Arc Wanokuni menghadirkan banyak sekali karakter hebat yang kemudian saling bertarung satu sama lain. Hampir semua Supernova, atau bajak laut pendatang baru dengan nilai buruan ratusan juta Belly, berkumpul di Onigashima. Mereka semua terbagi menjadi dua kubu, ada yang ikut bergabung dengan kelompok Beast – seperti Hawkins, Apoo, dan Drake – dan ada juga yang bergabung dengan Luffy.

Diantara nama-nama tersebut, Apoo mungkin yang paling banyak menarik perhatian. Apoo menjadi sorotan tajam setelah dia mengkhianati rekan-rekannya, seperti Kidd dan Hawkins. Pada saat mereka tiba di New World, sebenarnya mereka memiliki rencana masing-masing. Kidd sendiri berusaha menaklukan Shanks, yang mana dia justru kalah dan harus kehilangan lengannya.

Hiro Studios

Akhirnya mereka memutuskan untuk bersatu dan mengalahkan satu persatu Yonko. Sayangnya, ternyata mereka ditipu oleh Apoo yang mana sebenarnya Apoo sudah bergabung dengan kelompok Beasts. Kidd dan Hawkins dijebak oleh Apoo, yang mana mereka tidak siap menghadapi Kaido. Mereka pun akhirnya kalah dan terpaksa harus bergabung dengan kaido, kecuali Kidd yang memilih untuk melawan.

image source: aminoapps.com

Dalam pertempuran puncak, kita melihat bagaimana Apoo cukup memberikan kesulitan kepada pihak aliansi pada awalnya. Misalnya dengan menyerang Luffy dan Zoro. Serangan tersebut berhasil membuat keduanya terluka cukup parah. Beruntung, Killer mengetahui trik untuk menghadapi serangan musik Apoo, yang mana kemudian Apoo akhirnya bisa ditaklukan.

Apoo juga bahkan mendapatkan tiga serangan beruntun. Pertama dia menerima serangan Punk Gibson milik Kidd. Lalu, mendapatkan serangan dari Zoro dengan cukup parah. Dan terakhir dia mendapatkan serangan dari Drake. Kondisi Apoo sendiri dipastikan saat ini sedang dalam kondisi sekarat atau kalah dan tidak berdaya. Meskipun begitu, Apoo memperlihatkan bahwa dia adalah seorang monster yang masih bertahan dari berbagai serangan.

Artinya Apoo bisa saja kembali muncul kapanpun. Pertanyaannya kemudian adalah apa yang akan dilakukan oleh Apoo dalam situasi ini? Apakah dia akan memilih untuk tetap “sembunyi” sampai semua selesai? Apakah dia akan mencoba bergabung dengan tim aliansi dan mewujudkan spekulasi yang selama ini ada? Apakah Apoo akan diterima atau ditolak?

image source: twitter.com

Apakah Apoo akan tetap berada di kelompok Beasts? Atau justru dia akan menghabisi semua yang menghalangi jalannya? Apoo adalah sosok yang lebih mementungkan dirinya dan keselamatannya dibandingkan orang lain. Seperti yang banyak dispekulasikan, Apoo mungkin akan memilih berada di pihak yang kesempatan menangnya besar, dalam hal ini adalah kelompok aliansi.

Namun, Oda Sensei juga bisa saja menyimpan Apoo untuk sesuatu yang akan datang seperti halnya yang dilakukan kepada Hawkins, yang masih belum melibatkan dirinya dalam pertempuran ini. Jadi, Oda mungkin sengaja menyingkirkan Apoo dengan sangat cepat agar dia bisa kabur dari Onigashima di akhir cerita. Jika kemudian Apoo dikalahkan di akhir di akhir cerita, bersama para Yonko dan Calamities, maka dia dipastikan tidak akan bisa kabur.

Apoo dikenal sebagai bajak laut yang senang memancing amarah musuhnya. Mungkin, sebelum dia kabur dari Onigashima dia akan menghancurkan sebagian bangunan istana Kaido atau membuat kekacauan yang besar. Ada juga spekulasi yang mengatakan bahwa dia akan menebus kesalahannya dengan membantu Chopper dengan membuat ramuan obat bagi virus Ice Demon dan kemudian ikut membantu mengalahkan Queen yang sudah membuat nyawanya hampir hilang. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana kelanjutan cerita dari Apoo di pertempuran Onigashima ini.

Featured image: blocktoro.wordpress.com

Hiro Studios