Sam Wilson dan Bucky Barnes akan kembali bertemu dan berpetualang bersama dalam TV series terbaru produksi Marvel Studios, The Falcon and The winter Soldier, yang akan tayang di Disney Plus. MCU memulai era baru di Disney Plus dengan merilis WandaVision, yang cukup banyak mendapatkan tanggapan positif. Dan sekarang giliran Falcon & Winter Soldier yang rencana awalnya akan dirilis pada 2020 kemarin harus ditunda akibat pandemi.

Kedua karakter tersebut akan berpetualang bersama untuk menghadapi para villain dan aksi kejahatan lainnya yang lebih kompleks. Petualangan kali ini berbeda, karena mereka kemungkinan harus menghadapinya sendiri tanpa bantuan dari Avengers ataupun dari rekan mereka, Steve Rogers. Salah satu villain yang akan mereka hadapi adalah Baron Zemo.

Siapa Baron Zemo

Keterlibatan Daniel Bruhl dalam seriesnya terkonfirmasi pada pertengahan 2019 kemarin, melanjutkan cerita dari Helmut Zemo yang muncul pertama kali pada Captain America: Civil War. Sosok Zemo sendiri muncul sebagai dalang dari pertempuran antara Captain America dan Iron Man. Dia melakukan hal tersebut setelah menjadi korban kekejaman Ultron saat keluarganya tewas dalam peristiwa Sokovia.

Aminoapps.com

Sebagai bentuk balas dendam atas apa yang terjadi dengan keluarganya – dan juga Sokovia – Zemo menggunakan Bucky Burnes untuk memancing keributan di dalam Avengers sendiri. Sampai saat ini , ia sepertinya masih belum memaafkan semua yang terjadi. Baron Zemo sendiri terakhir kali terlihat berada di tahanan CIA, di dalam sebuah penjara khusus.

Berdasarkan trailernya, terlihat bahwa Zemo masih melanjutkan apa yang dia “perjuangkan” selama ini. Zemo terlihat masih meratapi atas kehilangan keluarganya di monumen peringatan Sokovia. Namun, yang paling menarik tentunya adalah perkataan bahwa “para superhero tidak boleh ada di dunia ini.” Juga yang tidak kalah menarik adalah sosok Zemo dalam seriesnya akan sesuai dengan versi komik, dimana dia mengenakan topeng ski berwarna ungu.

Bukan Baron Zemo?

Dengan kemunculan kembali sosok Baron Zemo, menandakan bahwa dia berhasil kabur dari tahanan CIA. Hal ini tentunya masih menjadi misteri, bagaimana kemudian dia bisa keluar dari pengawasan CIA. Apakah Baron Zemo memang kabur atau ada seseorang yang membebaskannya. Atau mungkin pihak CIA sudah membebaskannya karena alasan mau bekerja sama atau ada alasan lainnya.

Jika memang kemudian ada seseorang yang membantunya, siapakah sosok tersebut? Yang pasti, sosok tersebut memiliki ide atau pemikiran yang sama dengan Baron Zemo bahwa para pahlawan/Avengers adalah dalang dibalik semua bencana. Karena itu, orang tersebut (atau mereka) setuju dengan ide bahwa para pahlawan tidak seharusnya muncul atau ada.

Screenrant.com

Pertanyaan yang juga menarik adalah bagaimana jika kemudian sosok dibalik topeng ski tersebut bukanlah Baron Helmut Zemo? Bagaimana jika sebenarnya sosok dibalik topeng tersebut adalah “simpatisan” atau peniru? Kita bisa melihat hal ini dari film Joker, yang diperankan oleh Joaquin Phoenix. Filmnya memberikan gambaran bahwa sosok Arthur Fleck atau Joker adalah “perwakilan” dari mereka.

Para penduduk di kota Gotham, memiliki pemikiran yang sama dengan Joker sehingga dalam salah satu adegan, kita melihat bagaimana semua penumpang kereta menggunakan topeng badut yang sama yang dikenakan oleh Arthur. Kita juga tahu bahwa sosok Joker yang muncul dalam cerita tidak sama dengan Joker yang dihadapi oleh Batman, dan menjadi musuh bebuyutannya.

Sosok Joker yang menjadi musuh Batman dispekulasikan adalah sosok yang “terinspirasi” dari aksi Arthur Fleck, dan akhirnya dia pun mengenakan nama Joker sebagai identitasnya. Sosok Baron Zemo yang asli mungkin hanya bergerak dibalik layar, menyediakan semua informasi tentang para Avengers untuk sosok dibalik topeng tersebut, mengingat dia dulu pernah menggali banyak informasi tentang Avengers.

Tentunya akan sangat menarik jika teori ini memang terbukti. Kita disuguhkan oleh sesuatu yang epik dan baru dan berbeda dari apa yang diperlihatkan di komiknya. Hal ini sama dengan konsep anak dari Wanda dan Vision, yang sedikit dirubah dari versi aslinya dan dibungkus dengan menarik. Kita nantikan saja ya Geeks, apakah memang sosok dibalik topeng tersebut adalah Baron Helmun Zemo atau sosok lainnya.

Featured image: pinterest.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.