Potongan teka-teki misteri yang muncul di seri Attack on Titan akhirnya bisa disatukan di musim terakhir ini, termasuk rencana tentatif tentang bagaimana menghadapi hubungan panas antara Eldian dan Marley. Dalam sebuah percakapan penting di episode 10 kemarin, “A Sound Argument,” rencana besar dari zeke Yeager akhirnya terungkap. Menurutnya ada tiga poin penting, yang jika berhasil dipenuhi, maka akan membuat Eldian di pulau Paradis selamat dan juga di Marley.

Seperti yang diungkapkan oleh Kiyomi Azumabito dalam sebuah adegan flashback, rencana Zeke dibagi menjadi tiga poin utama. Pertama adalah melaksanakan sebuah “uji coba” dengan merilis Rumbling – peristiwa dimana pemilik Founding Titan akan mengerahkan ratusan ribu Wall Titan dan Titan lainnya ke penjuru dunia. Uji coba ini pertama-tama akan terkonsentrasi di Marley.

Hiro Studios

Jika berhasil, maka targetnya bisa lebih besar lagi yaitu seluruh dunia. Uji Rumbling ini juga memiliki dua tujuan utama. Pertama, memperlihatkan kekuatan sebenarnya dari pulau Paradis. Selama ini, seluruh dunia percaya bahwa di pulau Paradis hidup dan tinggal orang-orang yang belum berkembang, tidak terorganisir, ketinggalan zaman, dan penuh dengan “iblis” yang mengerikan.

Reddit.com

Jika dibandingkan dengan dunia di luar Paradis, mengenai perkembangan teknologi rasanya memang sangat tepat. Namun, dengan melaksanakan peristiwa Rumbling maka seluruh dunia akan tahu dan sadar seberapa mengerikan pulau Paradis yang selama ini selalu diremehkan. Kedua, peristiwa Rumbling ini akan secara efektif mencegah Marley menyerang pulau Paradis secara langsung.

Dengan Marley yang pasti akan porak poranda setelah serangan beruntun Wall Titan dalam jumlah besar, mereka tentu akan banyak kehilangan. Mereka harus membangun kembali semuanya. Militer Marley pun rasanya tidak akan menjadi ancaman serius bagi para Titan tersebut. Jika diperhatikan, rencana dari Zeke ini benar-benar cerdas dan mudah dimengerti.

Meskipun kita masih belum memahami secara penuh apa sebenarnya motif Zeke, ini adalah sebuah strategi yang baik demi keberlangsungan dan keselamatan penduduk Paradis. Dengan informasi yang berhasil mereka dapatkan dari Zeke dan Eren, Paradis kini setidaknya bisa menggambarkan apa yang sedang mereka hadapi. Mereka tentu perlu melakukan peningkatan dalam waktu cepat.

Peralatan militer mereka adalah hal yang krusial yang perlu segera mendapatkan perubahan. Mereka perlu menghadapi senjata anti-titan dan juga pasukan angkatan laut Marley. Kuda dan kavaleri tidak akan efektif menghadapi militer Marley. Meskipun peralatan ODM mereka bisa sangat berguna, tapi tetap saja perlu ada peningkatan agar bisa menyamakan kekuatannya dengan pihak Marley.

CBR.com

Jika hal tersebut tidak dilakukan, maka bisa dipastikan Paradis akan kalah telak. Poin terakhir dari rencana besar Zeke benar-benar membuat semua orang terkejut, termasuk para pasukan Survey. Dia ingin memastikan bahwa pewaris kekuatan Titan bisa segera dilahirkan. Zeke kemudian memiliki Historia untuk menjadi pewaris Beast Titan setelah dia melahirkan sebanyak mungkin anak.

Eren sendiri sudah sangat berjuang keras selama ini agar Historia tidak perlu mengorbankan nyawanya demi dia dan juga kekuatan Founding Titan. Dan sekarang Zeke sendiri memberikan petunjuk bahwa Historia akan berkorban demi kebaikan bersama tapi hanya setelah dia melahirkan banyak anak. Hal ini sengaja dilakukan demi memastikan keberlangsungan para penduduk Paradis setidaknya sampai 50 tahun kedepan.

Dengan begitu, akan ada banyak penduduk Paradis yang kemudian bisa menjadi pewaris kekuatan Titan. Historia juga adalah salah satu anggota kerajaan, dimana sangat penting baginya untuk memiliki keturunan demi mewarisi kekuatan Founding Titan dan Beast Titan secara efektif. Dan seperti diperlihatkan di episodenya, kita melihat bagaimana Historia saat ini sedang hamil, entah karena memang merupakan bagian dari rencana tersebut atau ada maksud lain.

Rencana besar dari Zeke Yeager ini mungkin terdengar menarik, cerdas, dan epik meskipun di sisi lain hal ini terdengar sangat tidak etis dan gila. Zeke menganggap seolah nyawa manusia hanyalah sesuatu yang tidak berharga. Meskipun begitu, Zeke selalu yakin bahwa apa yang dia lakukan bisa membawa Paradis menjadi lebih baik dan akan mengembalikan Eldian ke masa jayanya. Apakah rencananya akan berhasil? Ataukah pihak pasukan Survey akan mencari jalan tengah lainnya?

Featured image: ign.com

Hiro Studios