Pasukan revolusi adalah salah satu kekuatan terbesar di One Piece, selain angkatan laut dan bajak laut. Karena menjadi kelompok yang tidak bisa diduga, pasukan revolusi sangat ditakuti oleh pemerintah dunia. Pasukan revolusi memiliki misi untuk membebaskan suatu wilayah atau negara dari penindasan yang dilakukan oleh pemerintah dunia. Oleh sebab itulah pemerintah dunia mengincar mereka. Pasukan revolusi dipimpin oleh karakter paling dicari yaitu Monkey D. Dragon, yang juga merupakan ayah Monkey D. Luffy. Nah berikut ini, ada beberapa fakta tersebunyi yang harus kalian tahu tentang pasukan revolusi. Apa saja? Simak di bawah ini Geeks.

Debut di One Piece

image source: cbr.com

Pasukan revolusi melakukan debut di One Piece dalam arc East Blue. Saat itu, pasukan revolusi belum secara gamblang diperlihatkan. Tetapi setelah arc Arlong Park, Pasukan revolusi akhirnya menunjukkan batang hidungnya. Anggota pasukan revolusi yang pertama kali muncul adalah pemimpin mereka yaitu Dragon. Pada saat itu, para penggemar masih belum mengetahui siapa sosok Dragon sebenarnya. Namun kemudian terungkap bahwa Dragon sebenarnya adalah ayah Luffy.

Hiro Studios

Markas

image source: aminoapps.com

Untuk menunjang pergerakan mereka, tentunya pasukan revolusi membutuhkan sebuah tempat untuk ditinggali, atau dijadikan markas. Nah, mereka sendiri tinggal di wilayah bernama Baltigo, yang sangat sulit dilacak keberadaannya. Tapi walau sulit dilacak, markas pasukan revolusi di Baltigo hancur setelah Burgess membocorkan keberadaannya kepada Blackbeard. Setelah hancur, pasukan revolusi menempati markas baru yang berada di pulau Momoiro. Namun, masih belum diketahui apakah tempat tersebut menjadi markas permanen atau tidak.

Kendaraan

image source: beritaanime.space

Karena menjadi pasukan yang sering bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya, maka mereka membutuhkan sebuah kendaraan. Nah pasukan revolusi sebenarnya memiliki sebuah kapal yang dijadikan kendaraan utama. Kapal tersebut bernama Wind Granma dan dimiliki oleh pemimpin mereka yaitu Dragon. Kapalnya juga memiliki ukiran kepala naga dan tubuh naga disampingnya. Mungkin ukiran naga tersebut terkait dengan pemilik kapalnya yang bernama Dragon. Tapi selain kapal Wind Granma, pasukan revolusi juga menggunakan kapal-kapal lain yang skalanya lebih kecil.

Senjata

image source: zerochan.net

Ketika pasukan revolusi menjadi semakin besar dan ditakuti oleh pemerintah dunia, tentunya mereka membutuhkan senjata untuk mempertahankan diri. Nah dalam arc Dressrossa, para pembaca diperlihatkan bahwa pasukan revolusi mendapatkan senjata dari sisa-sisa kekalahan Doflamingo di tangan Luffy. Pasukan revolusi membawa seluruh stok persenjataan Doflamingo dan kembali ke Baltigo (sebelum hancur). Bisa jadi senjata-senjata tersebut berhasil diselamatkan ketika Blackbeard menghancurkan Baltigo dan pasukan revolusi berhasil memindahkan senjata-senjatanya ke Momoiro.

Kekuatan

image source: pinterest.com

Setelah berhasil menumbangkan kerajaan, serta mengalahkan pasukan lain yang lebih besar, itu berarti pasukan revolusi merupakan organisasi yang tidak bisa dianggap remeh. Kekuatan pasukan revolusi tentunya sangatlah dahsyat, apalagi karena mereka bergerak secara tidak terlacak oleh pemerintah dunia. Kekuatan pemimpin pasukan revolusi, Dragon, masih sangat misterius hingga saat ini, tetapi dipercaya ia adalah salah satu karakter terkuat di One Piece. Sementara wakil pemimpin mereka, Sabo, juga diketahui pernah bertarung melawan Admiral seperti Fujitora. Oleh sebab itu pasukan revolusi menjadi salah satu kekuatan terbesar dalam sejarah One Piece.

Memiliki Bendera Resmi

image source: cbr.com

Bendera pasukan revolusi telah diungkap dalam arc Reverie. Benderanya memiliki warna merah, dengan lambang kepala naga dan dua sayap di tengahnya. Terdapat juga tulisan R.A, yang menenunjukkan siapa mereka. R.A sendiri merupakan singkatan dari Revolutionary Army, dan saat bendera ini dikibarkan di sebuah wilayah, maka dapat dipastikan bahwa willayah tersebut sudah terbebas dari pemerintah dunia. Sebelum timeskip, bendera mereka berbentuk segitiga.

Hiro Studios