Pertempuran besar di Onigashima saat ini sedang mencapai puncaknya, dimana Kaido dan Big Mom akhirnya bertemu dengan Luffy untuk bertarung. Bukan hanya Luffy, kita juga melihat karakter dahsyat lainnya yang ikut bergabung dalam pertempuran ini seperti Law, Zoro, Kidd, dan juga Killer. Mereka semua saat ini sedang berada di atap istana Kaido.

Di sisi lain, para kru aliansi Topi Jerami lainnya sedang bertarung di sekitaran Onigashima. Mereka semua tersebar hampir di setiap lantai. Contohnya kita melihat Chopper bersama Wanda dan dokter dari Minks sedang meramu obat bersama Marco dan Brook di dekat panggung utama. Kemudian kita melihat Sanji harus terjebak dalam perangkap Black Maria.

Hiro Studios

Franky sendiri saat ini sedang bertarung melawan Sasaki, yang mana di chapter 1004 kemarin diperlihatkan berhasil menumbangkannya meskipun pasti tidak untuk waktu yang lama. Jinbei juga sedang menghadapi salah satu Flying Six lain yaitu Who’s Who. Dengan segala yang terjadi di pertempuran Onigashima, pasti banyak Geeks semua yang bertanya sebenarnya sudah berapa lama pertempuran ini berlangsung.

worstgen.alwaysdata.net

Pertempuran puncak di Onigashima sendiri dimulai sejak chapter 978, dimana para kru aliansi Luffy tiba di pulau tersebut. Tapi, kapan sebenarnya pertempurannya dimulai? Menurut salah satu suku Mink, waktu yang tepat untuk berkumpul dan berangkat menuju Onigashima adalah dua jam sebelum senja atau matahari terbenam. Hal ini diketahui setelah para bos Yakuza menerima pesan dan mampu menerjemahkannya dengan baik, tidak seperti Kin’emon.

Jadi, kemungkinan besar mereka tiba di Onigashima sekitar pukul 6-7 malam. Hal ini juga didukung oleh beberapa bukti. Pertama, kita melihat para penduduk Wano sedang mempersiapkan festival api, yang artinya memang perayaanya baru akan dimulai dalam beberapa jam lagi. Kedua, tentunya adalah form Sulong dari para suku Mink. Seperti yang kita ketahui, untuk mengaktifkan mode Sulong, seorang Mink harus melihat atau berada di bawah cahaya bulan. Artinya momennya adalah malam hari.

Worstgen.alwaysdata.net

Setelah para samurai dan yang lain tiba di Wano, kita memang tidak mendapatkan catatan waktu yang jelas. Namun, dengan form Sulong tersebut diperkirakan waktunya adalah tengah malam atau beberapa jam setelah penyerangan dimulai. Queen sendiri memberikan jangka waktu 1 jam disaat dia menembakan racun mengerikan ke tubuh orang-orang. Namun, beruntung tidak ada yang tewas sebelum kemudian Marco muncul dan memperlambat proses penyebaran racun.

Kesimpulannya, pertempuran di Onigashima kemungkinan besar sudah berlangsung selama 7-8 jam sejak pertama kali mereka tiba. Dan ada kemungkinan juga bahwa pertarungan ini akan selesai sekitar pukul 3-5 pagi, yang mana jam-jam tersebut adalah jam bagi para harimau atau waktu disaat matahari terbit – atau juga bisa difilosofikan sebagai waktu kebangkitan.

Waktu ini bisa disimbolkan sebagai waktu kebebasan Wano dari kekejaman Kaido, dan juga hal ini sesuai dengan ramalan Kozuki Toki tentang Kaido dan Orochi serta tentang bulan. Dalam ramalannya juga Toki sempat menyinggung mengenai fajar yang akan tiba. Yang menjadi pertanyaan lainnya adalah apakah di jam 5 subuh nanti, disaat diperkirakan semuanya sudah selesai, apakah Luffy dan yang lain yang menang? atau justru sebaliknya? Inilah yang masih menjadi misteri besar. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Featured image: wallpapercave.com

Hiro Studios