Episode ketujuh dari serial WandaVision telah dirilis. Episode tersebut masih menceritakan tentang perjuangan Monica Rambeau dan timnya dalam menembus Hex Westview. Tak lupa, kita diceritakan tentang sosok Wanda yang terlihat mulai depresi dengan apa yang terjadi di Westview. Namun, Wanda harus menghadapi hal yang tidak pernah ia bayangkan sebelumnya. Saat mencari anak kembarnya, Wanda menemukan ruang bawah tanah di rumah milik Agnes.

Ruangan tersebut tampaknya menjadi satu-satunya wilayah di Westview yang tidak bisa Wanda kendalikan. Dindingnya ditutupi dengan tanaman merambat dan berbagai furnitur antik. Dalam sebuah adegan, diperlihatkan bahwa ada sebuah stand kecil dan terdapat buku misterius diatasnya. Buku misterius tersebut tampak mengeluarkan semacam aura sihir. Sebelum Wanda sempat menyelidikinya, Agnes kemudian muncul dan mengungkapkan identitas aslinya.

Hiro Studios

Ternyata Agnes bernama asli Agatha Harkness, dan dia sebenarnya adalah seorang penyihir yang berada dibalik semua peristiwa lain di Westview. Di komik, Agatha merupakan mentor Wanda. Namun dalam serial WandaVision, ia sepertinya merupakan villain utamanya. Sementara identitas Agness telah terungkap, sekarang yang menjadi pertanyaan terbesar adalah buku apa yang tersimpan diruangan milik Agatha? Nah, di Marvel Comics, ada banyak sekali buku tentang sihir. Tetapi para penggemar Marvel berspekulasi bahwa buku tersebut bernama Darkhold.

image source: inverse.com

Darkhold, alias The Shiatra Book of the Damned, alias The Book of Sins, adalah sebuah buku yang diciptakan ketika Chthon menuliskan matra jahatnya. Darkhold menyimpan sebuah energi jahat, yang dapat membuat seluruh kota menjadi gelap. Darkhold sebenarnya juga pernah diperlihatkan dalam beberapa episode di serial Agent of SHIELD dan Runaways. Dalam serial Agents of SHIELD, diceritakan bahwa Ghost Rider membawa Darkhold ke Hell Dimension, tetapi kemudian buku itu berada di tangan villain Morgan le Fay di serial Runaways.

Darkhold juga memiliki sejarah yang panjang di komik. Dracula pernah menyewa jasa seorang pencuri untuk mencuri buku Darkhold, tetapi seorang petualang bernama Cagliostro membunuh pencuri tersebut dan mengambil buku sihirnya. Beberapa halaman Darkhold juga pernah dimiliki oleh sebuah sekte yang disebut Darkholder, yang menggunakan kekuatannya untuk menyembah Chthon.

Nah kembali dalam serial WandaVision, jika Agatha benar-benar berada di balik semua ini, maka kemungkinan besar Agatha menggunakan Darkhold untuk memperkuat kekuatan sihirnya. Tapi nih Geeks, jika Wanda ataupun Monica Rambeau berhasil mencuri buku tersebut, maka buku tersebut akan menjadi kunci mengalahkan Agatha. Lapipula, karena buku itu dapat digunakan mengusir penyihir kuat seperti Morgan le Fay, maka buku itu juga akan berhasil untuk mengalahkan Agatha Harkness. Kita tunggu aja ya Geeks episode berikutnya dari serial WandaVision.

Featured image: nerdist.com

Hiro Studios