Teknik Pelepasan Api

Sama seperti Earth Release, Naruto juga merupakan pengguna ninjutsu pelepasan api atau fire release. Dia mendapatkan kekuatannya ini saat perang besar ninja keempat, berkat kemampuan Sage Mode dan juga chakra bijuu yang ada di dalam tubuhnya. Yang mengejutkan adalah Naruto tidak pernah menggunakan teknik Katon atau api ini dalam cerita sebelumnya. Tapi, dia membuktikan bahwa bukan hanya Sasuke yang bisa melakukannya. Mungkin di series Boruto kita akan kembali melihat kemampuan ini.

Teknik Pelepasan Panas

Teknik Pelepasan Panas atau Boil Release adalah salah satu dari tiga Kekkei Genkai yang dimiliki oleh Naruto. Dia mendapatkan kekuatan ini berkat chakra dari monster berekor lima yang biasa disebut sebagai Kokuo. Karena kemampuan pelepasan ini, Naruto bisa menggunakan teknik ini kapanpun dan dimanapun untuk meningkatkan kemampuan fisiknya.

Sebenarnya, teknik ini pertama kali digunakan oleh Kaguya Otsutsuki dalam perang besar ninja keempat, dan Naruto sendiri menggunakan teknik ini untuk memotong lengan Kaguya tepat setelah Obito tewas.

Ink Creation

Inc Creation adalah kemampuan Naruto lainnya yang jarang diperlihatkan, namun sebenarnya dia memiliki kemampuan tersebut. Kemampuan ini diberikan kepadanya oleh monster berekor delapan yang juga dikenal sebagai Gyuki. Teknik ini, sesuai Namanya, membuat Naruto Uzumaki bisa menciptakan tinta dan menggunakannya untuk membutakan musuh dan mengurangi jarak pandangnya.

Sejauh ini, Naruto baru menggunakannya sekali yaitu saat perang besar ninja keempat, ketika Naruto mengkombinasikannya dengan salah satu Rasenshuriken miliknya. Ink Creation mungkin memang tidak sekuat kemampuan lain yang dimiliki Naruto, tapi kemampuan ini cukup membantu Naruto mengalahkan musuhnya.

Segel Torii

Segel Torii adalah salah satu dari sedikit jutsu segel yang diketahui oleh Uzumaki Naruto. Teknik segel ini sengaja ditempatkan oleh Naruto kepada Kurama setelah dia berhasil meng-ekstrak chakra miliknya dan melepas segel Eight Trigrams yang ada di tubuh Naruto saat dia berlatih Bersama Killer Bee.

Segel baru ini memang memberikan Kurama sedikit kebebasan dibandingkan segel sebelumnya. Namun, meskipun begitu Naruto masih tetap bisa mengendalikan Kurama. Naruto juga tetap bisa menggunakan chakra Kurama jika memang dibutuhkan. Tidak diragukan lagi, ini adalah salah satu teknik yang paling berguna yang pernah Naruto pelajari.

1
2