Serial Armor Wars sudah diumumkan oleh Marvel Studios untuk dibuat. Menariknya, serial tersebut bisa menceritakan peristiwa Civil War II, sebuah peristiwa besar yang pernah diceritakan di komik Marvel untuk melanjutkan Civil War pertama. Nah peristiwa Civil War sendiri sudah diceritakan di MCU, sehingga Marvel Studios tidak akan kesulitan untuk melanjutkan ceritanya di Civil War II. Baik di buku komik ataupun filmnya, peristiwa Civil War pertama kali meletus karena adanya perbedaan pendapat antara Captain America dan Iron Man tentang izin pahlawan super.

Di komik, pertarungan Iron Man dan Captain America dimenangkan oleh Captain America, tetapi Captain America gagal memenangkan perang yang terjadi. Lebih dari satu dekade kemudian, Marvel menghadirkan konsep serupa dengan menghadirkan pertarungan antar superhero lewat peristiwa Civil War II. Di peristiwa Civil War II, para superhero menginginkan kebebasannya masing-masing. Sejumlah karakter Marvel pun turut hadir.

Para superhero yang berada di sisi Captain Marvel mendukung metode prognostikasi, yang memungkinkan para superhero menghentikan villain berbahaya sebelum villain itu melakukan aksi kejahatannya. Sementara para superhero yang berada di sisi Iron Man, mereka menentang metode Captain Marvel dengan alasan bahwa hukuman preemptive tidak boleh dilakukan sebelum kejahatan terjadi.

Nah, Marvel sendiri bisa menceritakan kisah Civil War II di serial Armor Wars, tanpa menghadirkan pertarungan antara Iron Man vs Captain Marvel. Marvel bisa menceritakan bahwa ada alasan lain yang membuat kedua kubu pahlawan super saling bermusuhan satu sama lain. Tentunya Marvel dapat mengubah cerita Civil War II jika ingin diadaptasi untuk serial Armor Wars. 

Penjelasan Armor Wars Versi Marvel Comics

Pada tahun 1987, Marvel mulai menceritakan peristiwa Armor Wars di komik Iron Man # 225. Komik tersebut menceritakan saat Tony Stark yang harus kehilangan desain armornya, yang dicuri oleh penjahat. Kesal karena teknologinya digunakan untuk tujuan jahat, Iron Man dan War Machine lantas menyusun daftar orang yang dicurigai mencuri teknologinya. Pencarian tersebut pada akhirnya membawa mereka kepada Titanium Man dan Crimson Dynamo, dan mereka pun sempat bertarung. Selain itu, Iron Man dan War Machine juga harus menghadapi antagonis lainnya yang menggunakan armor khusus seperti villain Spider-Man, Bettle dan Stilt-Man.

image source: animatedtimes.com

Penting untuk diperhatikan bahwa villain bukanlah satu-satunya masalah yang harus dihadapi oleh Iron Man selama peristiwa Armor Wars. Hambatan utama lainnya yang harus Iron Man hadapi adalah sekutunya sendiri yaitu SHIELD, Captain America, dan Avengers. Iron Man sendiri sudah lama menjadi bagian dari komunitas superhero tersebut. Namun reputasi Iron Man sebagai anggota yang baik memudar setelah Iron Man mengalahkan pahlawan Marvel lainnya, Stingray. Iron Man menuduh Stingray telah mencuri desainnya. Secara khusus, insiden dengan Stingray menempatkan Iron Man di posisi yang salah, hingga akhirnya terjadi perpecahan di kubu para superhero. Pada akhirnya, Iron berhasil memenangkan peristiwa “Armor Wars” dengan berhasil menghentikan pencuri tersebut, tetapi usahanya harus dibayar mahal karena hubungannya dengan sesama pahlawan lain rusak.

Menyelesaikan Cerita Civil War

image source: awn.com

Jika benar serial Armor Wars akan menceritakan Civil War II ,maka lewat serial Armor Wars, Marvel bisa menyelesaikan cerita Civil War di MCU. Marvel sendiri tidak pernah memberikan kesimpulan yang tepat untuk cerita Civil War di MCU. Misalnya Iron Man berhasil menangkap sekutu Captain America di akhir film, tetapi Marvel meninggalkan beberapa masalah yang belum selesai diceritakan. Marvel akhirnya mengakhiri konflik tersebut di Avengers: Infinity War dan Avengers: Endgame dengan memaksa para pahlawan untuk bekerja sama lagi, tetapi mereka bekerja sama karena muncul ancaman yang lebih besar, sehingga memaksa mereka mengesampingkan perbedaan mereka. Sebenarnya itu tidak dianggap sebagai penyelesaian masalah yang terjadi sebelumnya. Marvel dapat menceritakan akhir cerita Civil War di serial Armor Wars, dan para superhero dapat menyelesaikan masalah ini dengan cara duduk bersama, ataupun saling bertarung satu sama lain.

Mengapa Pahlawan MCU Bisa Bertarung di Armor Wars?

Diasumsikan bahwa serial Armor Wars akan mengikuti konsep yang mirip seperti komiknya, dengan menceritakan bahwa War Machine akan mengejar penjahat yang mencuri teknologi Tony Stark. Mengenai bagaimana hal ini bisa membuat para pahlawan super saling berselisih, nah Marvel dapat mengadaptasi salah satu halaman dari komiknya. Apa yang membuat cerita Armor Wars berbeda dari cerita biasa tentang kebaikan vs kejahatan adalah bahwa ini bukan hanya tentang orang baik yang menghentikan penjahat agar penjahat tersebut tidak melakukan tindakan jahat. Iron Man mengambil tindakannya sendiri dengan secara aktif mencari penjahat ini, dan ini adalah keputusan yang banyak dipersoalkan. Jika serial Armor Wars versi MCU akan mengadaptasi cerita yang sama, bisa jadi tindakan War Machine untuk mencari siapa pelaku sebenarnya ditentang oleh anggota Avengers lainnya, seperti yang terjadi di komik, yang pada akhirnya memicu Civil War II.

image source: screenrant.com

Mungkin anggota Avengers lain menganggap bahwa apa yang dilakukan War Machine salah karena menuduh karakter lainnya tanpa bukti yang kuat. Seperti yang terjadi di komik, serangan Iron Man terhadap Stingray memperburuk situasi dan memperdalam jurang pemisah antara War Machine dan Avengers lainnya. Tentu saja sebuah perang saudara antar superhero tidak akan berhasil tanpa banyak karakter di setiap sisinya. Tidak jelas siapa yang dapat membantu War Machine, tetapi Marvel juga bisa memperkenalkan pahlawan baru untuk membantu War Machine. Ditambah lagi, jika serial Ironheart lebih dulu dirilis sebelum Armor Wars, mungkin Ironheart akan menjadi karakter yang terlibat dengan tim War Machine. Sekutu potensial War Machine antara lain adalah Moon Knight, dan She-Hulk.

Sementara tim yang akan menghadang War Machine mungkin saja adalah Falcon, sehingga pertempuran utama di serial Armor Wars terjadi antara War Machine melawan Falcon. Kedua pahlawan tersebut juga saling berbeda pandangan di film Captain America: Civil War, dan mereka juga bisa saja memiliki pandangan yang berbeda di serial Armor Wars.

Featured image: screenrant.com

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/