Sejak pertama kali Colossal Titan menunjukan dirinya di atas tembok Pulau Paradis, pertanyaan yang muncul mengenai sosok tersebut adalah siapa monster tersebut sebenarnya. Inilah pertanyaan yang ada di benak para penggemar Attack on Titan selama 136 chapter. Baru di chapter 137 kemarin, Hajime Isayama memberikan penjelasan yang jelas dan rinci mengenai para Titan.

Dengan tersisa dua chapter lagi, penjelasan mengenai Titan yang diperlihatkan di chapter 137 kemarin dirasa akan menjadi penjelasan yang paling jelas dan paling solid mengenai sejarah dari Titan. Selain penjelasan mengenai asal-usul Titan, chapter 137 juga memperlihatkan momen dimana pada akhirnya peristiwa Rumbling berhenti.

Penjelasan dari asal usul Titan ini disampaikan oleh Zeke Yeager kepada Armin Arlert, disaat mereka terjebak di dunia Path bersama-sama. Menurut penjelasannya, Path juga adalah sebuah dimensi yang menghubungkan semua penduduk Eldian. Sebelum Eren pada akhirnya berhasil membebaskan sosok Ymir Fritz, Path dulu adalah sebuah dimensi yang menjebaknya selama ribuan tahun.

Reddit.com

Zeke menjelaskan pada Armin bahwa dulu di bumi terdapat makhluk-makhluk yang unik, sebelum kemunculan manusia. Makhluk-makhluk tersebut menghilang dan kembali muncul. Salah satu dari mereka kemudian berhasil bertahan hidup, yang mana kemudian kita mengenalnya sebagai ‘Life.’ Life sendiri tidak pernah berhenti dengan tujuannya yaitu berkembang biak.

Kematian dan kehancuran spesiesnya, justru berlawanan dengan tujuan awal dari Life untuk berkembang biak. Itulah mengapa kita kemudian menghadapi sebuah hukuman yang disebut sebagai rasa takut (fear). Dan mengapa anak tersebut (Ymir Fritz) berusaha untuk menghindari rasa sakit yang selama ini dia rasakan.

Cerita yang Zeke ungkapkan pada intinya menyampaikan bagaimana Ymir Fritz menjadi Titan pertama di dunia ini. Ymir Fritz harus diburu karena sesuatu yang dia perbuat pada ribuan tahu lalu, saat kerajaan Eldian masih dibangun. Hal itu dilakukan atas perintah dari sang raja, Fritz. Karena mencoba kabur, akhirnya Ymir terjatuh ke sebuah pohon kuno.

Dalam buku cerita yang banyak diyakini oleh penduduk Eldian – dan Marley – diperlihatkan bahwa Ymir menjalin kesepakatan dengan iblis untuk kekuatan yang dia miliki. Dalam manganya padahal diceritakan bahwa makhluk yang berbentuk seperti tulang belakang menyatu dengan tubuh Ymir Fritz. Titan Serum sendiri berasal dari cairan tulang belakang Titan dan para Titan memiliki kelemahan pada bagian tengkuk.

Chapter 137 kemudian menyatukan potongan pertanyaan terbesar mengenai makhluk apa yang menyatu dengan tubuh Ymir Fritz dulu. Pada awalnya, banyak asumsi menyebutkan bahwa itu adalah sihir, atau sesuatu yang berkaitan dengan kekuatan supranatural. Namun, berdasarkan penjelasan Zeke, makhluk tersebut bisa dibilang adalah parasit yang sudah ada di dalam pohon kuno tersebut.

CBR.com

Dengan menyatunya parasit tersebut dengan tubuh Ymir Fritz, maka hasilnya adalah hybrid jenis baru: Titan. Anak-anak Ymir kemudian memakan tubuhnya, yang mana hal itu kemudian mewariskan parasit yang ada di tubuh Ymir Fritz, terus menerus sampai saat ini. Bukti nyata dari hal ini adalah makhluk berbentuk tulang belakang yang keluar dari kepala Eren, ketika berhasil diledakan oleh Jean.

Ini adalah kali kedua makhluk tersebut muncul, setelah sebelumnya makhluk tersebut memperlihatkan dirinya akibat Gabi berhasil menembak kepala Eren. Berdasarkan hal ini, yang masih menjadi pertanyaan kemudian siapa yang mengendalikan semua itu. Apakah memang Eren ataukah makhluk parasit tersebut, yang mengendalikan otak Eren melalui jaringan sel.

Hajime Isayama sepertinya berhasil menghadirkan sesuatu yang berbeda, baru, meskipun pada dasarnya ceritanya diadaptasi dari mitologi Nordik dan Yunani. Meskipun di satu sisi kita melihat adanya cerita fiksi ilmiah dalam ceritanya, namun di sisi lainnya juga kita melihat ada unsur fantasi yang sangat kental, yang menjadi khas dari Isayama. Menarik tentunya menyaksikan abagaimana kemudian Isayama akan menutup semua cerita ini.

Featured image: pinterest.com