Semenjak Akira Toriyama memulai franchise Dragon Ball pada 1984 silam, bola naga atau Dragon ball sudah menjadi benda yang sangat penting di seluruh alam raya Dragon Ball. Goku dan para Z-Fighters rela mempertaruhkan nyawa mereka demi mendapatkan bola naga tersebut, yang mana jika dikumpulkan akan mampu mengabulkan berbagai keinginan, seperti membangkitkan kembali teman mereka yang tewas akibat serangan villain.

Selama ini, dalam cerita canonnya, para Z-Fighters sudah menggunakan tiga bola naga berbeda: bola naga yang berasal dari bumi, bola naga dari planet Namek, dan bola naga super (Super Dragon Balls. Dan yang menarik, chapter terbaru dari Dragon Ball Super memperkenalkan kita terhadap bola naga jenis baru. Setelah mengetahui bahwa Freeza kembali hidup, Granolah kemudian kembali ke planet asalnya.

Hiro Studios

Setelah planetnya hancur – Cereal – planet tersebut kemudian dibangun kembali oleh ras Sugarians. Namun, Granolah memilih untuk tidak tinggal bersama mereka, dan memilih untuk tinggal di atas bukit. Granolah tidak tinggal sendiri, dia tinggal bersama seorang Namek yang sudah tua bernama Monaito. Di chapter 59 kemarin, diketahui bahwa dulu bangsa Namek pernah tinggal di planet Cerelians sebelum Freeza muncul dan menghancurkan mereka.

CBR.com

Granolah kemudian membicarakan kembalinya Freeza kepada Monaito. Namun, Monaito segera memperingatkan Granolah agar dia tidak berusaha untuk melawannya, karena dia tahu Granolah tidak cukup kuat untuk menghadapi Freeza. Granolah kemudian melihat ke arah bola naga kecil dengan satu bintang di tengahnya, dan Monaito sendiri kembali memperingatkan agar tidak menggunakan bola naga tersebut untuk balas dendam.

Menurut penjelasan Monaito, bola naga tersebut sebenarnya dibuat bukan untuk memenuhi keinginan pribadi melainkan hadiah yang diberikan kepada para pejuang yang mencari benda tersebut di masa-masa sulit. Pada awalnya, Granolah setuju untuk tidak menggunakan bola naga sebagai caranya untuk membalas dendam kepada Freeza, namun pikirannya kemudian berubah.

Granolah melihat berita seorang anak kecil menemukan bola naga lainnya, dengan dua bintang. Granolah kemudian mencuri bola naga tersebut dan memadukannya dengan bola naga pertama. Dengan hanya menggunakan dua bola naga, Granolah memunculkan seekor naga dan membuat satu keinginan. Keinginannya sendiri adalah menjadi petarung terhebat di alam raya tersebut, tapi masih belum diketahui apakah keinginan tersebut dikabulkan atau tidak.

Mangaread.org

Yang menjadi perhatian adalah bagaimana Granolah mampu membangkitkan sang naga dan mendapatkan keinginan mereka. Geeks semua mungkin tahu bahwa biasanya untuk mewujudkan keinginan, seseorang harus mengumpulkan tujuh bola naga sebelum kemudian sosok naga Shen Long muncul dan mewujudkan keinginan mereka yang menemukannya.

Namun, bola naga dari planet Cerelians ini cukup unik. Ukuran mereka jauh lebih kecil bahkan dari ukuran bola naga versi bumi. Ukurannya hanya sebesar jari, dan bisa dipegang dengan hanya dua jari. Dan yang juga tidak kalah menarik adalah dengan hanya mengumpulkan dua bola naga saja maka, sosok misterius seekor naga bernama Toronbo pun muncul untuk mewujudkan keinginan mereka.

Sampai saat ini memang masih belum ada penjelasan apapun mengenai hal ini, dan masih belum diketahui juga bagaimana kekuatan dari bola naga versi Cerelians. Namun, dengan peringatan yang diberikan oleh Monaito kepada Granolah tentang efek yang ditimbulkan, rasanya hal itu bisa menjadi petunjuk bahwa kekuatan dari bola naga planet Cerelians sama kuatnya dengan bola nagaversi Namek ataupun bumi.

Featured image: newsy-today.com

Hiro Studios