Kru bajak laut utama dalam cerita One Piece, kelompok Topi Jerami, sudah menghadirkan berbagai cerita menarik dalam seri One Piece sejak pertama mereka muncul. Hubungan diantara mereka membuat para fans ikut merasakan apa yang mereka rasakan. Tidak banyak sekelompok karakter dari sebuah seri manga/anime mampu memberikan pengaruh terhadap para fans mereka.

Jika berbicara mengenai kemampuan diantara mereka, tentu kita mengenal trio monster yang menjadi andalan dari kelompok ini. Mereka adalah Monkey D. Luffy, Sanji Vinsmoke, dan Roronoa Zoro. Namun, bagaimana jika masalah kecerdasan. Siapa diantara mereka yang menjadi pemenanganya? Berikut adalah karakter paling cerdas di kelompok Topi Jerami.

Hiro Studios

Monkey D. Luffy

Rasanya Geeks semua setuju bila Luffy berada di peringkat paling akhir dalam masalah kecerdasan. Luffy sering kali dianggap bodoh bukan hanya oleh orang lain, namun juga para krunya. Sanji, Zoro, Nami pernah mengatai Luffy sebagai sosok yang bodoh. Luffy tidak mengenal nafsu cinta atau apapun. Yang ada dalam pikirannya hanyalah daging dan mimpinya sebagai raja bajak laut.

Image result for monkey d luffy seriousSebenarnya masih menjadi pertanyaan juga apakah Luffy memang benar-benar bodoh atau merupakan sosok orang yang tidak peduli terhadap hal lainnya atau hal yang tidak dia sukai. Dibalik semua itu, Luffy adalah sosok yang diandalkan dengan kekutannya. Dia adalah sosok yang memiliki determinasi tinggi dalam segala hal.

Roronoa Zoro

Sama halnya seperti Luffy, Geeks juga mungkin setuju bahwa Zoro adalah sosok yang kurang begitu menonjol dalam hal kecerdasan. Hal ini dibuktikan dengan bagaimana orang-orang khawatir terhadap Zoro yang sangat buta terhadap arah. Zoro sering kali hilang karena tidak tahu arah. Zoro sendiri memiliki pemikiran yang sama seperti Luffy, yang membedakan adalah Zoro tidak memikirkan daging tapi kekuatan.

CBR.com

Bagi Zoro, kekuatan otot lebih penting. Dia ingin membuktikan bahwa dialah ahli pedang terbaik di dunia. Karena itu, Zoro bukanlah sosok yang pemikir atau bukanlah seseorang yang bisa diandalkan dalam merencanakan sesuatu. Zoro lebih memilih untuk bertindak dibandingkan berpikir. Meskipun begitu, Zoro juga adalah salah satu sosok yang diandalkan dalam masalah kekuatan.

Sanji Vinsmoke

Sanji Vinsmoke mungkin adalah kru Topi Jerami yang kecerdasannya berada di level rata-rata. Namun, untuk masalah kreatifitas, rasanya Sanji tidak ada duanya. Dia adalah koki andalan dari kelompok Topi Jerami yang bisa memasak segala jenis masakan. Dia juga bahkan bisa menirukan rasa dari berbagai masakan yang baru saja dia cicipi, meskipun hanya sekali.

Myanimelist.com

Selain memasak, kelebihan dari Sanji sendiri adalah kemampuan Observation hakinya yang luar biasa. Kemampuan ini bahkan jauh melebihi kemampuan Observation Haki milik Luffy. Berkat latihan selama dua tahun di Kamabakka Kingdom, Sanji sudah mempelajari 99 resep masakan rahasia yang bisa dia gunakan sewaktu-waktu.

Usopp

Usopp mungkin adalah sosok yang tidak begitu unggul dalam hal kekuatan. Bisa dibilang dia adalah trio lemah dari kelompok Topi Jerami selain Nami dan Chopper. Namun, dibalik itu semua, Usopp memiliki kecerdasan yang lumayan. Dia memiliki kecerdasan dalam menghadapi musuh, misalnya mengalahkan Perona dengan menggunakan trik palu 100ton yang berisi kecoa.

Comicbook.com

Usopp sangat ahli dalam trik dan tipuan, karena itulah dia sering diandalkan. Berbagai sumber daya dan peralatan yang dia gunakan juga terkadang bisa sangat membantu kelompok Topi Jerami dalam menjalani berbagai rintangan. Bukti kecerdasan dari Usopp lainnya adalah hobinya, yaitu memperbaiki berbagai peralatan atau menciptakan sebuah alat baru.

Brook

Sama halnya seperti Usopp, Brook merupakan salah satu kru yang cukup menonjol dalam hal kecerdasan. Namun, kecerdasan yang dimaksud adalah kecerdasan dalam memainkan beragam instrumen musik. Kemampuan musik ini terbukti penting bagi kelompok bajak lautnya dulu, yaitu Rumbar, ataupun kelompok bajak lautnya yang sekarang.

duniagames.co.id

Namun, kecerdasan dari Brook sendiri bukan hanya dalam bidang musik saja. Dia juga ahli dalam berpedang, seperti halnya Zoro. Hal ini diperlihatkan di arc Whole Cake Island, dimana Brook cukup berani dan bisa memberikan perlawanan terhadap Big Mom. Sayangnya, dibalik semua kecerdasan tersebut Brook adalah sosok yang sangat mesum kepada wanita.

Tony Chopper

Mungkin Geeks heran mengapa Chopper berada di posisi yang cukup tinggi. Harus diakui bahwa Chopper adalah sosok yang cerdas, dengan segala pengetahuannya tentang dunia medis. Yang membuat Chopper istimewa adalah dia pada dasarnya adalah seekor rusa kutub, yang kemudian mendapatkan kemampuan berupa kecerdasan dan akal seperti halnya manusia. Dan hal tersebut dimaksimalkan oleh Chopper untuk mempelajari medis.

Comicbook.com

Hal ini tentunya harus mendapatkan apresiasi yang sangat tinggi, karena sering kali Chopper dianggap sebagai karakter yang underrated. Padahal, dengan segala perjuangannya selama ini, Chopper juga bisa dianggap sebagai salah satu kru yang berharga. Tanpa Chopper, Luffy mungkin sudah tewas akibat racun yang ditembakan oleh Babanuki di penjara Udon, dan juga para tahanan lainnya tidak akan pernah selamat.

Jinbei

Jinbei merupakan kru Topi Jerami terbaru yang bergabung di babak ketiga arc Wano. Sebenarnya Jinbei sendiri sudah menerima tawaran Luffy untuk bergabung sejak arc Whole Cake Island, namun dia memilih untuk menundanya terlebih dahulu dengan alasan ada yang harus dia kerjakan. Kecerdasan dari Jinbei memang bukanlah di bidang pengetahuan seperti halnya Franky atau Robin.

Piunikaweb.com

Kecerdasan Jinbei berada di kebijaksanaan dan juga pengalaman yang dia alami. Memang, dibandingkan Brook usia Brook jauh lebih tua dari Jinbei. Namun, Jinbei lebih banyak memiliki pengalaman. Dia pernah bergabung di berbagai kelompok bajak laut, yang membuatnya banyak memiliki pengetahuan tentang berbagai hal.

Nico Robin

Rasanya Geeks sudah mengetahui dan mengakui bahwa Nico Robin adalah sosok karakter yang sangat cerdas. Hal ini bisa dilihat dari kemampuannya mengetahui banyak sekali sejarah tentang dunia. Terlebih lagi dia adalah satu-satunya orang yang bisa membaca huruf di Poneglyph. Hal ini wajar mengingat sedari kecil dia sudah belajar banyak hal tentang dunia ini.

Pinterest.com

Ayah dan ibunya juga merupakan sosok yang cerdas. Robin sudah mempersiapkan diri sedari kecil untuk menjadi seorang arkeolog ahli dari Ohara dan juga sejarawan. Sayangna, Robin harus mengalami hal buruk disaat dia masih kecil. Seluruh pulau Ohara harus hancur dan penduduknya tewas, termasuk orang tuanya. Dia pun terpaksa harus kabur dan tumbuh menjadi buronan Pemerintah Dunia. Robin adalah kunci bagi Luffy untuk bisa mengetahui rahasia dunia ini.

Franky

Franky mungkin tidak terlihat sebagai sosok yang jenius dibalik tingkah gilanya, dan juga tingkah eksentriknya. Namun, dibalik itu semua Franky memiliki kecerdasan yang luar biasa. Memang bukan dalam hal sejarah seperti halnya Robin atau kemampuan untuk membaca Ponelgpyh. Namun, kecerdasan Franky ada dalah hal kemampuannya di bidang engineer atau keinsinyuran.

Comicbook.com

Franky yang membuat sendiri tubuhnya menjadi cyborg. Dia juga memiliki pengetahuan yang sangat luar dalam bidang kapal. Kecerdasan dari Franky bahkan dianggap sama seperti halnya Dr. Vegapunk, sosok paling cerdas dalam cerita One Piece. Hal ini bisa dilihat dari kemampuannya membangun dirinya sendiri dan mempersenjatai dirinya dengan berbagai hal seperti roket, laser, dan hal menakjubkan lainnya.

Nami

Mungkin sebagian Geeks beranggapan bahwa Nami bukanlah sosok cerdas. Apalagi jika dibandingkan dengan kecerdasan Nico Robin dan juga Franky. Tentunya akan sangat jauh berbeda. Namun, nami memiliki kecerdasan yang unik yaitu dalam hal pemetaan wilayah dan juga dalam hal navigasi. Hal ini bahkan diakui sendiri oleh sang kreator yaitu Eiichiro Oda.

CBR.com

Kecerdasan Nami dalam menentukan arah dan juga menentukan cuaca sering kali menjadi penyelamat bagi Luffy dan kru yang lain. Nami adalah sosok yang bertanggung jawab untuk membawa Luffy menuju pulau impiannya. Nami sendiri sudah bertekad untuk mewujudkan impian dari Luffy apapun resikonya. Dan kemampuan Nami sendiri sudah diakui oleh banyak orang.

Hiro Studios