Dalam film Justice League Snyder Cut mendatang, Batman dan Joker akan bertemu kembali. Sebelumnya, mereka sempat melakukan pertemuan singkat di film Suicide Squad, dan sekarang penggemar akan melihat Batman dan Joker sekali lagi. Awalnya, Joker tidak menjadi bagian dari rencana awal di film Justice League Snyder Cut. Oleh karena itu kembalinya Jared Leto sebagai Joker di film tersebut cukup mengejutkan. Setelah debutnya di DCEU pada tahun 2016, anehnya Joker tidak pernah bermain di film DCEU lainnya. Tetapi berkat Zack Snyder, sekarang Jared Leto dapat memerankan Joker untuk kedua kalinya.

Masih belum diketahui seberapa besar peran Joker dalam film Justice League Snyder Cut. Tetapi lewat trailer filmnya, kita mengetahui bahwa Joker akan memiliki peran yang cukup vital. Salah satu elemen besar yang diperkenalkan Snyder ke DCEU adalah elemen Batman Knightmare, sebuah timeline di mana Darkseid berhasil menginvasi Bumi. Dalam peristiwa tersebut, tidak hanya beberapa anggota Justice League saja yang tampaknya mati, tetapi Superman berada di bawah pengaruh Anti-Life Equation. Joker sepertinya akan memiliki peran penting di sana. Trailernya pun memberikan petunjuk yang lebih detail tentang apa yang dilakukan Joker di film Justice League Snyder Cut.

image source: thewarp.com

Trailer terbaru Justice League Snder Cut diakhiri dengan adegan yang memperlihatkan saat Joker di timeline Knightmare berbincang dengan Batman. Jika dilihat, sepertinya Joker dan Batman akan menjalin aliansi di masa depan. Meskipun sekarang mereka tidak berada di tim yang sama, tetapi jika Darkseid dan pasukannya ingin menaklukan Bumi, Joker dan Batman terpaksa harus mengesampingkan perbedaan mereka dan saling bekerja sama. Masih belum jelas seberapa besar dampak invasi Darkseid terhadap pribadi Joker. Apakah Harley Quinn mati karena Darkseid dan itulah sebabnya Joker bersedia membantu Batman untuk mengalahkan Darkseid? Atau ada hal yang lainnya?

Trailernya menjelaskan bahwa Joker dan Batman berada di pihak yang sama, meskipun itu hanya sementara. Fakta bahwa Joker membantu mencuri mother box dan ikut membantu menciptakan treadmill kosmik milik Flash menunjukkan bahwa Joker ingin Darkseid dikalahkan. Dari sudut pandang Joker, Joker mungkin tidak bisa melampiaskan kekacauannya jika Kota Gotham juga berada di bawah ancaman Darkseid.

Mungkin karena Joker ingin kembali menguasai Gotham, ia rela bermitra dengan Batman. Oiya Geeks, Joker adalah sosok yang membunuh Dick Grayson alias Robin pertama yang terungkap di film Batman v Superman: Dawn of Justice. Jadi sepertinya Batman masih menaruh dendam terhadap Joker, walaupun ia memiliki niat “baik”.

Tentunya ini akan menjadi hal yang menarik. Pasalnya tidak ada franchise Batman di masa lalu atau film DC lainnya yang pernah memperlihatkan saat Joker dan Batman menghentikan persaingan mereka sedetik pun. Dinamika yang terjadi antara Batman dan Joker di Justice League Snyder Cut akan sangat menarik untuk kita simak. Untuk dapat melihat keduanya saling bertemu, kalian dapat melihatnya di film Justice League Snyder Cut yang dirilis pada tanggal 18 Maret.

Featured image: screenrant.com

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/