Sosok Kawaki pertama kali muncul dalam cerita Boruto: Naruto Next Generation sebagai salah satu ancaman bagi Konoha. Dia juga merupakan ancaman bagi Naruto. Kawaki diperkenalkan sebagai salah satu villain di serinya, sebelum kemudian ceritanya memberikan penjelasan bahwa itu semua terpaksa dilakukan karena merupakan perintah dari sosok yang tidak lain adalah Isshiki Otsutsuki.

Meskipun sempat memberikan pengaruh buruk dan mengancam nyawanya, Naruto justru tidak marah atau dendam. Naruto justru melihat ada sesuatu dari sosok Kawaki. Sesuatu dalam diri Kawaki tersebut mengingatkannya akan masa kecil atau masa lalunya yang sangat menyedihkan. Naruto tidak menghukumnya, namun dia justru memberikan tempat tinggal dan sesuatu yang belum pernah dia rasakan sebelumnya.

Perlahan, hati yang beku dan dingin dari Kawaki mulai meleleh dengan perhatian dari sosok Naruto. Dan kehidupan dari sosok Kawaki pun berubah. Ada banyak perubahan yang terjadi dari sosok Kawaki semenjak dia mengenal sosok Naruto – dan keluarganya. Pertama, Kawaki jadi mengenal apa itu kasih sayang, belas kasih, dan kepedulian. Ini adalah sesuatu yang belum pernah dirasakan oleh Kawaki sebelumnya.

Quora.com

Di chapter 54 kita melihat bagaimana Kawaki sangat trauma dengan ancaman dari Isshiki. Kawaki mengaku, bahwa Isshiki dan Kara selalu berhasil menemukannya dimanapun dia bersembunyi. Mereka akan memaksanya untuk melakukan apapun yang mereka inginkan, menjadikan Kawaki sebagai sebuah subjek uji coba dan bukan sebagai manusia atau makhluk hidup.

Hal ini berbeda dengan apa yang diperlihatkan oleh Naruto, dimana sedikit demi sedikit Naruto memperkenalkan apa itu kepedulian dan semacamnya. Karena hal ini, Kawaki sudah mulai terbiasa untuk berinteraksi dengan yang lain, meskipun tidak seintens Boruto. Belajar mengenai kepedulian ini juga berdampak pada perubahan sikap Kawaki, yang membuat Boruto terkejut dimana Kawaki pada akhirnya berhasil membetulkan kembali vas bunga yang rusak.

Kemudian, Kawaki juga sekarang memiliki kemampun ninja yang hebat. Saat dia bersama dengan Naruto, atas dasar kesadarannya sendiri Kawaki kemudian meminta Naruto untuk mengajarinya berbagai teknik Ninjutsu. Dan dengan senang hati, Naruto pun mengajarkan kemampuan ninjutsu kepada Kawaki. Hasilnya, bisa kita lihat di chapter 54 kemarin.

Onimanga.com

Kawaki, dengan kecerdasannya, mampu “menipu” sosok paling kuat yaitu Isshiki Otsutsuki dimana dia menggunakan teknik Kagebunshin untuk membunuhnya. Tidak ada yang menyangka bahwa teknik seperti Kagebunshin akan sangat berperan penting dalam kematian Isshiki. Kawaki sendiri mengakui bahwa dia masih mempelajari teknik itu, sehingga dia baru bisa mengeluarkan satu bayangan saja.

Dan yang paling terlihat dengan jelas perubahan dalam diri Kawaki adalah bagaimana dia mulai rela berkorban demi orang lain. Sebagai sosok yang dingin, rasanya Kawaki tidak pernah memikirkan nasib orang lain. Dia pun mungkin tidak pernah berpikir untuk mengorbankan dirinya demi orang lain. Namun, hal itu berubah semenjak dia mengenal sosok Naruto.

Naruto memperlihatkan pengorbanan yang besar bagi Kawaki. Naruto rela bersebrangan pendapat dengan shinobi lain, demi melindungi Kawaki. Bahkan, sekarang Boruto pun sudah berada di pihak Kawaki setelah sebelumnya dia membenci kemunculan Kawaki. Boruto bahkan sudah menganggap Kawaki sebagai saudaranya, dan hal yang sama juga dilakukan oleh Kawaki.

Twitter.com

Di chapter 54 kemarin, Kawaki rela tubuhnya terkena serangan api Boruto. Dia tidak menghindar atau menyerap jutsu tersebut. Dia menahan semua rasa sakit, sebagai salah satu cara untuk membangkitkan Boruto. Jika bukan karena rasa peduli, entah apa kata yang tepat untuk menggambarkan situasi tersebut.

Semuanya dilakukan agar Boruto bisa sedikitnya mendapatkan chakra, dan kesadarannya pun kembali. Dan terbukti semuanya berjalan dengan baik. Di akhir chapternya, kita melihat bagaimana kedua “saudara” tersebut pada akhirnya mau mengakui satu sama lain. Ini adalah sebuah perubahan yang besar dan berarti bagi Kawaki, Boruto, Naruto, dan serinya. Namun, tentunya kita masih penasaran mengenai apa yang terjadi di masa depan antara Kawaki dan Boruto. Apakah ada peran Otsutsuki di belakang semua itu? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Featured image: youtube.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.