Seri Dragon Ball karya dari Akira Toriyama memiliki sejarah yang sangat kompleks. Sudah muncul sejak era 1980an, seri tersebut banyak memiliki “rahasia” di dalamnya yang mana para fans mencoba untuk mencari tau dan gali lebih dalam. Namun, tentunya hal itu bukanlah sesuatu yang mudah, karena beberapa rahasia tersebut sudah “menghilang” akibat ditelan zaman.

Namun, dengan banyaknya para fans dari generasi muda, banyak rahasia yang dulu jarang diketahui mulai terungkap. Salah satunya adalah fakta bahwa sebenarnya Bulma, salah satu karakter utama di seri Dragon Ball, muncul pertama kali bukan di seri Dragon Ball melainkan di seri lainnya. Menurut salah satu pengguna Twitter, @CoolTaff16, karakter Bulma muncul pertama kali di seri animasi Urusei Yatsura.

Urusei Yatsura sendiri adalah sebuah seri manga karya Rumiko Takahashi, yang sangat populer di era akhir 1970an sampai akhir 1980an. Setelah sukses di manganya, Urusei Yatsura kemudian diadaptasi dalam versi anime. Serinya sendiri memang dikenal banyak menghadirkan karakter yang “diprediksi” akan muncul di sebuah seri populer lainnya. Contoh nyatanya adalah Bulma.

Sosok Bulma muncul di akhir film ketiganya yang dirilis pada Januari 1985, dimana Bulma muncul dalam cerita lebih dari sekali. Kita melihat Bulma mengenakan kacamata yang digantung di lehernya, serta rambutnya yang berwarna lilac atau ungu muda. Pakaian yang dia gunakan pun terlihat begitu menarik dan berbeda. Yang menarik adalah satu tahun setelah Bulma muncul di film Urusei Yatsura, pada 1986 seri Dragon Ball mulai dirilis.

Masih belum diketahui mengapa Urusei Yatsura bisa “menebak” kemunculan dari Bulma, namun menurut infonya ada kemungkinan jika seri Urusei Yatsura menggunakan desain awal dari Bulma sebelum muncul di Dragon Ball. Sosok Bulma banyak menarik perhatian para fans Dragon Ball sejak kemunculannya dalam cerita. Dia diketahui adalah pewaris dari perusahaan raksasa Capsule Corps. Dia juga adalah istri dari Vegeta dan ibu dari Trunks dan Bulla.

Selain Bulma, seri Urusei Yatsura banyak menghadirkan bintang tamu atau karakter dari manga dan seri lainnya yang mana kemunculan mereka sering kali menjadi debut sebelum benar-benar menjadi sosok penting dalam ceritanya. Karakter seperti Minky Momo, Inuyasha, dan banyak lainnya pernah muncul dalam seri ini.

Featured image: wallpaperflare.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.