Sampai sejauh ini, sudah ada beberapa jenis Sage Mode yang ditampilkan dalam semesta Naruto . Meskipun berbeda-beda, yang pasti kemampuan mereka sama-sama dahsyat dan mengerikan. Lalu, apa saja berbagai jenis Sage Mode tersebut? Berikut adalah ulasannya.

Sage Mode Katak Tidak Sempurna

Sage Mode Katak bisa dipelajari di gunung Myoboku, salah satu dari tiga area Great Sage. Setelah melatih tubuh dan pikiran dengan sangat keras dan belajar untuk bisa mengendalikan kekuatan alam, barulah seseorang bisa memiliki akses untuk menggunakan Sage Mode Katak. Tapi, tentunya tidak semua orang bisa menguasai kemampuan ini dengan sempurna.

Mereka yang gagal untuk menguasainya secara penuh hanya akan bisa menggunakannya dalam form atau bentuk yang tidak sempurna. Meskipun hal ini menjadi kekurangan, dengan bentuk yang tidak sempurna tersebut membantu penggunanya untuk bergerak lebih baik dan melakukan sesuatu yang tidak bisa dilakukan Sage Mode. Pengguna dari Sage Mode Katak tidak sempurna ini adalah Jiraiya, guru dari Naruto.

Sage Mode Katak Sempurna

Ketika seseorang berhasil menggabungkan energi alam dari sekitarnya secara sempurna dengan chakra mereka sendiri, maka mereka akan bisa menggunakan kekuatan form sempurna dari Sage Mode. Kekuatan bisa dilihat dari adanya perubahan pigmen warna di sekitar mata penggunanya menjadi berwarna jingga dan akan berubah mirip seperti bentuk mata katak.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Peningkatan kekuatan dari form ini juga sangat luar biasa, dimana form ini bisa membuat penggunanya bertarung melawan karakter terkuat sekalipun. Namun, butuh banyak konsentrasi ketika melakukan hal ini, apalagi ketika mereka masih pemula. Setelah Jiraiya tewas, Naruto kemudian mempelajari Sage Mode ini di gunung Myoboku dengan bantuan dari Fukasaku. Dan berbeda dengan Jiraiya, Naruto mampu mencapai bentuk sempurna. Kemampuan Naruto ini diperlihatkan dalam arc invasi Pain ke Konoha.

Sage Mode Ular

Tidak hanya katak, Sage Mode juga memiliki form lainnya yaitu ular. Form Sage Mode ini hanya bisa didapatkan dengan berlatih secara keras di gua Ryuuchi, salah satu dari tiga area Sage. Sama seperti Sage Mode Katak, form ini tidak mudah untuk dikuasai dan butuh banyak chakra penggunanya untuk bisa mendapatkan kemampuan ini. Tidak lupa juga konsentrasi dan fokus yang sempurna.

Untuk mendapatkan kekuatannya, Great White Snake akan memasukan chakra sage ular (snake sage chakra) ke tubuh seseorang yang sedang berlatih. Dan setelah chakra tersebut dimasukan, tidak banyak orang yang berhasil bertahan hidup. Salah satu contoh pengguna Sage Mode ini adalah Kabuto Yakushi. Berkat kekuatan Jugo, Kabuto bisa dengan mudah meraih form ini dimana Kabuto bisa menyerap energi alam secara pasif. Kekuatan Sage Mode ular ini cukup kuat untuk bertarung menghadapi Itachi Uchiha.

Sage Mode Hokage Pertama

Salah satu jenis dari Sage Mode yang paling langka adalah form Sage Mode yang dimiliki oleh Hokage pertama, Hashirama Senju. Tidak diketahui darimana asal usul kekuatan ini, tapi banyak yang berspekulasi bahwa Hashirama mempelajari teknik ini dari hutan Shikkotsu. Jika Sage Mode Katak merubah pigmen di bagian mata menjadi jingga, maka kemampuan Sage Mode ini merubah pigmen di mata penggunanya menjadi hitam.

Tidak hanya di mata, sebuah tanda berwarna hitam juga akan muncul di dahi mereka. Seperti namanya, pengguna dari kemampuan Sage Mode ini adalah Hashirama Senju dan hanya dia saja yang sejauh ini menggunakan teknik Sage Mode tersebut. Selain meningkatkan kemampuan fisik dari Hashirama, Sage Mode ini juga meningkatkan kemampuan Wood Release miliknya.

Six Path Sage Mode

Bisa dibilang, Sage Mode Six Path adalah Sage Mode yang paling kuat diantara tipe lainnya. Kemampuan Sage Mode Six Path ini hanya bisa didapatkan dengan cara memiliki chakra milik Hagoromo Otsutsuki, Sage of Six Path. Berbeda dengan Sage Mode pada umumnya, kemampuan ini tidak memberikan tanda atau apapun di sekitar mata atau tubuh mereka.

Namun, di bagian pupil mereka akan memiliki tanda ‘plus’ yang menjadi bukti bagaimana kedahsyatan kekuatan tersebut. Six Path juga mampu memberikan penggunanya, kekuatan dari seluruh monster berekor. Selain Hagoromo, karakter yang diketahui memiliki kemampuan ini adalah Uzumaki Naruto. Naruto mendapatkan kekuatan ini saat bertemu dengan Hagoromo dalam perang besar ninja keempat. Kemampuan ini terbukti mampu mengalahkan Six Path Madara Uchiha.

Writer for Greenscene.co.id, i'd love every genre of movies but specially, i'm nolan fans.