Dragon Ball mungkin dikenal sebagai sebuah seri yang penuh dengan adegan pertarungan dan peningkatan kekuatan secara dramatis, yang mana biasanya hal itu memunculkan berbagai form baru dan menarik terhadap salah satu karakter atau petarung. Form Super Saiyan adalah form yang paling populer dari seri ini, yang dikenal karena level peningkatan kekuatan.

Semenjak transformasi Super Saiyan diperkenalkan di Dragon Ball Z, franchise ini sudah memiliki berbagai peningkatan kekuatan. Berbagai level dalam form Super Saiyan bisa sangat berguna dalam berbagai situasi. Berbicara mengenai transformasi Super Saiyan, terdapat salah satu Super Saiyan yang sebenarnya canon, namun jarang dieksplor dalam ceritanya yaitu Super Saiyan 5.

Pertama kali Super Saiyan 5 diperkenalkan di seri Dragon Ball GT, saat diskusi Vegeta dan Bulma terjadi. Meskipun GT sudah tidak lagi canon, satu hal yang masih dikenang dari serinya adalah ide tentang Super Saiyan 5. Dalam ceritanya, Bulma diperlihatkan sedang mengerjakan “Blutz Wave Generator” yang dia harapkan bisa membantu Vegeta untuk memproduksi energi yang dia butuhkan untuk mencapai Super Saiyan 4.

CBR.com

Dia mengatakan bahwa alatnya akan membantu Vegeta memproduksi banyak energi yang mana bisa membuat Vegeta bahkan “mencapai Super Saiyan 5.” Memang, saat itu Bulma hanya sekedar bercanda mengenai Super Saiyan 5. Namun, Vegeta sendiri kemudian menyatakan bahwa mungkin saja Super Saiyan 5 dicapai olehnya.

Sejak saat itu, para fans berspekulasi apakah form tersebut memang benar-benar bisa diraih. Di tahun 2000, berbagai rumor menyebar di internet yang menyebutkan tentang series terbaru yaitu Dragon Ball AF. Sampai saat ini, para fans dari seri Dragon Ball sendiri masih menantikan Akira Toriyama untuk menghadirkan versi resminya.

Namun, sepertinya Akira Toriyama tidak tertarik untuk mengeksplor ide tersebut. Dalam Twel-Buu Mysteries, sebuah proyek tanya jawab spesial dirilis oleh Saikyo Jump pada 2014, dimana Toriyama mengatakan bahwa “setelah pertarungan dengan Beerus, Goku menyadari bahwa dengan menguasai kemampuan normal dan juga Super Saiyan akan mampu meningkatkan levelnya dan juga tidak terlalu menguras tenaga, jadi aku pikir dia mungkin tidak akan menjadi Super Saiyan 2 atay 3 lagi.

Aminoapps.com

Super Saiyan 5 juga membantah fakta bahwa Toriya tidak menulis seri Dragon Ball GT seperti cerita Dragon Ball Super saat ini. Meskipun memang masih dalam status “memungkinkan untuk dibuat”, tetap saja akan sangat menarik untuk berimajinasi seperti apa Super Saiyan 5 tersebut. Ketika seorang Saiyan berhasil mencapai formnya, mungkin bentuknya bisa merupakan kombinasi dari Super Saiyan sebelumnya.

Banyak dari para fans menduga bahwa Super Saiyan 5 akan berbentu seperti kera, layaknya Super Saiyan 4. Bedanya hanya di skema warnanya. Rambut sang Saiyan diperkirakan akan tumbuh lebih panjang dan ototnya juga tentu akan berkembang lebih besar, seperti biasa. Warna dari rambut dan bulunya juga mungkin akan berwarna emas atau silver.

Ada juga kemungkinan bahwa energi yang dibutuhkan seseorang untuk bisa mencapai Super Saiyan 5 sangatlah luar biasa besar, sehingga mereka sebelumnya harus bisa menggunakan God KI. Ini artinya, dibandingkan menggabungkan Super Saiyan 3 dan 4, Super Saiyan 5 akan menjadi gabungan antara Super Saiyan 4 dan God. Karena Super Saiyan 4 dan God bukan berasal dari form orisinal Super Saiyan, maka keduanya bisa saja digabungkan.

Ketika berada dalam form ini, kemungkinan besar bahwa penggunanya akan mengalami peningkatan energi dan kekuatan pada level yang sangat luar biasa. Mungkin levelnya akan sama seperti Earth Breaker milik Frieza. Tapi, dengan penggunaan energi yang sangat besar tentunya akan ada efek samping yang muncul. Super Saiyan 4 dan Super Saiyan God memiliki batasan tertentu. Menggabungkan kedua kekuatan tersebut tentunya akan mempercepat batas waktunya. Mungkin juga untuk memperpanjang batas waktunya, sang Saiyan bisa menggunakan atau memanfaatkan kekuatan di sekitarnya, baik secara sadar ataupun tidak sadar.

Hanya waktu yang akan membuktikan apakah Toriyama akan menjawab keinginan para fans tentang Super Saiyan 5 ini. Tapi, jika hal ini benar akan dilakukan, akan ada banyak sekali perubahan dan juga penyesuaian. Meskipun begitu, para fans dari seluruh dunia nampak sudah cukup senang dengan versi “buatan mereka sendiri.”

Featured image: pinterest.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.