Episode 4 dari serial WandaVision mengambil pendekatan yang berbeda dari ketiga eisode sebelumnya. Pasalnya, episode keempat menayangkan ulang episode sebelumnya, tetapi dari perspektif SWORD, Darcy Lewis dan Jimmy Woo. Jimmy dan Monica pada akhirnya mulai menyelidiki insiden Westview, dan mereka pada akhirnya mendapati sebuah kota yang ditutupi oleh medan energi aneh yang meyelimuti tempat tersebut. Monica Rambeau pun secara tidak sengaja tersedot melalui medan magnet tersebut.

Karena hilangnya Monica, SWORD pun lantas mengirim ilmuwan dan personel militer lengkap untuk menyelidiki anomali bernama Westview. Lalu, Lewis Darcy pun mengetahui bahwa Westview memiliki sebuah frekuensi tersendiri yang menampilkan serial komedi klasik, dan para anggota SWORD, Darcy dan Jimmy Woo menyaksikan tayangan komedi klasik tersebut. Menariknya dalam tayangan tersebut terdapat Monica Rambeau yang mencoba menyadarkan Wanda dengan menyebutkan nama Ultron, sebelum pada akhirnya Wanda menendang Monica Rambeau keluar dari Westview.

WandaVision episode keempat sendiri berakhir dengan memperlihatkan Monica Rambeau tergeletak di rumput dekat pangkalan SWORD. Namun kali ini, Monica ingin mengatakan sesuatu, dengan mengatakan bahwa “Itu semua Wanda”. Setelah mengetahui bahwa semua itu adalah ulah Scarlet Witch alias Wanda, lantas yang menjadi pertanyaan adalah apakah sekarang Wanda menjadi villain? WandaVision episode keempat menegaskan bahwa orang-orang di dalam Westview itu nyata, dan kehidupan nyata mereka telah dicuri oleh Wanda untuk menjadi bagian dari realitas alternatifnya.

Kemungkinan pertama adalah Wanda tidak menyadari apa yang dilakukannya. Setelah menghadapi trauma pasca kematian Vision, trauma itulah yang mulai menguasai kekuatan Wanda, sehingga ia tanpa sadar menciptakan sebuah realitas alternatif. Dalam hal ini, Wanda dapat digolongkan sebagai orang yang sangat berbahaya, tetapi bukan villain karena ia tidak menyadari saat membuat realitas tersebut. Seperti yang disinggung sebelumnya, Wanda memang rentan dimanipulasi oleh kekuatan luar yang jahat, yang membuatnya tampak seperti orang jahat.

Kemungkinan terakhir adalah trauma masa lalu Wanda membuat Wanda menjadi hancur dan murni menjadi jahat. Seperti yang kita ketahui bahwa masa lalu Wanda sangatlah kelam, mulai dari menjadi objek eksperimen HYDRA, dilucuti haknya pada Sokovia Accords, dipaksa menyaksikan saudara dan kekasih mati, dan menjadi debu setelah Thanos menjentikkan jarinya. Trauma masa lalunya itulah yang membuat Wanda bisa bertransformasi menjadi jahat. Ia lantas menciptakan sesuatu kenyataan baru dimana semua hal yang Wanda impikan tercapai, dan tidak ada orang lain yang dapat mengusiknya.

Jika Wanda tidak dapat dihentikan, bukan tidak mungkin jika ia akan membuat berbagai kekacauan baru di dunia. Bisa jadi Wanda akan memperluas jangkauan realitasnya, bukan hanya di Westview, melainkan kota-kota lainnya, bahkan seluruh dunia. Pada dasarnya, Wanda adalah sosok yang baik, dan ia membutuhkan sosok yang dapat menyadarkannya untuk keluar dari kekacauan ini. Kita tunggu aja ya Geeks, apakah nantinya Wanda akan jadi musuh utama di MCU atau tidak.

Featured image: denofgeek.com

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/