Episode 8 dari musim terakhir seri anime Attack on Titan akhirnya memberikan waktu untuk mengendurkan pace cerita, setelah dalam beberapa episode sebelumnya para fans terus dibuat tegang dengan berbagai aksi-aksi yang mengejutkan. Meskipun begitu, di episode 8 ini pun para fans masih dibuat kesal dengan apa yang terjadi kepada Sasha Blouse setelah dia tewas ditembak oleh Gabi.

Namun, yang paling mengejutkan dari episode tersebut adalah bagaimana sosok Zeke Yeager diperlihatkan ada di dalam kapal pasukan Survey. Terakhir kali Zeke muncul di episode 7, dimana dia diduga tewas oleh granat yang dilemparkan oleh Levi. Hal ini seolah mengkonfirmasi bahwa Zeke adalah pengkhianat yang selama ini dicurigai oleh pihak militer Marley.

Satu fakta lainnya dari Zeke adalah dia memiliki keturunan kerajaan atau darah kerajaan, yang mana hal tersebut sangat dibutuhkan oleh eren Yeager untuk mengaktifkan kekuatan sebenarnya dari Founding Titan. Eren sendiri secara diam-diam sudah lama mewarisi kekuatan Founding Titan semenjak ayahnya menyuntikan dirinya dengan serum Titan.

Namun, meskipun Eren memiliki kekuatan Founding Titan dia tidak bisa menggunakan kekuatannya secara penuh. Hal ini dikarenakan Eren tidak memiliki syarat utamanya, yaitu merupakan keturunan kerajaan atau keturunan dari kerajaan Fritz. Kekuatan dari Founding Titan sendiri sangatlah dahsyat. Pertama, dia mampu mengubah para “Subjects of Ymir” atau para penduduk Eldian menjadi Titan.

CBR.com

Kedua, dia juga bisa mengendalikan seluruh Titan yang ada di dunia. Tembok-tembok raksasa yang mengelilingi pulau Paradis sendiri sebenarnya adalah Wall Titan yang sengaja diperintahkan untuk mengeraskan diri dan menjadi tembok. Selain itu, penggunanya juga mampu memanipulasi pikiran dan tubuh dari Subjects of Ymir, yang mana hal inilah yang digunakan oleh Karl Fritz ketika dia menghapus ingatan para penduduk Eldian di pulau Paradis tentang para Titan.

Jadi, untuk bisa mengaktifkan kekuatan sepenuhnya Founding Titan maka Eren membutuhkan keturunan kerajaan. Eren harus melakukan kontak fisik dengan orang tersebut. Itulah alasan mengapa Eren kemudian membutuh Zeke Yeager, dan dia masuk dalam rencana besar Eren. Di episode 20 musim ketiga, diketahui bahwa Zeke sebenarnya adalah anak pertama dari Grisha Yeager dan juga Dina Fritz, keturunan dari keluarga Fritz (yang kemudian berubah nama menjadi Reiss).

Itulah mengapa Zeke kemudian memiliki darah kerajaan. Dibandingkan mengorbankan satu-satunya keturunan kerajaan yang dia ketahui, Historia, yang juga menjadi pemimpin di pulau Paradis, Eren sepertinya lebih memilih menggunakan Zeke dalam rencananya, yang mana Zeke pun kemungkinan setuju dengan hal tersebut. Eren sendiri setidaknya sudah dua kali melakukan kontak dengan mereka yang memiliki darah kerajaan.

Pertama adalah ketika dia menyentuh Dina Fritz saat dia menjadi Pure Titan di episode 12 musim kedua. Setelah mereka melakukan kontak fisik, Eren kemudian secara tidak sengaja mengeluarkan teriakan yang memerintahkan Pure Titan yang ada di sekitarnya untuk memakan Dina. Eren sendiri pada saat itu tidak menyadari bahwa dia sudah membunuh ibu dari Zeke.

Reddit.com

Yang kedua adalah ketika Historia memberikan medali kepada para pasukan Survey di episode 22 musim ketiga. Saat itu Eren mencium tangan dari Historia, dan pikirannya pun kemudian dibanjiri oleh berbagai kenangan dari keluarga Fritz dari berbagai generasi. Mereka yang memiliki garis keturunan kerajaan sangat penting dan dibutuhkan saat menggunakan kekuatan penuh Founding Titan.

Namun, sayangnya sampai saat ini kita masih belum mendapatkan penjelasan mengapa hal itu memang sangat dibutuhkan. Ada kemungkinan bahwa persyaratan tersebut dibutuhkan karena penggunanya harus berhubungan atau menjalin kontak dengan seseorang yang memang merupakan keturunan langsung dari Founding Titan yang asli, Ymir Fritz.

Seluruh keluar Fritz merupakan pemimpin di masanya, dan mereka sudah berkuasa selama berabad-abad. Mereka mencoba untuk tetap menjaga garis keturunan tersebut tetap terjaga. Zeke dan Historia sendiri saat ini adalah dua orang keturunan Fritz yang masih tersisa, setelah sebelumnya keluarga Reiss sendiri tewas diserang oleh Grisha.

Eren pada akhirnya memiliki Zeke sebagai sekutunya dan sebagai seseorang yang akan membantu rencana Eren. Namun, mengapa kemudian eren membutuhkan kekuatan Founding Titan? Apakah prediksi dari Willy Tybur tentang Rumbling memang akan terbukti? Bagaimana kemudian Eren akan mengaktifkan kekuatan penuh dari Founding Titan tersebut?

Kita sudah melihat bagaimana Eren rela melakukan apapun demi meraih impiannya, termasuk membuat pasukan Survey untuk ikut terlibat dalam penyerangan ke Marley. Apakah Eren memang akan tega mengaktifkan kekuatan penuh dari Founding Titan dan menghancurkan dunia? Kita nantikan saja kisah selanjutnya ya Geeks!

Featured image: comicbook.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.