Peristiwa Rumbling dalam cerita Attack on Titan akhirnya mencapai puncaknya di chapter 137 kemarin, dimana peristiwa Rumbling akhirnya berhasil dihentikan setelah pasukan aliansi yang tersisa seperti Jean, Pieck Finger, Levi, Mikasa, Connie, dan sebagainya berhasil mengalahkan Eren yang dalam formasi raksasa. Mereka berhasil mencegah makhluk berbentuk tulang belakang kembali menyatukan kepala dan tubuh Eren setelah ditembak oleh Gabi.

Para pasukan aliansi akhirnya berhasil memenangkan pertarungan melawan Eren dan ratusan ribu Wall Titan yang hampir menghancurkan benteng terakhir di Marley. Hal ini berkat bantuan Zeke, Armin, dan juga semua para Titan Shifter yang kembali muncul di dunia Path, yang membantu mereka menghentikan ulah dari Eren ini. Peristiwa Rumbling adalah sebuah peristiwa yang sangat mengerikan dalam sejarah manusia dalam cerita Attack on Titan.

Rumbling adalah momen dimana pengguna Founding Titan menggunakan kemampuan mereka untuk mengerahkan ratusan ribu Wall Titan yang ada di Paradis untuk menghancurkan Marley dan semua manusia. Misi Eren ini hampir saja berhasil sebelum kemudian para pasukan aliansi mampu menghentikan Eren dengan menggunakan seluruh kekuatan mereka.

Discoverdiary.com

Dalam chapter 137 kemarin, setelah parasit tulang belakang di tubuh Eren tidak mampu menyatukan kembali kepala dan tubuh Eren, Rumbling pun berhenti. Meskipun masih belum diketahui apakah peristiwa Rumbling benar-benar berhenti, namun setidaknya para Wall Titan tersebut berhenti bergerak. Berbicara mengenai Wall Titan ada sebuah pertanyaan menggelitik yang kemudian muncul, yaitu apa yang terjadi kepada Wall Titan setelah semua ini selesai?

Seperti diketahui, untuk bisa mengendalikan semua Titan yang ada di dunia, seseorang dari keturunan kerajaan – keturunan Ymir Fritz – harus menjadi pewaris kekuatan Founding Titan. Namun, pertanyaannya kemudian bagaimana jika syarat tersebut tidak terpenuhi? Sejauh ini, diketahui bahwa tidak ada perwaris kekuatan Founding Titan lainnya selain Eren.

Minuto90.com

Historia sendiri sudah menolak tawaran untuk memakan Eren dan mewarisi kekuatan tersebut. Itu artinya saat ini makhluk berbentuk tulang belakang tersebut kemungkinan sudah kembali ke “habitatnya.” Bagaimana dengan para Wall Titan? Banyak teori menarik mengenai apa yang terjadi kepada Wall Titan pasca kejadian ini, salah satunya adalah mereka semua akan kembali menjadi pasir putih.

Seperti yang pernah diperlihatkan di ceritanya, para Titan terlihat muncul di dunia Path dimana mereka terbuat dari pasir putih. Dunia Path adalah sebuah dimensi dimana kehidupan dan kematian tidak pernah ada. Disana pula Ymir Fritz terjebak selama 3.000 tahun. Berdasarkan hal tersebut rasanya masuk akal jika kemudian para Wall Titan ini berubah menjadi pasir.

Apa yang akan terjadi jika kemudian Eren menang? Ada dua hal yang mungkin akan terjadi kepada Wall Titan tersebut. Pertama, Eren akan tetap membiarkannya berkeliaran secara bebas. Wall Titan tersebut seolah akan menjadi “pelindung” bagi seluruh penduduk Paradis dari para penduduk dunia. Kedua, Wall Titan tersebut akan kembali ke Paradis dan kemudian akan kembali mengeras menjadi tembok pemisah. Kita nantikan saja ya Geeks apa yang sebenarnya akan terjadi kepada Wall Titan ini di chapter selanjutnya.

Featured image: deviantart.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.