Isshiki Otsutsuki. Berbicara mengenai Isshiki Otsutsuki, dia sempat menjadi lawan berat yang harus dihadapi oleh Sasuke, Naruto, dan Kawaki. Dia adalah sosok dewa yang kekuatannya bahkan diketahui lebih unggul dari Kaguya Otsutsuki.

Ada beberapa hal yang menjadi ciri khas dari klan Otsutsuki, pertama adalah kemampuannya untuk bereinkarnasi. Mereka mampu hidup abadi dengan cara bereinkarnasi di tubuh orang lain yang memang sudah dipersiapkan sebelumnya. Namun, sebelum melakukan hal itu seorang Otsutsuki harus menyimpan dahulu “data-data” mereka melalui Karma.

mangaread.org

Inilah yang kemudian terjadi pada Kawaki dan Boruto, dimana mereka menjadi wadah bagi Isshiki dan juga Momoshiki – meskipun Isshiki pada akhirnya harus tewas. Dan yang menjadi ciri khas dari klan Otsutsuki lainnya adalah kemampuan yang sangat luar biasa. Geeks semua mungkin menyadari betapa kuatnya seorang Otsutsuki dengan kemampuannya tersebut.

Berdasarkan apa yang sudah dijelaskan sejauh ini, sumber kekuatan tersebut berasal dari buah chakra. Buah chakra sendiri adalah buah yang dihasilkan dari pohon suci, pohon yang menyerap seluruh chakra kehidupan dari sebuah planet. Buah chakra itu memberikan tambahan tenaga dan kekuatan kepada para Otsutsuki, dengan “bayarannya” adalah planet tersebut hancur.

Namun, di chapter 55 kemarin ada sebuah detail menarik yang dijelaskan oleh Isshiki mengenai buah chakra ini. Dalam chapternya diperlihatkan jiwa dari Isshiki berbicara kepada Code, yang sedang menjaga monster ekor sepuluh. Karena sudah tewas, Isshiki memilih Code untuk menjadi “penerusnya.” Tapi, Isshiki sadar bahwa Code bukanlah sosok yang sempurna.

Boruto Chapter 55 page 24
Mangafast.net

Karena itulah Isshiki kemudian meminta Code untuk mengkonsumsi buah chakra, dengan cara menangkap Kawaki dan Boruto yang akan dijadikan persembahan bagi pohon suci. Yang menarik adalah Isshiki meminta Code untuk tidak hanya sekali memakan buah chakranya. Setelah memakan buah chakra dari planet bumi, Isshiki meminta Code melakukannya lagi ke planet yang lain.

Terus menerus menghancurkan satu demi satu planet yang ada di alam raya ini. Isshiki meminta Code meningkatkan kekuatan dan dirinya untuk menjadi Otsutsuki yang baru. Detail menarik disini adalah Isshiki mengatakan bahwa butuh cara berkelanjutan atau terus menerus untuk bisa menjadi seorang dewa, seseorang yang sangat luar biasa, tidak ada tandingannya.

Hal ini memberikan petunjuk bahwa untuk menjadi seorang dewa, tidak bisa seorang Otsutsuki hanya memakan satu buah chakra saja. Memang buah chakra tersebut mampu membuat seseorang bisa meningkatkan kemampuan dan kekuatan berkali-kali lipat. Namun, untuk bisa mencapai level dewa, butuh lebih dari sekedar satu buah chakra saja.

Isshiki mengisyarakatkan bahwa Code harus terus mengkonsumsi buah chakra agar bisa mencapai tahapan tersebut. Dan dengan cara begitu dia akan menjadi sosok Otsutsuki yang baru, seorang dewa yang sangat kuat. Apakah Code akan mampu menjalankan tugas yang diberikan Otsutsuki? Apajah Code akan mampu menghasilkan buah chakra dari planet bumi? Kita nantikan saja kelanjutannya di chapter yang akan datang ya Geeks!

Featured image: naruto.fandom.com