Bagi seorang Saiyan, bertransformasi menjadi Super Saiyan merupakan sebuah hal yang tidak mustahil terjadi. Super Saiyan merupakan puncak kekuatan dari seorang Saiyan, dimana mereka akan mengerahkan seluruh kemampuannya untuk bisa berubah menjadi jauh lebih kuat dan akan membantu mereka mengalahkan musuh terkuat mereka. Dalam franchise Dragon Ball sendiri, Super Saiyan pertama kali muncul ketika Goku menyaksikan Krillin tewas di tangan Frieza.

Sejak saat itu, banyak dari karakter Saiyan yang kemudian memperlihatkan kemampuannya untuk mendapatkan form Super Saiyan. Selama kemunculan Dragon Ball, berbagai form Super Saiyan yang berbeda berhasil diperlihatkan oleh Goku dan para Z-Fighters. Setiap transformasi memiliki penampilan yang menarik. Namun, ada juga beberapa transformasi Super Saiyan yang sangat dinantikan oleh para fans. Apa saja?

Hiro Studios

Super Saiyan 3 Gohan

Salah satu transformasi paling aneh yang diperkenalkan di seri Dragon Ball Z adalah form Mystic yang dilakukan oleh Gohan setelah Elder Kai membangkitkan kemampuan dalam dirinya. Meskipun Gohan menghadirkan sebuah aura yang luar biasa dan kemampuan fisiknya meningkat setara dengan Super Saiyan 3, penampilan fisik Gohan khususnya bagian rambut tidak berubah sama sekali.

Kingofanime.com

Warnanya masih tetap hitam, dibandingkan berwarna emas seperti halnya transformasi Super Saiyan. Dragon Ball Super kemudian menghadirkan informasi bahwa dia masih bisa berubah menjadi Super Saiyan dan Super Saiyan 2 tapi transformasi terkuatnya adalah Mystic Saiyan. Dengan menggunakan Mystic Saiyan, Gohan mampu menandingi kekuatan Super Saiyan Blue milik sang ayah.

Berdasarkan hal tersebut banyak para fans yang menyakini bahwa Gohan mampu untuk bertransformasi ke Super Saiyan 3. Namun, jika kemudian hal tersebut dilakukan maka kemampuan Gohan akan sedikit berkurang. Meskipun begitu, tentu akan menarik jika Gohan akan mampu mengakses transformasi tersebut terlepas dari banyaknya energi yang harus dia keluarkan.

Golden Cell

Sebagai makhluk ciptaan yang dibuat dari DNA para petarung terbaik di alam raya, Cell mampu melakukan berbagai tindakan yang luar biasa. Dia juga bahkan mampu melakukan transformasi seperti halnya para Saiyan, karena memang terdapat unsur genetik Saiyan di dalam tubuhnya. Hal ini dibuktikan dengan Cell yang mengakses Super Saiyan 2 saat kembali bertarung melawan Gohan.

CBR.com

Namun, kemampuan rahasia dari Cell sendiri muncul setelah dia berlatih bersama Frieza. Kembali berlatih setelah dia dibangkitkan di awal Dragon Ball Super, dan Frieza kemudian berhasil mendapatkan transformasi baru yang membuatnya jauh lebih kuat dibandingkan sebelumnya yaitu Golden Frieza. Hal ini yang kemudian membuat para fans sangat ingin melihat Cell juga mengakses kekuatan yang sama dengan Frieza. Pasalnya jika Cell bisa menjadi kuat dan memilih untuk menggunakan DNA Frieza di dalam dtubuhnya, peluang untuk berubah menjadi Golden Cell tentunya terbuka lebar.

Super Saiyan Blue 2

Meskipun transformasi Super Saiyan God jauh lebih kuat dibandingkan Super Saiyan 3, Goku dan Vegeta kemudian mengembangkan sebuah transformasi baru setelah mereka berlatih dibawah pengawasan Whis dan Beerus dalam cerita Dragon Ball Super, yaitu Super Saiyan Blue. Transformasi ini digambarkan sebagai kombinasi kekuatan antara Super Saiyan dan juga energi dari Super Saiyan God. Hasilnya adalah sebuah transformasi yang luar biasa.

Cultture.com

Berdasarkan hal tersebut, para fans sendiri sebenarnya penasaran bagaimana jadinya jika mereka mengalirkan Super Saiyan 2 ke Super Saiyan Blue. Mereka meyakini bahwa transformasi baru, yaitu Super Saiyan Blue 2, mungkin akan terwujud dan bisa dipraktikan oleh Goku dan Vegeta. Dan tentunya daya hancur dari teknik ini pun jauh lebih kuat dari biasanya.

Super Saiyan Blue Trunks

Dalam series Super Dragon Ball Heroes dijelaskan bahwa versi alternatif dari Future Trunks yang bekerja sama dengan Time Patrol memiliki kemampuan istimewa, yaitu dia mampu bertransformasi menjadi seorang Super Saiyan God. Hal tersebut tentunya membuat Time Patrol Trunks menjadi jauh lebih hebat lagi dalam hal kekuatan yang dia miliki.

Twitter.com

Future Trunks sendiri merupakan karakter kedua dari seluruh franchise Dragon Ball yang mampu bertransformasi menjadi seorang Super Saiyan, membuat seluruh para Z-Fighters terkejut dengan kemunculannya. Berdasarkan hal tersebut para fans meyakini bahwa Time Patrol Trunks bisa bertransformasi menjadi Super Saiyan Blue setelah dia berhasil menguasai transformasi Super Saiyan God. Dengan seri Dragon Ball Super mengkonfirmasi bahwa Future Trunks bisa bertransformasi ke Super Saiyan 2, artinya secara teori Time Patrol Trunks bisa berubah menjadi Super Saiyan Blue 2.

Ultra Instict Gogeta

Gogeta adalah salah satu petarung terkuat di seluruh seri Dragon Ball, yang mana kemunculannya akhirnya menjadi canon setelah muncul di film Dragon Ball Super: Broly. Sebelumnya sosok Gogeta memang sudah ada di franchisenya, namun belum menjadi bagian dari cerita canon. Gogeta sendiri hadir melalui Fusion Dance yang dilakukan oleh Goku dan Vegeta.

Eurogamer.es

Keduanya berhasil menguasai transformasi Super Saiyan Blue, namun hanya Goku yang berhasil menguasai teknik Ultra Instinct. Vegeta sendiri diketahui tidak bisa mengakses kemampuan tersebut, karena menurut Whis Vegeta terlalu emosional dan arogan. Namun, dengan Gogeta adalah gabungan antara Goku dan Vegeta, serta Goku memiliki kekuatan yang mendominasi, secara teori maka Gogeta bisa saja mengakses kekuatan penuh dari Goku. Dan dengan begitu, Gogeta akan mampu mengakses Ultra Instinct.

Featured image: gamerevolution.com

Hiro Studios