Nasib Batman tampaknya telah berubah dalam peristiwa Knightmare di Justice League Snyder Cut. Peristiwa Knightmare sendiri sudah diperlihatkan sebelumnya lewat film Batman v Superman: Dawn of Justice pada tahun 2016 lalu. Saat itu Bruce Wayne memimpikan sebuah peristiwa di masa depan yang disebut Knightmare. Mimpi tersebut memperlihatkan saat Superman menguasai Bumi. Tapi Superman dalam kondisi tidak sadar, karena ia berada di bawah pengaruh Darkseid.

Di peristiwa Knightmare yang ada dalam mimpi Bruce Wayne, Bruce Wayne memimpin pasukan pemberontak untuk menghentikan Superman. Menariknya, Bruce Wayne harus menyaksikan kematian beberapa rekannya. Saat Superman selesai membunuh mereka dengan heat vision, Superman lantas membuka topeng Batman. Dalam hitungan detik, Superman membunuh Bruce Wayne, hingga akhirnya Bruce Wayne bangun dari mimpi buruknya. Ketika setengah terbangun, Bruce tiba-tiba dikejutkan kemunculan The Flash alias Barry Allen yang memperingkatan tentang Superman, dan bagaimana karakter Lois Lane menjadi kuncinya.

Image source: screenrant.com

Meskipun di masa depan Batman akan dibunuh Superman, tetapi kisah Batman di Knightmare masih belum berakhir. Dengan film Justice League Snyder Cut yang akan dirilis beberapa bulan lagi, Zack Snyder mengungkapkan bahwa akan ada skenario baru dari Knightmare. Lewat trailernya, sekarang kita tahu bahwa dalam Knightmare, Joker dan Batman akan saling bertemu. Joker dipastikan akan membantu pembuatan treadmill kosmik milik The Flash yang menjadi hal penting dalam peristiwa Knightmare.

Tapi yang menjadi pertanyaan adalah mengapa Batman kembali hidup dalam Knightmare yang diperlihatkan di trailer Justice League Snyder Cut, padahal dalam Knightmare di film Batman v Superman: Dawn of Justice, Batman sudah diceritakan mati. Nah Geeks, pertama mungkin Knightmare yang diperlihatkan di trailer Justice League Snyder Cut terjadi sebelum Knightmare di film Superman v Superman: Dawn of Justice. Itu berarti Batman masih hidup, dan ia belum dibunuh oleh Superman.

Kemungkinan kedua adalah peristiwa Knightmare telah diubah. Karena Bruce sempat diperingkatkan oleh The Flash tentang masa depan, Bruce pastinya sudah memikirkan tindakan yang akan dilakukannya, sehingga nantinya ia tidak akan ditangkap dan dibunuh oleh Superman. Karena mengetahui bahwa masa depan akan suram, Bruce Wayne tentunya sudah berupaya menangkal hal tersebut sejak sekarang. Tentunya ia tidak akan tinggal diam saat mengetahui masa depan dalam bahaya. Jadi setidaknya, Bruce Wayne bisa menyelamatkan dirinya sendiri untuk tidak terbunuh oleh Superman.

Featured image: wegotthiscovered.com

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/