Akhir dari The Little Things memang sangat ambigu. Di akhir film, Joe Deacon (Denzel Washington) dan Jim Baxter (Rami Malek) tidak memiliki jawaban atas misteri pembunuhan yang ditangani oleh mereka. Alih-alih menyelesaikan kasusnya, Baxter malah membunuh sosok pria yang dianggapnya bersalah, yaitu Albert Sparma (Jared Leto). Deacon pun datang di tempat kejadian untuk menutupi kesalahan Baxter. Diakhir film, jelas bahwa Deacon bersedia untuk melanggar hukum demi menyelamatkan dirinya sendiri dan teman-temannya. Karena Deacon ternyata bukanlah orang baik-baik, lantas hal tersebut menimbulkan beberapa spekulasi bahwa Deacon adalah pembunuh sebenarnya yang dicari Baxter.

Mungkin, Deacon bergabung dalam penyelidikan yang dilakukan Baxter hanya untuk menutupi jejaknya. Bisa jadi saat di lokasi pembunuhan, Deacon tidak menyelidiki kasusnya, tetapi hanya untuk meyakinkan bahwa tidak ada bukti yang tertinggal. Nah berikut ini adalah bukti-bukti yang mendukung teori bahwa Deacon adalah sosok serial killernya di The Little Things. Apa saja bukti tersebut? Simak di bawah ini!

Ronda Rathburn Menghilang di Malam Pertama Deacon ke Kota

image source: heyuguys.com

Sangat mencurigakan memang mengetahui bahwa Ronda Rathburn menghilang di malam pertama saat Deacon di kota. Meskipun mungkin ini kebetulan, tetapi ada saja peluang bagi Deacon untuk melakukan kejahatan, terutama karena ia seorang polisi dan tidak ada yang akan mencurigainya. Sayangnya nih Geeks, tidak ada bukti yang menunjukkan siapa pelaku yang menculik atau membunuh Ronda Rathburn karena tubuh Rathburn sendiri tidak pernah ditemukan. Tentunya pelaku yang menghilangkan Rathburn bukan sembarang orang, karena ia tahu betul cara menyembunyikannya.

Deacon Tahu Persis Jepit Rambut Rathburn

image source: screenrealm.com

Di akhir film, Deacon membeli jepit merah dan mengirimkannya ke Baxter untuk menghilangkan rasa bersalah Baxter. Beberapa orang berpendapat adegan tersebut memperlihatkan bahwa Deacon sebenarnya tahu dengan detail jepit rambut yang pernah digunakan Rathburn. Tentunya, detail jepit rambut itu hanya diketahui oleh sang pembunuh. Sebelumnya, Baxter memang memberi tahu Deacon tentang jepit merah, tapi Baxter tidak secara detail memberikan informasi terkait jepit merah itu kepada Deacon. Satu-satunya adegan yang memperlihatkan jepit merah asli kepada penonton adalah saat Rathburn mengenakannya di malam hari, saat ia dan temannya berlari. Sayangnya tidak jelas apakah jepit merah yang dikirim Deacon kepada Baxter sama persis atau tidak. Selain itu, jika Deacon adalah pembunuh sebenarnya, dia bisa saja mengirim jepit rambut merah yang asli, kecuali dia ingin menyimpannya sebagai piala.

Deacon Terobsesi dengan Pembunuhan

Image source: screenrant.com

Deacon terlihat bertingkah laku aneh sejak terlibat dalam penyelidikan Baxter. Dia beberapa kali mendapatkan penglihatan aneh tentang para korban yang kasusnya belum terungkap selama bertahun-tahun. Deacon pun menyimpan berbagai file dan foto dari kasus pembunuhan tersebut di dinding kamar hotelnya. Bahkan Deacon sempat berbicara dengan mayat Mary Roberts. Besar kemungkinan jika Deacon sangat terobsesi dengan kasus pembunuhan dan kematian, dan ia senang melihat mayat-mayat tersebut.

Deacon Adalah Pembunuh, Tapi Apakah itu Sengaja?

Pada akhirnya, film The Little Things akan mengungkap bahwa Deacon adalah seorang pembunuh, karena secara tidak sengaja ia membunuh seorang gadis yang menjadi korban dalam kasusnya. Alih-alih mengakui penembakan terbesebut, ia meminta rekannya dan pemeriksa medis untuk menutupi kasusnya. Tapi nih Geeks, mungkin saja Deacon adalah pembunuh sebenarnya dalam kasus yang belum terpecahkan beberapa tahun yang lalu, dan dia sengaja menembak mati gadis itu.

imge source: indiewire.com

Deacon mungkin mengira bahwa korban ketiganya sudah mati saat ia membunuhnya, sama seperti kedua korban lainnya. Dan ketika Deacon muncul di hutan, Deacon menembaknya untuk menyelesaikan pekerjaannya dan menghilangkan bukti. Jadi Deacon menembak wanita tersebut bukan karena tidak sengaja. Terlepas dari bukti tersebut, apakah Geeks percaya bahwa Deacon adalah pelakunya? Well, semua itu hanya spekulasi ya Geeks, dan bisa benar ataupun salah. Kalau menurut kalian gimana Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/